Proses produksi adaptasi film karya Josh Boone, The New Mutants, sudah mengalami fase pengembangan yang mengerikan dalam beberapa tahun belakangan. Tulis ulang skenario dan mundurnya jadwal produksi serta jadwal tayang, menjadi sedikit permasalahan yang dialami oleh film tersebut. Tapi, setelah 20th Century Fox diakusisi oleh Disney akhirnya kabar baik pun muncul.

Filmnya akan dirilis pada 3 april mendatang dan rencananya trailer perdananya akan dirilis secara daring sore nanti. Salah satu tantangan dari film ini adalah tidak adanya nama-nama superhero terkenal seperti Iron Man, Captain America, atau Spider-Man. Salah satu karakter yang akan muncul di film ini adalah Magik, yang karakternya diperankan oleh Anya Taylor-Joy. Siapa sebenarnya Magik?

Origin Story

Cerita The New Mutants memang sedari dulu dibuat untuk mengaburkan garis antara mutan dan horor, yang mana hal tersebut ternyata perpaduan yang pas dalam komiknya. Dalam komiknya sendiri dijelaskan bila gerakan anti sihir juga diarahkan kepada anti mutan. Magik adalah sosok yang unik, karena dia adalah penyihir dan sekaligus seorang mutan.

Bernama asli Illyana Rasputin, Magik dulunya merupakan petani di Russia bersama dengan kakaknya Piotr atau yang biasa disebut Colossus. Tanpa disadari, mereka ternyata merupakan keturunan dari seorang penyihir Russia terkenal, Rasputin. Ceritanya mulai berubah pada 1982 dalam komik Uncanny X-Men #160, ketika cerita terkelam X-Men dimulai.

https://static2.srcdn.com/wordpress/wp-content/uploads/2020/01/Magik-New-Mutants.jpg?q=50&fit=crop&w=740&h=370Illyana kemudian dirasuki oleh seorang monster mengerikan bernama Belasco, salah satu penguasa seperti Hela atau Mephisto. Belasco sendiri merupakan pemimpin dari sebuah alam mengerikan yang berisi para iblis yang disebut Limbo. Sistem waktu di Limbo berbeda dengan sistem waktu di bumi, dan meskipun para pasukan X-Men sudah berusah untuk menyelamatkan Illyana mereka kaget bahwa di Limbo dia sudah tumbuh menjadi dewasa.

Illyana dewasa kemudian menyebutkan dirinya sebagai Magik, yang menurutnya dia memiliki kekuatan mutan untuk melakukan teleportasi yang disebut “stepping discs”. Sayangnya bagi Belasco, Illyana yang sudah dewasa tersebut sudah bisa menahan semua pengaruhnya. Dia menggunakan fragmen atau potongan dari nyawanya untuk menciptakan sebuah pedang mistis yang disebut Soulsword. Bersama dengan X-Men, Illyana alias Magik akhirnya berhasil mengalahkan Belasco.

Magik kemudian kembali ke bumi dan menjadi bagian dari tim New Mutants, dan berusaha memahami kekuatan yang ada di dalam dirinya. Cerita tentang Illyana kembali menjaid sorotan dalam sebuah event crossover “Inferno”, dimana para iblis dari Limbo menyerbu bumi. Magik membangkitkan sisi iblis dalam dirinya dan berusaha untuk menghabisi seluruh manusia.

Beruntung, para anggota New Mutants lainnya berhasil membujuk Illyana dan memberitahu bahwa apa yang dia lakukan adalah sebuah tindakan yang salah. Ketika dia menolak seluruh kekuatan dan kegelapan dari Limbo dalam dirinya, dia pun kembali bertransformasi menjadi Illyana kecil.

Nasib Tragis Illyana Rasputin

Illyana kembali ke rumah orang tuanya di Russia, dan dia pun tidak memiliki ingatan apapun ketika dia menjadi dewasa atau ketika dia menjadi salah satu anggota dari New Mutants. Tragisnya adalah dia hanya sebentar saja tinggal disana. Pemerintah Russia pada saat itu sedang sibuk menangani seorang mutan jahat yang kuat bernama Soul Skinner, dan mereka berharap Illyana mau membantu mereka untuk menghadapi musuhnya tersebut.

https://static1.srcdn.com/wordpress/wp-content/uploads/2020/01/Uncanny-X-Men-303-Illyana-Death.jpg?q=50&fit=crop&w=740&h=370Pemerintah Russia kemudian membunuh orang tua Illyana, dan menculik Illyana kecil. Para anggota X-Men kemudian berhasil menyelamatkan Illyana dan membawanya pergi ke Amerika bersama dengan kakaknya, Colossus. Tapi, ternyata Illyana terpapar sebuah virus bernama Legacy Virus, sebuah penyakit yang disebarkan di atmosfer oleh Stryfe, dan virus tersebut hanya mengarah kepada para mutan.

