GREENSCENE.CO.ID – Karakter Steve Rogers kini sudah resmi pamit dari MCU setelah film Avengers: Endgame, tapi meskipun Steve sudah tidak akan lagi muncul di MCU karakter lain yang dekat dengan sosok Steve masih akan muncul dalam TV series terbaru The Falcon and The Winter Soldier. Series berjumlah enam episode tersebut akan tayang di platform Disney Plus dan tayang perdana di akhir tahun nanti.

Anthony Mackie dan juga Sebastian Stan akan kembali berperan sebagai Sam Wilson dan Bucky Barnes. Tidak hanya dua nama tersebut, nama familiar lainnya seperti Daniel Bruhl dan Emily Van Camp juga kembali berperan sebagao Helmut Zemo dan Sharon Carter. Nama baru yang akan muncul di seriesnya adalah Wyatt Russel yang akan berperan sebagai John Walker alias U.S. Agent, musuh dan sekutu lama dari Captain America dalam cerita komiknya.

Dengan mundurnya Chris Evan sebagai Steve Rogers dan juga Marvel Studio yang belum ada rencana untuk membuat film keempat Captain America, series The Falcon and The Winter Soldier bisa menjadi pengganti yang pas. Berikut adalah pembahasannya.

MCU Akhirnya Tampilkan Baron Zemo Versi Komik

Red Skull memang bisa dibilang merupakan musuh terbesar dari Captain America, tapi Baron Zemo pun merupakan salah satu musuh bebuyutan dari Steve. Baron Helmut Zemo merupakan putra dari Baron Heinrich Zemo, karakter yang sukses membunuh Captain America dan Bucky di Perang Dunia Kedua. Heinrich Zemo terkejut ketika mengetahui jika Steve ternyata masih hidup.

Setelah Heinrich gagal untuk membunuh Captain America yang kedua kalinya, anaknya yaitu Baron Zemo kemudian meneruskan usaha ayahnya untuk membunuh Steve dan bersumpah untuk membalas dendam. Sejak tahun 1970an, Baron Zemo sudah beberapa kali hampir berhasil untuk membunuh sosok Steve Rogers alias Captain America, sosok yang dia benci sedari lama.

Salah satu cerita yang populer adalah Under Siege, dimana Zemo menyerbu Avengers Mansion dan bertarung satu lawan satu secara brutal dengan Captain America. Meskipun Baron Zemo kalah, apa yang sudah dia lakukan benar-benar berefek sangat buruk terhadap Avengers. Hal itu membuat Baron Zemo menjadi salah satu villain Marvel paling hebat.

Di MCU, Baron Zemo pertama kali diperkenalkan pada Captain America: Civil War. Banyak fans yang sebenarnya berharap jika Heinrich Zemo diperkenalkan pada film The First Avengers. Sejak kemunculannya, Baron Zemo sudah sangat benci kepada Avengers dan Captain America terhadap apa yang mereka lakukan kepada keluarganya.

Baron Zemo versi MCU tersebut memang tidak terlalu “mirip” dengan versi komiknya, tapi Marvel Studios kini mencoba untuk menghadirkan Baron Zemo yang sesuai dengan versi komik dalam series ini. Helmut Zemo pun akan berubah menjadi “Baron” Zemo. Hal ini tentunya merupakan sesuatu yang belum pernah ditampilkan dalam film Captain America manapun.

Steve Rogers Vs John Walker

Pada dekade 80an, Steve Rogers pernah diceritakan pensiun sebagai Captain America. Pemerintah Amerika akhirnya mencari sosok baru dan akhirnya terpilihlah John Walker, seorang pria yang lebih agresif dan tidak terlalu idealis. Berbeda dengan Steve, John justru menghadapi penjahat dengan sangat brutal dan beringas. Bahkan, dia hampir membunuh salah satu penjahat.

Steve pun merasa bahwa John sudah merusak nilai-nilai dari Captain America, yang seharusnya menjadi simbol dan contoh dari seorang Amerika yang baik. Akhirnya Steve mencoba untuk merebut kembali kostumnya dengan cara bertarung satu lawan satu. Steve yang lebih banyak memiliki pengalaman akhirnya menang dan titel juga kostum Captain America kembali ke tangan Steve.

Pertarungan antara Steve dan John merupakan salah satu cerita yang paling dikenang oleh para pecinta Marvel Comics. Dan sepertinya, The Falcon and The Winter Soldier akan mengadaptasi beberapa bagian dari cerita tersebut, dengan Steve Rogers yang akan digantikan oleh Sam Wilson. Kabar menyebutkan meskipun Sam dipilih langsung oleh Steve sebagai penggantinya, tapi dia tidak mendapatkan restu dari pemerintah Amerika.

Kemungkinan karena masalah warna kulit, akhirnya pemerintah Amerika menunjuk orang lain yang mana adalah John Walker. Itulah sebabnya mengapa Sam Wilson menggunakan kostum klasik miliknya yang berwarna merah dan putih dalam concept art yang bocor di internet. Mungkin butuh beberapa waktu sampai akhirnya Sam dapat diterima menjadi Captain America yang baru.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2