GREENSCENE.CO.ID – Salah satu misteri terbesar di Marvel Cinematic Universe adalah identitas asli dari sosok Mandarin. Villain ikonik ini telah memiliki penampilan yang cukup aneh di MCU. Mandarin sempat diprediksi akan hadir di film Iron Man pertama, namun ternyata hal tersebut tidak terjadi dan ia malah muncul dalam film Iron Man 3. Namun sayangnya sosok Mandarin dalam film tersebut diceritakan sebagai “karakter settingan” yang digunakan oleh Aldrich Killian (Guy Pearce) untuk membangun organisasi AIM.

Namun, setelah apa yang terjadi di Iron Man 3, Marvel terpaksa untuk mengungkap versi asli dari villain itu dan sebentar lagi, kita akhirnya akan bertemu dengannya di film Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings. Sutradara film Shang-Chi yaitu Destin Daniel Cretton menggoda tentang karakter Mandarin di film Shang-Chi, “Aspek emosional, persahabatan, keluarga, dan koneksi adalah sesuatu yang pasti akan menjadi bagian dari film ini.”

Cretton berbicara tentang adanya ide keluarga dan koneksi yang menjadi bagian penting dari film Shang-Chi yang sebenarnya adalah petunjuk yang lebih jauh dan adanya perubahan besar dari asal-usul Shang-Chi. Sejak mendengar judul Shang-Chi and Legend of the Ten Rings, banyak yang berspekulasi bahwa film ini akan menceritakan bahwa Mandarin adalah ayah Shang-Chi dalam kontinuitas MCU. Sementara dalam komik Marvel, seorang bos kejahatan internasional bernama Fu Manchu sebenarnya adalah ayah Shang-Chi, yang melatih putranya untuk menjadi Master Kung Fu dan menjadikannya penbunuh dari suatu sindikat kejahatan.

Shang-Chi dalam komiknya harus menjalankan keinginan gelap ayahnya sambil ia berpikir bahwa dirinya adalah seorang pembela kebenaran, hingga akhirnya ia sadar dan berbalik untuk melawan ayahnya. Marvel Studios saat ini tak dapat menggunakan karakter Fu Manchu di MCU karena hak kepemilikan dari karakter tersebut. Namun, cerita tentang Mandarin yang menjalankan sidikat kejahatan global bernama Ten Ring dan melatih putranya sendiri untuk menjadi seorang pembunuh tampaknya menjadi cocok dengan karakter Shang-Chi di MCU. Akan sangat menarik untuk melihat Mandarin dan Baron Zemo bangkit setelah kematian Tony Stark di MCU nantinya.