Samurai 8 dan Naruto

Kesamaan dari dua judul manga karangan Masashi Kishimoto tersebut sangatlah jelas. Keduanya mengadaptasi konsep yang sama dari budaya Jepang, yaitu Samurai dan Ninja. Masashi Kishimoto sendiri sebenarnya hanya menulis naskah ceritanya saja untuk series Samurai 8, dimana Akira Okubo yang kemudian ditugaskan untuk mengilustrasikan cerita yang sudah dibuat oleh Kishimoto.

Okubo sendiri merupakan asisten dari Kishimoto ketika mereka sama-sama mengerjakan manga Naruto. Itu sebabnya art style dari Samurai 8 memiliki kemiripan dengan Naruto. Meskipun Samurai 8 dan Naruto memiliki konsep adaptasi yang sama, Samurai 8 lebih unggul dibanding Naruto. Hal tersebut berkat elemen-elemen dalam cerita yang sangat kaya, seperti memasukan unsur fiksi ilmiah dalam sebuah cerita mitologi.

Protagonis utamanya juga memiliki latar belakang yang sama, dimana keduanya sama-sama dijauhi oleh masyarakat atau sekitarnya. Yang membedakan adalah Naruto dijauhi karena masyarakat Konoha tahu, Kyuubi atau serigala ekor sembilan yang sempat menghancurkan Konoha ada di dalam diri Naruto. Sedangkan Hachimaru dijauhi karena kekurangan yang dia miliki.

Hubungan Hachimaru dan ayahnya juga mirip dengan hubungan ayah dan anak dari Boruto dan Naruto. Khusus untuk kasus Boruto, sebenarnya cerita manganya terinspirasi dari hubungan ayah dan anak antara Kishimoto dan anaknya ketika manga Naruto sukses besar. Dibandingkan dengan Samurai 8, Naruto memiliki keunggulan dari segi plotnya yang menarik.

Kishimoto berharap jika manga Samurai 8: The Tale of Hachimaru hanya berlangsung sekitar 10 atau 20 volume saja, dan dia tidak mau mengulangi kesuksesan Naruto yang memiliki volume panjang. Tapi, jika memang Kishimoto mau menggunakan formula yang sama dengan Naruto, dia sudah memiliki dasar cerita untuk bisa lebih dikembangkan lagi.

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.