GREENSCENE.CO.ID – Seri manga terpopuler karangan dari Masashi Kishimoto, Naruto, memang sudah selesai sekitar lima tahun yang lalu. Ceritanya kemudian dilanjutkan oleh anaknya yaitu Boruto dalam series Boruto: Naruto Next Generation. Meskipun series tersebut merupakan kelanjutan dari manga sebelumnya, tapi manga tersebut digarap oleh kreator yang berbeda alias bukan karya dari Kishimoto.

Kishimoto sendiri sekarang sedang berfokus dengan judul manga terbarunya yaitu Samurai 8: The Tale of Hachimaru. Diterbitkan dalam majalah Weekly Shonen Jump, Samurai 8 memiliki premis tentang ninja dan protagonis berambut pirang yang mirip dengan cerita Naruto. Tapi, tentunya ada perbedaan dari dua manga besar tersebut. Berikut adalah perbedaannya.

The Tale of Hachimaru

Seperti yang diungkapkan oleh namanya, Samurai 8: The Tale of Hachimaru bercerita tentang seorang anak muda bernama Hachimaru, yang mermimpi untuk menjadi seorang samurai meskipun dia memiliki kekurangan dimana sehari-harinya dia harus terus dibantu oleh sebuah alat agar bisa bertahan hidup. Karena kekurangannya tersebut, Hachimaru tidak bisa kemana-mana dan dia mengenal kehidupan dari bermain game yang bertema post-apocalyptic.

Oleh karena itulah Hachimaru sering kali berpikiir konyol. Contohnya adalah ketika ada bintang jatuh, Hachimaru berharap air yang bersih atau menjadi samurai. Terkadang dia juga berharap yang realistis, yaitu dia berharap jika penyakitnya bisa hilang dengan segera. Ternyata tanpa diketahui dan disadari oleh Hachimaru sendiri, dia adalah orang yang terpilih dalam sebuah ramalan kuno.

Takdir dunia berada di ambang kehancuran oleh sang dewa Fudo Myo-o, dan seorang pejuang terpilih harus bangkit dan menemukan tujuh kunci dari kotak Pandora dan menyelamatkan alam semesta. Yang menjadi rekannya dalam petualangan tersebut adalah ayahnya, anjingnya, boneka daruma berbentuk kucing samurai yang dulunya adalah manusia, dan sebuah robot samurai yang selalu memandang rendah manusia.

Orang-orang atau karakter tersebut merupakan karakter yang pernah dimainkan oleh Hachimaru dalam permainan video game. Ketika semangat berjuang Hachimaru dibangkitkan oleh “tuannya” yang baru, dia kemudian meninggalkan seluruh alat-alat yang membantunya tersebut dan menyelamatkan alam raya demi memenuhi ramalan tersebut.

Elemen fiksi ilmiah dalam cerita manganya, dan juga berbagai elemen lainnya seperti sihir, robot, dan masih banyak lainnya merupakan sebuah perpaduan yang menarik. Para karakter tersebut sering mengatur armor mereka untuk menyesuaikan pertarungan yang akan dilakukan. Tidak sedikit juga elemen-elemen dari manga lainnya muncul seperti Akira atau Battle Angel Alita.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2