Film Joker garapan Todd Phillips menjadi salah satu film yang fenomenal di tahun 2019 kemarin, bahkan filmnya berhasil mengalahkan popularitas film Avengers: Endgame yang digadang-gadang menjadi film penutup bagi satu dekade Marvel Cinematic Universe. Selain dari segi popularitas, Joker juga berhasil memecahkan rekor sebagai film dengan rating dewasa paling sukses.

Sejak teaser trailer filmnya dirilis, banyak fans yang memprediksi jika film Joker akan meraih banyak sekali penghargaan dan sepertinya hal tersebut terbukti benar. Dalam ajang pengharagaan Golden Globe ke 77 yang diselenggarakan malam ini waktu Amerika, film Joker meraih banyak penghargaan. Joaquin Phoenix berhasil meraih penghargaan sebagai aktor terbaik.

Joaquin Phoenix sendiri berhasil mengalahkan aktor lainnya untuk kategori tersebut, seperti Christian Bale, Antonio Banderas, Adam Driver, dan Jonathan Pryce. Penghargaan aktor terbaik itu menjadi penghargaan Golden Globe kedua sejak pertama kali dia dapatkan pada tahun 2006 dalam film Walk in Line. Selain Joaquin Phoenix, Hildur Guðnadóttir juga meraih penghargaan sebagai original score terbaik di film Joker.

Perjuangan Joaquin Phoenix untuk memerankan Arthur Fleck di film tersebut tidaklah mudah. Dia harus rela menghilangkan berat badannya sebanyak 50 pound untuk peran tersebut. Todd Phillips sendiri sempat mengungkapkan ketakutannya untuk menggarap film ini, karena film Joker merupakan film adaptasi komik pertama yang dia produksi.

Joaquin (Phoenix) tentunya memiliki banyak sekali pertanyaan, dan aku pikir dia juga memiliki pemikiran yang sama denganku, yang mana adalah rasa takut – ini adalah hal besar yang harus dilakukan. (Film) ini tidak akan menjadi sebuah film yang kecil, dan akan banyak disorot banyak orang. Joker sudah banyak diinterpretasikan selama bertrahun-tahun, dan aku pikir belum ada yang buruk sejauh ini. Jadi, disanalah yang aku takutkan.

Kesuksesan yang diraih filmnya memunculkan pertanyaan di kalangan para fans, yang bertanya apakah akan ada sekuel dari film Joker. Phoenix dan Phillips sendiri sempat mengatakan jika film ini tidak akan menghadirkan sekuel. Tapi, Phoenix sendiri juga sempat mengatakan jika dirinya masih belum bisa berhenti untuk memikirkan karakter Arthur Fleck. Apakah akan ada sekuel bagi Joker? Kita nantikan saja kabar baiknya ya Geeks!