GREENSCENE.CO.ID – Saat berbicara dengan Parade untuk mempromosikan film terbarunya berjudul Doolittle, Robert Downey Jr ditanya tentang apakah ia bisa kembali ke Marvel Cinematic Universe. Sang aktor pun lantas menyinggung tentang kepergian karakter Tony Stark di Endgame dan menyebut “Perang untukku sudah berakhir.” Iron Man telah mengorbankan dirinya untuk menghentikan Thanos di Avengers: Endgame, dan mengakhiri Infinity Saga. Demikian juga dengan Tony Stark sendiri.

Robert Downey sendiri percaya bahwa ia telah menghadirkan akhir dari karakter Tony Stark di MCU, dan dengan kata lain, aktor itu menutup peluang bahwa ia bisa kembali ke franchise superhero tersebut dalam waktu dekat. Komentar ini muncul setelah beberapa waktu lalu Downey sedikit lebih terbuka dengan ide kembalinya dirinya sebagai Iron Man, dengan mengatakan bahwa “apapun bisa terjad di MCU.” Namun, poin penting dari kedua jawaban diatas adalah bahwa sang aktor merasa bahwa dia telah mengakhiri cerita Tony dengan cara yang memuaskan dan dia sangat senang untuk “move on”.

Endgame terbukti sebagai ajang balas dendam Tony Stark. Setelah menderita kekalahan terbesar dalam film Infinity War, Iron Man lantas melawan Thanos di pertempuran terakhir  dan Tony bersama timnya berhasil memulihkan kembali kehidupan dari setengah populasi mahkluk hidup di seluruh alam semesta. Namun pada akhirnya dengan menggunakan Infinity Stones ia mengubah Thanos dan pasukannya  mereka menjadi debu. Tapi itu menjadi pengorbanan terakhir yang dilakukannya karena setelah itu ia tewas karena terkena dampak dari kekuatan Infinity Stones yang sangat besar.

Dengan berakhirnya kisah Tony Stark di MCU, ada kemungkinan bahwa karakter Iron Man akan diteruskan oleh karakter lain. Tony Stark dan Robert Downey memang tak tergantikan, tapi Iron Man tidak. Bahkan secara teknis sudah ada dua Iron Man di MCU sejak James Rhodes mengambil salah satu armor Tony di film Iron Man 2. Jadi sepertinya akan ada karakter lain yang akan menggantikan sosok Tony Stark tersebut yang akan menjadi Iron Man. Tetapi walau begitu, tetap saja ada kemungkinan jika Tony akan kembali menjadi cameo suatu saat nanti.