Para Komandan

Pasukan revolusi memiliki anggota-anggota yang kuat yang mengisi peringkat tertinggi mereka. dari apa yang diperlihatkan seriesnya sejauh ini, pasukan revolusi memiliki pemimpin yaitu Monkey D. Dragon dan “wakil” dari Dragon yaitu Sabo. Di bawah Sabo terdapat lima komandan utama, yaitu Emporia Ivankov (pemimpin Grand Line), Karasu (pemimpin North Blue), Belo Betty (pemimpin East Blue), Morley (pemimpin West Blue), dan Linbergh (pemimpin South Blue). Pangkat dari Bartholomew Kuma sendiri diperkirakan di bawah Ivankov, tapi tidak diketahui posisi yang sebenarnya.

Bendera Kebesaran Mereka

Bendera dari pasukan revolusi masih menjadi salah satu misteri dari series One Piece. Tapi, Eiichiro Oda kemudian akhirnya memberikan gambaran seperti apa lambang dan bendera dari pasukan revolusi dalam arc Reverie, ketika para Oda Sensei mengungkapkan kepada kita siapa saja para pemimpin atau komandan dari pasukan revolusi.

Bendera mereka berwarna merah darah dengan sebuah lambang kepala naga dan dua sayap. Terdapat juga tulisan ‘R.A’ yang menempel di bendera yang menunjukan siapa mereka (Revolution Army). Sebelum time-skip terjadi, sebuah bendera berbentuk segitiga dan berwarna merah juga digunakan untuk menandakan bendera pasukan revolusi.

Wakil Komandan

Dengan jumlah pasukan yang sangat banyak, dan demi membangun sebuah kendali yang baik, masing-masing pemimpin atau komandan akan memiliki wakilnya. Sejauh ini, baru ada dua orang wakil komandan yang diketahui. Dia adalah Inazuma, karakter pemilik buah iblis choki choki yang menjadi wakil dari Emporio Ivankov.

Wakil komandan lainnya yang diketahui adalah Ahiru, yang merupakan wakil dari komandan wilayah East Blue, Belo Betty. Tiga komandan lainnya kemungkinan besar juga memiliki wakilnya. Namun, sayangnya Odam asih belum memperkenalkan mereka dalam cerita.

Kapan Dibentuknya

Berbeda dengan kekuatan besar lainnya yang ada di One Piece, seperti angkatan laut, pasukan revolusi muncul tidak selalu bertujuan untuk bertarung melawan mereka. Bahkan, organisasi ini sebenarnya terhitung baru dan diciptakan setelah kematian dari Gol D. Roger ketika era bajak laut besar.

Meskipun kita masih belum mengetahui tentang informasi pasti kapan dibentuknya pasukan revolusi, yang diketahui sejauh ini adalah mereka dibuat oleh Monkey D. Dragon sekitar 19-24 tahun yang lalu di dunia One Piece. Kekuatan Dragon yang mulai meningkat, serta pengaruhnya, dan juga Dragon menjadi ancaman bagi pemerintah dunia baru dilakukan sekitar enam tahun yang lalu.

Kekuatan Mereka

Dengan berhasil menumbangkan berbagai kerajaan, serta pasukan yang besar, bisadiartikan bahwa pasukan revolusi merupakan sebuah organisasi yang sangat kuat dan masif, meskipun baru dibuat kurang dari tiga dekade lalu. Kekuatan Monkey D. Dragon memang masih misterius, tapi ada kemungkinan jika levelnya sama dengan para Yonko atau lebih.

Wakil dan orang kepercayaannya, Sabo, pernah bertarung dengan seorang Admiral berpengalaman seperti Fujitora meskipun dia belum bisa mengendalikan kekuatan buah iblisnya secara penuh. Tapi, pertarungan tersebut memperlihatkan bahwa Sabo adalah orang yang sangat luar biasa. Ivankov menjadi contoh bagaimana kuatnya para komandan. Oleh karena itu, tidak aneh jika kemudian pasukan revolusi menjadi salah satu kekuatan terbesar dalam sejarah One Piece.

 

 

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.