Setelah apa yang terjadi di film Suicide Squad 2016, Harley Quinn mencoba hal yang cukup berani dalam kehidupannya, di mana ia memutuskan untuk berpisah dengan Joker dan menjalani hidupnya seorang diri. Setelah ia berputus dengan Joker, tampaknya dia telah menarik perhatian dari Roman Sionis atau yang lebih dikenal sebagai Black Mask. Dalam trailer baru Birds of Prey, Harley Quinn mengungkapkan bagaimana semua hal terjadi setelah dia berpisah dengan Joker, di mana semua penjahat terkenal di Gotham ternyata sangat menginginkan kematiannya.

Tetapi dari daftar orang-orang yang menginginkan Harley Quinn mati, Black Mask adalah daftar teratas yang sangat menginginkan kematian Harley Quinn. Black Mask sendiri adalah villain Batman yang paling terkenal dan baru membuat debutnya di DCEU pada film ini. Meskipun alasan pastinya masih belum jelas tentang mengapa ia sangat menginginkan membunuh karakter Harley Quinn, tetapi ada sedikit petunjuk yang mengungkap akan hal tersebut.

Salah satu hal yang menjadi pemicu adalah karena masalah bisnis. Black Mask mungkin memiliki konflik kepentingan dengan Quinn yang menyangkut masalah bisnis. Salah satu teori yang muncul adalah bahwa kebencian Black Mask terhadap Harley Quinn muncul karena Quinn berupaya untuk melindungi Cassandra Cain yang telah menjadi target pembunuhan oleh Black Mask, di mana hadiah besar telah menanti Black Mask ketika ia dapat membuat Cassandra Cain terbunuh. Seperti yang kita ketahui dalam filmnya nanti, Harley Quinn bersama Huntress, Black Canary, dan Renee Montoya akan berusaha untuk melindungi Cassandra Cain dari upaya pembunuhan yang dilakukan oleh siapapun.

Dalam trailer kedual Birds of Prey, terungkap bahwa ternyata masing-masing dari anggota tim Birds of Prey (selain Harley Quinn) membuat kesal Black Mask, sehingga membuat mereka semua terlibat dalam kekacauan yang terjadi. Cain pernah merampok Black Mask, Black Canary pernah mengkhianati Black Mask, Huntress yang membunuh sahabat Black Mask, dan detektif Renee yang sedang membangun sebuah kasus untuk melawan Black Mask.

Sementara teori kedua berhubungan dengan faktor ambisi untuk berkuasa. Saat Harley Quinn masih bersama dengan Joker, mereka berdua menjadi penguasa di kota Gotham seperti yang kita lihat dalam film Suicide Squad, di mana mereka menjadi salah satu penguasa kejahatan paling sukses dan kuat di Gotham. Ketika masa kejayaan Joker dan Harley Quinn terjadi, Black Mask mungkin sulit untuk menguasai kota Gotham. Dan sekarang setelah hubungan mereka berdua telah usai, Black Mask pun mendapat celah untuk kembali menguasai kota Gotham, yang mana hal tersebut ia lakukan dengan mencoba untuk membunuh Harley Quinn.

Dengan kehilangan sang pelindungnya yaitu Joker, Harley Quinn tentunya menjadi sangat rentan, dan Black Mask, Victor Zsasz dan rekan-rekan jahat lainnya mungkin akan mencoba mengambil keuntungan dari hal itu sesegera mungkin dan merebut kembali kota Gotham ke tangan mereka.