Hubungannya Dengan Suku Mata Tiga (Three-eyed Tribe)

Seperti yang disebutkan di atas, beberapa orang dari suku tertentu bisa memiliki kemampuan untuk mengakses kekuatan the Voice of All Thing. Hal ini bahkan dikonfirmasi oleh Charlotte Linlin alias Big Mom dalam arc Whole Cake Island ketika dia berbicara kepada anaknya, Pudding, tentang kemampuan tersebut.

Meskipun Pudding tidak memiliki darah penuh dari suku tersebut, dia masih memiliki kesempatan untuk membangkitkan kekuatan kekuatan yang dimaksud. Hal itu menunjukan bila Pudding juga memiliki kesempatan yang sama untuk bisa pergi ke Laugh Tale. Masih belum diketahui siapa lagi anggota suku lainnya selain Pudding yang memiliki kemampuan tersebut.

Janji Dari Kekuatan Tersebut

Sama seperti kemampuan lainnya dalam cerita One Piece, the Voice of All Thing memiiki hal yang sangat luar biasa. Bukan hanya membuat penggunanya mampu memilki kekuatan untuk mengerti berbagai objek dan juga binatang, tapi juga memiliki kemampuan untuk mengendalikan yang lain, dan juga memenuhi beberapa janji.

Dalam kasus Momonosuke, dia mampu menggunakan kekuatan dari the Voice of All Thing untuk memimpin Zunesha, sebuah gajah raksasa yang di punggungnya terdapat pulau Zou yang merupakan rumah bagi para kaum Minks. Roger, Oden, dan Luffy bahkan tidak mampu untuk mengendalikan Zunesha. Kemampuan tersebut hanya bisa dilakukan oleh Momonosuke karena kemungkinan sebuah perjanjian yang sudah dilakukan di masa lalu, kemungkinan ketika abad yang hilang berlangsung.

Sang Putri Duyung Shirahoshi

Sama seperti Momonosuke, Shirahoshi, putri duyung dari pulau manusia ikan, juga memiliki kemampuan the Voice of All Thing. Meskipun masih belum dikonfirmasi, ada kemungkinan bila sama seperti Luffy, Sirahoshi memiliki kemampuan untuk mendengar suara lautan. Sejalan dengan Momonosuke, Shirahoshi juga menunjukan kemampuan untuk bisa mengendalikan binatang buas, yang mana hal tersebut tidak bisa dilakukan oleh Luffy setiap saat.

Entah apakah hal tersebut diakibatkan karena dia merupakan salah satu senjata rahasia kuno, yaitu Poseidon, atau memang Poseidon memiliki kemampuan tersebut sedari lahir. Mungkin di chapter-chapter berikutnya Oda akan sedikit menjelaskan mengenai hal ini.

Hubungan Dengan Haki Kebunshoku

Observation Haki adalah kemampuan Haki yang bisa dilatih dan bisa dibangkitkan oleh siapapun, tapi bisa jadi the Voice of All Thing adalah kemampuan tertinggi dari Haki Kebunshoku atau Haki pengamatan, karena tidak semua orang memiliki kemampuan ini. Kemampuan dasar dari Haki ini adalah membuat para penggunanya memahami maksud dan tujuan orang lain, atau bahkan memahami perasaan musuhnya. Oda sensei memang belum mengkonfirmasi tentang hal tersebut, tapi banyak diantara fans yang meyakini hal itu.

Kemampuan Penuhnya

Sejauh ini masih belum diketahui bagaimana kekuatan penuh dari the Voice of All Things. Meksipun Roger dan Oden bisa menggunakan kemampuan tersebut dengan baik, mereka tidak bisa berkomunikasi dengan suara yang mereka dengan, karena satu dan lain hal. Di sisi lain, Momonosuke dan Shirahoshi menunjukan kemampuan ini memiliki hal lainnya selain bisa memahami benda atau suara.

Hal tersebut seolah menujukan jika ada tingkatan dari kemampuan tersebut yang belum diperlihatkan. Mungkin seiring berjalannya waktu, Monkey D. Luffy akan memberitahukan dan memperlihatkan kepada kita bagaimana kekuatan yang sebenarnya dari the Voice of All Things.

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.