Sebuah cameo mengejutkan dari the Vulture dalam trailer Morbius yang dirilis kemarin memberikan sinyal, bahwa Sony sepertinya sedang membangun sesuatu yang besar, yaitu kelompok villain Sinister Six. Dalam cerita komiknya, Sinister Six merupakan kelompok yang berisi para villain besar yang pernah dikalahkan oleh Spider-Man. Tujuan mereka hanya satu yaitu mengalahkan Spider-Man.

Sinister Six dibuat pada tahun 1960an oleh Doctor Octopus, Electro, Kraven the Hunter, Mysterio, Sandman, dan Vulture. Pada saat itu, mereka tidak bisa mengalahkan Spider-Man oleh karena itu mereka kemudian mengumpulkan para villain lainnya untuk bersama-sama mengalahkan Spidey. Sejak kemunculan perdana Spidey di MCU dan memperkenalkan the Vulture, banyak fans yang berharap jika Sinister Six bisa diadaptasi dalam versi live action.

Petunjuk Kemunculan Sinister Six di Film Spider-Man

Cameo Vulture di trailer Morbius merupakan indikasi pertama dan jelas bahwa MCU sedang membangun kelompok villain ini. Berbagai petunjuk dari kemunculan Sinister Six di MCU sudah diperlihatkan sejak film Spider-Man: Homecoming. Filmnya sendiri menampilkan tiga villain ikonik yaitu the Vulture, Shocker, dan Scorpion (meskipun Scorpion hanya sebagai cameo saja).

Ketiganya diperlihatkan masih hidup di akhir filmnya, jadi bukan tidak mungkin jika ketiganya kemudian membentuk tim atau kelompok setelah kejadian di film Homecoming. Berdasarkan penuturan MacGargan alias Scorpion, ada beberapa orang (villain) yang ingin balas dendam kepada Spidey. Tapi, pada saat itu Vulture sepertinya tidak terlalu perduli dengan urusan tersebut, apalagi dia merupakan sahabat dekat anaknya.

Film sekuelnya, Spider-Man: Far From Home, memang tidak memberikan hubungan langsung atau tidak memberikan indikasi tentang tim tersebut, tapi kunci utama dari film tersebut adalah diperkenalkannya Mysterio yan merupakan salah satu anggota Sinister Six. Mysterio memang terlihat sudah tewas di akhir filmnya, namun dengan segala tipu daya dan muslihat seorang Mysterio bukan tidak mungkin dia masih hidup untuk balas dendam.

Identitas Peter Parker saat ini sudah bukan rahasia lagi, sejak J. Jonas Jameson memperlihatkan sebuah video dimana Mysterio mengungkapkan identitas asli dari Spidey. Hal tersebut membuka kesempatan bagi para villain untuk membalas dendam, dengan mencari keberadaannya. Dengan wajahnya yang sudah diketahui, tentunya tidak sulit untuk menemukan Peter.

Alasan Vulture Merekrut Morbius?

Ketika the Vulture muncul dan mengejutkan banyak fans, dia berbicara kepada Morbius seolah-olah dia adalah kawan lama atau sahabat yang sudah lama tidak bertemu. Vulture terakhir kali terlihat di dalam penjara, tapi bisa saja dia kabur dari penjara (atau mungkin bebas secara resmi) yang dibuktikan dengan pakaian yang dia gunakan sama dengan pakaian ketika dia berada di dalam penjara.

Yang pasti adalah tidak mungkin Toomes mencari keberadaan Morbius tanpa alasan yang jelas. Salah satu asumsi yang paling masuk akal adalah dia merekrut Morbius untuk sebuah rencana jahat. Dan rencana tersebut adalah dengan membangun sebuah tim yang pernah dikalahkan Spidey, Sinister Six. Tapi, akan ada sebuah perbedaan besar dari Sinister Six yang dibangun oleh the Vulture.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, Sinister Six yang ada dalam cerita komik memiliki tujuan utama untuk membalaskan dendam atas kekalahan yang mereka derita dari Spidey. Tapi, untuk versi live-action sepertinya akan ada motif yang berbeda, yaitu murni kriminal. Pasalnya, masih belum ada alasan jelas mengapa Morbius kemudian membenci Spider-Man atau karakter villain lainny.

Siapa Saja Sinister Six Versi Live Action?

Vulture sudah jelas-jelas tertarik untuk merekrut Morbius dalam tim yang akan dia bangun, tapi siapa lagi anggota yang akan direkrut? Film Venom dan Spider-Man sudah menghadirkan banyak kandidat untuk kelompok ini. Selain Morbius dan Vulture, pilihan lainnya adalah Venom, Shocker, Scorpion, Mysterio, dan Carnage. Tapi, hanya beberapa karakter saja yang mungkin mau bergabung dalam tim ini.

Mysterio kemungkinan sudah mati, dan untuk Shocker sepertinya baik Sony atau Marvel Studios tidak ada rencana kelanjutan untuk karakter tersebut. Di sisi lain, Scorpion dan Venom memiliki peluang besar untuk bergabung dalam tim, khususnya Scorpion yang karakternya masih belum dikembangkan secara baik karena hanya tampil sebagai cameo saja.

Selain menghadirkan villain yang memang sudah diperkenalkan sebelumnya, seperti yang disebutkan di atas, bisa juga Sony dan Marvel memperkenalkan karakter villain yang belum pernah muncul sebelumnya. Peluang tersebut bisa jadi digunakan di film Spider-Man 3. Villain yang sudah lama dirumorkan (dan difavoritkan) untuk muncul adalah Kraven the Hunter.

Munculnya Kraven akan memberikan warna tersendiri, dimana dia berbeda dengan para villain lainnya. Kraven hanya mengandalkan kemampuan alamiahnya sebagai seorang pemburu, dibandingkan menggunakan teknologi. Kemungkinan lainnya adalah Doctor Octopus, Norman Osborn, dan Rhino. Norman Osborn sendiri sudah sejak lama dirumorkan akan muncul di MCU, dan akan mendanai seluruh operasional dari Sinister Six.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.