Event crossover tahunan Arrowverse, Crisis on Infinite Earths, ditutup dengan episode Part 5 dalam series Legends of Tomorrow. Ada sebuah Easter egg menarik di akhir ceritanya yaitu perkenalan Gleek. Dalam adegan tersebut kamera mengarah pada sebuah kandang kosong yang merupakan milik dari Star Labs (juga kulit pisang yang ada di kandang tersebut) dengan label tulisan “GLEEK.”

Siapa sebenarnya karakter misterius tersebut, dan apa arti kemunculannya bagia Arrowverse kedepannya? Gleek merupakan seekor monyet alien biru yang diciptakan untuk sebuah seri animasi The All-New Superfriends, yang tayang pada akhir dekade 70an. Seri animasi tersebut diproduksi oleh Hanna-Barbera Productions dan diadaptasi dari komik Justice League.

Seri tersebut memperkenalkan The Wonder Twins, Zan dan Jayna, serta peliharaan mereka yaitu Gleek. Gleek merupakan monyet alien yang mampu memahami bahasa manusia, memiliki kecerdasan level manusia, dan memiliki sebuah ekor yang sangat kuat dan mampu memanjang. Dia juga sangat senang dengan buah pisang. Dengan petunjuk adanya buah pisang di kandang kosong tersebut, bisa semakin memperkuat dugaan bahwa Gleek yang muncul di Arrowverse sama dengan versi animasinya.

Selain di seri animasinya, Gleek juga pernah muncul dalam berbagai judul DC Comics lain. Dia juga muncul dalam komik spinoff yang berisi para binatang peliharaan super, Superfriends. Gleek sempat kembali dimunculkan dalam seri terbatas komik Wonder Twins yang dirilis pada 2019 kemarin. Dalam versi terbaru ini, Gleek diperlihatkan lebih realistik dari segi penampilan, dan desain karakternya diadaptasi dari spesies monyet capuchin.

Berbeda dengan Easter egg Crisis on Infinite Earths lainnya, referensi Gleek lebih misterius karena kita belum diperlihatkan bagaimana sosok atau wujud dari Gleek versi Arrowverse. Hal tersebut menandakan bahwa Arrowverse akan lebih banyak atau lebih sering menghadirkan Gleek di masa depan. Ada beberapa kemungkinan juga yang bisa saja terjadi kepada para pahlawan di Arrowverse di masa depan, dengan munculnya Gleek.

Kemunculan Gleek erat kaitannya dengan Superfriends, dan salah satu kemungkinan yang akan terjadi adalah Arrowverse akan menghadirkan kembali para Superfriends. Kemungkinan lainnya adalah dengan momentum Arrowverse yang sedang berada di atas angin, The CW berusaha untuk membangun sebuah spin-off dari Justice League.

Seperti yang diketahui, film Justice League garapan Joss Whedon bisa dibilang gagal dan menjadi mimpi buruk bagi Warner Bros. dan juga DC Film. Jadi, akan dirasa masuk akal jika mereka mencoba medium lain untuk mencapai kesuksesan tersebut yaitu TV series. Dengan kemunculan Disney Plus, peta persaingan platform streaming yang menghadirkan cerita superhero akan semakin ketat.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, seri orisinal dari Gleek, The All-New Superfriends, merupakan adaptasi dari komik Justice League; maka, kemunculan Gleek di Arrowverse pastinya ada kaitan dengan seri orisinalnya. Kita nantikan saja ya Geeks apakah Gleek memang benar-benar akan muncul di layar TV, dan kita akan disuguhkan penampilan dari The Wonder Twins.