Arc Wanokuni memang menjadi salah satu story arc yang besar, setelah Marineford. Arc tersebut bahkan dibagi menjadi tiga babak, dan sekarang kita berada di babak ketiga yang bisa jadi adalah babak terakhir dari arc tersebut. Yang membuat arc Wanokuni menjadi besar adalah banyaknya rahasia yang akhirnya terungkap, seperti dalam Chapter 966 kemarin.

Dalam chapter tersebut diperlihatkan jika Roger dan Whitebeard sempat saling bertarung satu sama lain, sebelum akhirnya mereka memutuskan untuk “berdamai” dan berpesta bersama. Pada saat itu, Roger bercerita banyak kepada Whitebeard, termasuk tentang petualangannya ke sebuah pulau bernama Lodestar Island. Menurut Roger, mereka sudah melakukan hal yang belum pernah dilakukan oleh bajak laut lainnya yaitu menuju pulau tersebut.

Lodestar adalah pulau paling ujung atau pulau terakhir di New World dan merupakan pulau paling ujung di Grand Line sebelum menuju pulau terakhir. Untuk mencapai pulau tersebut seorang bajak laut harus mengikuti arahan dari Log Pose. Semua perbedaan jalur yang ada di Grand Line, pada akhirnya akan berujung di pulau tersebut.

Menurut Inuarashi, siapapun yang bisa mencapai ke pulau Lodestar akan menemukan Poneglyphs yang berisi tentang sejarah dunia dan peradabannya, juga yang paling penting adalah sebuah rute menuju pulau terakhir yaitu Laugh Tale. Sekitar 39 tahun yang lalu Gol D. Roger bersama dengan kru bajak lautnya berhasil mencapai tersebut, dan Roger menyadari bahwa ada satu pulau lagi yang belum dia kunjungi. Tapi, Log Pose sendiri tidak bisa mendeteksi keberadaan pulau tersebt.

Roger pun kemudian mulai berpetualang untuk mencari jalan menuju Laugh Tale, sampai akhirnya dia bertemu dengan Oden. Karena Roger dan krunya merupakan orang pertama yang mengunjungi pulau tersebut dalam 800 tahun terakhir, bisa disimpulkan jika Lodestar Island adalah sebuah pulau yang sangat sulit untuk dicapai. Bahkan Log Pose sendiri tidak bisa menunjukan kemana arah pulau selanjutnya setelah Lodestar, dan jarum penjuk arahnya pun hanya berputar-putar saja.

Roger sendiri meyakini bahwa adalah sebuah legenda tentang harta karun disana, yang mana hal tersebut selah mengkonfirmasi bahwa Roger bukanlah bajak laut atau orang yang menaruh One Piece disana. Kesimpulannya, One Piece memang sudah ada di pulau terakhir sejak lama. Pertanyaannya kemudian siapa yang meninggalkan harta karun di pulau tersebut? apa harta karunnya? Apa arti dari harta karun tersebut?

Chapter selanjutnya dari Wano sepertinya akan memberikan petunjuk tentang harta karun atau tentang One Piece itu sendiri. Oden sendiri sepertinya akan menjadi karakter kunci dalam petualangannya bersama Roger menuju pulau terakhir dan menyelesaikan petualangannya. Meskipun ini hanya sebuah kemungkinan, tapi sepertinya Luffy akan mengikuti alur serupa dimana dia akan menemukan satu orang kru lagi yang akan menjadi kunci perjalanannya, seperti Kozuki Oden. Kita nantikan saja ya Geeks kelanjutan cerita dari petualangan Oden dan Roger.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.