Illyana merupakan korban pertama dari virus tersebut. Charler Xavier dan Moira MacTaggert berusaha sekuat tenaga untuk menyalamatkan nyawanya. Sayangnya, usaha mereka gagal dan di komik Uncanny X-Men #303 dikisahkan jika Illyana harus tewas akibat virus tersebut. Colossus sangat merasa terpukul dengan meninggalnya adik kesayangnya tersebut. Dia bahkan kemudian berkhianat kepada X-Men dan memilih bersekutu bersama Magneto.

Kembalinya Magik

Dalam event House of M, kita melihat Scarlet Witch menggunakan kemampuannya untuk menciptakan sebuah realita yang bisa mewujudkan semua impian para superhero. Bagi Colossus, mimpinya adalah bisa kembali bertemu dengan keluarganya, termasuk sang adik Illyana alias Magik. Sebagian superhero ternyata menyadari tentang kekuatan Scarlet Witch, yang mana mereka pun mencoba untuk memperbaiki realita yang dibangun oleh Scarlet Witch. Hasilnya, Magik kembalik hilang.

Tapi, ternyata hal tersebut berhasil mengundang perhatian dari Belasco yang mempercayai jika Illyana masih hidup. Dia pun mulai mencari keberadaan Illyana dengan menaklukan seluruh Limbo. Belasco kemudian menemukan potongan jiwa Illyana yang “berceceran” di alam selanjutnya dan berbagai alam mengerikan yang ada di Marvel universe. Potongan jiwa Illyana tersebut ternyata mampu digunakan untuk membangkitkan monster bernama Darkchilde.

https://static0.srcdn.com/wordpress/wp-content/uploads/2020/01/Magik-X-Infernus.jpg?q=50&fit=crop&w=740&h=370Makhluk mengerikan tersebut “kembali” mengalahkan Belasco, tapi para X-Men lain pun kembali mengingatkan tentang siapa dirinya yang sebenarnya. Darkchilde kemudian memutuskan untuk pergi dari Limbo dan tinggal bersama para X-Men. Tanpa disadari oleh X-Men, ternyata Magik versi “baru” ini memiliki tujuannya sendiri. Dia menyadari jika takdirnya telah dimanipulasi oleh makhluk kosmik dan misterius bernama Elder Gods.

Para Elder Gods sendiri memiliki potongan jiwa Illyana lainnya, dan Illyana pun mencoba untuk mendapatkan kembali semua potongan jiwanya agar dia bisa kembali menjadi satu. Magik mencoba balas dendam dengan menggunakan seorang mutan dengan level omega yaitu Legion. X-Men sendiri benar-benar terkejut dengan apa yang dilakukan oleh Magik.

Menjadi Anggota Inti X-Men

Selama beberapa dekade terakhir, Magik sudah menjadi salah satu karakter penting bagi X-Men. Dia memang tidak bisa dipercaya sepenuhnya, dan dia juga memiliki agendanya sendiri, tapi dia selalu muncul ketika X-Men membutuhkan kekuatannya. Magik dipaksa untuk mengembangkan kemampuan mistisnya ketika Dark Beast memasukan nanobots ke dalam dirinya secara diam-diam yang berakibat kekuatan mutannya terganggu.

Magik, yang memiliki koneksi dengan Limbo, kemudian dipaksa untuk menyerap seluruh Limbo ke dalam dirinya dengan menggunakan kekuatan sihir yang dia miliki. Dia kemudian melakukan perjalanan waktu ke masa lalu dan bertemu dengan Doctor Strange dan menjadi muridnya. Tapi, sesuatu yang buruk kembali terjadi ketika pasukan anti mentralisir kekuatan mutannya.

https://static2.srcdn.com/wordpress/wp-content/uploads/2020/01/Magik-Eye-of-Agamotto.jpg?q=50&fit=crop&w=740&h=370Akhirnya, para iblis Limbo yang ada di dalam diri Illyana pun keluar dan Magik sekali lagi berubah menjadi Darkschilde. Kali ini, dia benar-benar membuat X-Men kewalahan dengan tidak memperdulikan mereka dan berusaha untuk menghancurkan seluruh umat manusia. Magik sendiri kembali muncul dalam cerita X-Men terbaru karya Jonathan Hickman.

Ceritanya sendiri berlangsung setelah ada lompatan waktu misterius selama enam bulan, yang artinya masih belum jelas apa yang sebenarnya terjadi selama lompatan waktu tersebut terjadi. Ada kemungkinan bila rencana Darkchilde berhasil digagalkan dan dia berhasil disadarkan. Kemungkinan lainnya adalah para X-Men mungkin sudah berhasil membangkitkannya kembali dari kematian. Mungkinkah ada dua versi dari Magik yang akan ditampilkan? kita nantikan saja April nanti ya Geeks!

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.