GREENSCENE.CO.ID – Haki merupakan salah satu kekuatan misterius yang ada di cerita One Piece, selain kekuatan yang berasal dari buah iblis. Kekuatan Haki pun tidak kalah hebat dengan kekuatan dari buah iblis, bahkan kekuatan Haki mampu menangkal atau mencegah atau bisa mengimbangi kekuatan dari buah iblis. Contohnya adalah Armament Haki, dimana Haki tersebut bisa menyentuh wujud asli dari pengguna buah iblis Logia.

Secara garis besar ada tiga jenis Haki yaitu Armament Haki, Observation Haki, dan Conqueror Haki. Tidak banyak orang-orang atau karakter yang mampu menguasai ketiga Haki ini, karena khusus untuk Conqueror Haki tidak semua orang memiliki kemampuan tersebut. Berikut adalah karakter yang memiliki kemampuan ketiga Haki tersebut.

Chinjao/Don Chinjao

Chinjao adalah salah satu dari sedikit orang yang bisa menguasai atau menggunakan ketiga jenis Haki yang ada. Tapi, meskipun dia bisa menggunakan ketiga jenis Haki tersebut Chinjao lebih sering menggunakan Busoshoku Haki atau Armament Haki. Dia akan mengeraskan pukulannya dan kemudian “melapisi” pukulannya dengan Haki tersebut agar kekuatan yang ditimbulkan lebih kuat.

Image result for chinjao one pieceChinjao juga pernah menunjukan kemampuan Haoshoku Haki atau Conqueror Haki ketika dia menaklukan banyak musuhnya di Block C tanpa harus menyentuh mereka. Hal itu tentunya sangat luar biasa, mengingat banyak dari peserta di Corrida Colosseum merupakan para petarung tangguh. Chinjao juga pernah menggunakan Kebunshoku Haki miliknya.

Donquixote Doflamingo

Doflamingo menggunakan Haoshoku Haki untuk mengalahkan para pasuka angkatan laut di G-5 Punk Hazard. Kemampuan Haoshoku Hakinya pertama kali bangkit ketika dia berusia sekitar sepuluh tahun, ketika dia sedang dikejar oleh para masyarakat North Blue yang mencoba untuk menyiksa keluarganya sebagai bentuk balas dendam. Mengalahkan mereka semua dan dia pun selamat.

Image result for doflamingo one pieceSelain mampu menggunakan Haoshoku Haki, kemampuan Busoshoku Haki miliknya pun sangat luar biasa. Bahkan, kemampuan Hakinya tersebut mampu untuk melawan jurus Room yang menjadi andalan Law. Tapi, dia tetap masih tidak menahan ketajaman dari pedang milik Law dan tangannya pun tersayat ketika menangkap pedang tersebut. Doflamingo juga memiliki kemampuan Kebunshoku Haki.

Boa Hancock

Selain Doflamingo, Boca Hancock juga memiliki kemampuan ketiga Haki tersebut. Mantan Shichibukai ini menggunakan Haoshoku Haki untuk menaklukan orang-orang yang memiliki keinginan yang lemah. Tapi, sampai saat ini masih belum diperlihatkan kekuatan Haki Haoshoku yang sesungguhnya dari Hancock. Tapi, layaknya suku Kuja lainnya Hancok sangat sering menggunakan Busoshoku Haki.

Image result for boa hancockDia pernah menahan serangan Smoker, sosok yang pernah hampir mengalahkan Luffy. Bahkan Hancok pun sampai membuat Smoker jatuh ke tanah. Hancock juga memiliki kemampuan Kenbunshoku Haki.

Charlotte Katakuri

Katakuri adalah karakter yang sudah menguasai kemampuan Haki Kebunshoku dengan membawanya ke level yang lebih tinggi. Hal itu membuat Katakuri bisa melihat ke masa depan. Wajar jika dia kemudian mampu menerka gerakan musuhnya, sehingga dia pun tidak pernah kalah dalam setiap pertarungan. Haki Bushoshoku yang dimiliki oleh Katakuri juga tidak kalah kuat.

Image result for katakuriDia mengeraskan kaki mochinya dengan Haki tersebut demi melukai Luffy. Ketika Hakinya difokuskan kepada satu titik saat dia melakukan serangan Zan Giri Mochi, Haki Katakuri akan berubah menjadi mirip seperti api atau ketika Luffy mengaktifkan Gear 4. Haoshoku Haki miliknya juga pernah ditunjukan ketika Charlotte Flampe dan anak buahnya mencoba untuk menganggu pertarungannya melawan Luffy.

Monkey D. Luffy

Untuk kasus Luffy, mungkin kita semua sudah mengetahui tentang kemampuannya apalagi mengenai Hakinya. Seluruh kemampuan Hakinya dilatih oleh Rayleigh, yang merupakan mantan tangan kanan Roger. Berkat latihannya selama time-skip berlangsung, Luffy akhirnya mampu menggunakan ketiga jenis Haki ini. Contohnya adalah ketika dia menaklukan para pasukan angkatan laut di Marineford.

Kemampuan Kebunshoku Haki Luffy akhirnya mampu meningkat ketika dia bertarung melawan Charlotte Katakuri. Sama saperti Katakuri, Luffy juga akhirnya bisa melihat ke masa depan selama beberapa saat. Contohnya dia berhasil menghindar dari serangan Alpacaman dan Madilloman sebelum hal tersebut terjadi. Untuk Busoshoku, Luffy melatihnya bersama Hyogoro di Wano dengan tingkatan lebih lanjut. Dia bahkan bisa menghancurkan benda dari dalam.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.