Trailer perdana untuk proyek film terbaru Sony, Morbius, resmi dirilis beberapa hari yang lalu. Selain memberikan first look tentang film dan sosok Morbius yang diperankan oleh Jared Leto, yang mengejutkan adalah filmnya ternyata memiliki hubungan atau terhubung dengan Marvel Cinematic Universe. Hal tersebut tentunya diluar dugaan para fans, karena seperti yang diketahui bahwa kesepakatan antara dua rumah produksi tersebut hanya terkait dengan Spider-Man.

Masih belum diketahui detail lengkap mengenai plotnya sampai saat ini, dan mungkin hal tersebut ada kaitannya dengan konfirmasi film Morbius yang terhubung dengan MCU. Dan dalam trailernya terdapat beberapa petunjuk (yang sangat jelas) yang mereferensikan hal tersebut. Apa saja?

Kemunculan (Poster) Spider-Man

Menjelang akhir trailernya, setelah Morbius menjelaskan efek dari “obat” yang dia temukan, dia terlihat menggunakan pakaian tahanan dan berjalan di sebuah gang yang penuh dengan seni jalanan. Ada dua hal menarik dalam adegan tersebut, pertama adalah kemungkinan Morbius yang kabur dari tahanan. Kedua adalah adanya poster Spider-Man yang sangat jelas, dengan tulisan “pembunuh.”

Hal tersebut bukan hanya mengkonfirmasi bahwa Morbius dan Spidey berada dalam satu universe yang sama, tapi juga mengkonfirmasi tentang latar waktunya bahwa filmnya akan mengambil setting waktu setelah film Spider-Man: Far From Home (artinya Morbius mengambil setting tahun 2023-2024). Di akhir film Far From Home, Spidey dituduh sebagai pembunuh dari Mysterio, dan tulisan mural tersebut membuktikan bahwa masyarakat masih percaya hal tersebut.

Munculnya Michael Keaton Sebagai The Vulture

Kejutan terbesar selain munculnya Spider-Man (meskipun dalam bentuk poster) di trailer Morbius adalah kemunculan Michael Keaton yang kembali berperan sebagai Adrian Toomes alias The Vulture. Karakternya terakhir kali terlihat di akhir film Spider-Man: Homecoming, dimana dia didekati oleh Mac Gargan di penjara dan mereka berbicara mengenai identitas asli Spider-Man.

Pertanyaan mengenai bagaimana dia bisa kabur dari penjara dan bisa mengenal Dr. Morbius masih menjadi sebuah misteri besar, bersama dengan tujuannya bertemu dengan Morbius. Banyak yang berharap bahwa hal tersebut menjadi tanda kemunculan Sinister Six dalam versi live-action. Kemunculan The Vulture di film tersebut bisa menjadi kunci bagi masa depan Morbius, jika memang Sony (dan Marvel Studios) berencana untuk membuat film Sinister Six. Kita nantikan saja ya Geeks kelanjutan kabar dari film ini, dan kita nantikan juga apakah akan muncul kejutan lainnya.