Karakter Paling Berpengaruh Yang Masih Hidup

Meskipun ada banyak sekali karakter yang memiliki kemampuan untuk mengguncangkan sebuah era, seperti Monkey D. Luffy atau Trafalgar Law, tapi karakter yang paling berpengaruh dan memegang kunci dari apa sebenarnya arti Tekad D adalah Nico Robin. Hal ini tidak terlepas dari fakta bahwa Robin memiliki kemampuan untuk membaca artefak kuno Poneglyph.

Seperti yang diketahui, sejarah tentang apa yang terjadi di masa lalu, termasuk abad yang hilang, semuanya ditulis di Poneglyph termasuk tentang apa arti dari Tekad D. Oleh karena itu, Robin menjadi karakter kunci untuk mengungkapkan arti dari Tekad D yang sebenarnya. Robin sendiri sudah menyebutkan tentang Tekad D sebanyak tiga kali, di Alabasta, Skypiea, dan terakhir adalah Sabaody.

Mereka Yang Mengetahui Artinya

Meskipun kita dan sebagian besar karakter dalam cerita One Piece berusaha untuk mengetahui apa arti dari Tekad D yang sebenarnya, ada sebagian karakter yang sudah mengetahui artinya. Salah satu diantaranya adalah mantan kru dari bajak laut Rogers, Silvers Rayleigh. Roger dan krunya berhasil mengeksplor Grand Line dan menemukan One Piece juga menemukan fakta sebenarnya tentang sejarah dunia ini, termasuk arti dari Tekad D.

Sebenarnya, Rayleigh sempat akan memberi tahu tentang apa makna sebenarnya dari Tekad D dan lokasi keberadaan One Piece ketika kru topi jerami berada di bar milik Shakkey. Tapi, Luffy memilih untuk tidak mengetahui hal tersebut dan Rayleigh pun mengatakan hal yang serupa. Menurut Rayleigh, Luffy dan semuanya harus berjalan selangkah demi selangkah dan menikmati setiap petualangannya.

Kesabaran

Seperti yang disebutkan di atas, bajak laut Roger berhasil menemukan sejarah yang sebenarnya dari dunia One Piece. Selain itu, mereka juga akhirnya mengetahui apa arti dari Tekad D yang sebenarnya. Tapi, sayangnya mereka tidak bisa berbuat banyak meskipun sudah mengetahui hal tersebut. Rayleigh sediri tidak mengungkapkan alasannya, tapi dia sempat menyinggung bila Roger dan para penduduk Ohara tidak bisa sabar menunggu.

Oleh karena itu, Rayleigh memberikan nasehat kepada Luffy dan krunya agar bersabar dan mengikuti alurnya setahap demi setahap. Bisa jadi, Luffy pada akhirnya akan menemukan sesuatu yang berbeda dibandingkan dengan apa yang ditemukan oleh Roger tentang makna sebenarnya dari Tekad D. Whitebeard juga sempat menyinggung tentang orang yang dinantikan oleh Roger, yang akan membawa Tekad D kembali bersinar. Dilihat dari apa yang dilakukan oleh Whitebeard, sepertinya Luffy adalah orangnya.

Keluarga

Hampir semua karakter yang memiliki nama D di tengahnya, tidak mengetahui apa sebenarnya makna D yang ada di namanya. Contohnya adalah Jaguar D. Saul. Menurutnya, satu-satunya yang dia ketahui tentang D adalah nama tersebut sudah digunakan selama berbagai generasi dalam keluarganya. Artinya nama D tersebut merupakan sebuah warisan.

Menariknya adalah meskipun D ada di tengah-tengah nama mereka, masing-masing keluarga memiliki nama depan yang berbeda. Contohnya adalah keluarga “Monkey D.” dan juga “Gol D.” dua nama keluarga yang populer. Ada juga karakter lainnya yang memiliki nama keluarga di depannya seperti Law dan Rocks.

Dia Yang Akan Membawa Badai Besar

Tekad D sering kali dikaitkan dengan keseimbangan kekuatan dunia yang ada di One Piece. seperti yang dijelaskan oleh Rosinante, para kaum bangsawan dunia masih sering kali merasa ketakutan akan klan D dan juga para pewarisnya. Hal tersebut bisa jadi karena mereka sering dikaitkan dengan bencana besar yang membawa kehancuran dunia ini.

Seperti yang diungkapkan sebelumnya, orang-orang dari Klan D merupakan musuh dari para dewa atau kaum naga langit yang menguasai dunia ini. Trafalgar Law sendiri sering mengungkapkan hal yang sama ketika ditanya oleh Doflamingo tentang mengapa dia begitu percaya kepada Luffy. Di masa depan, bisa jadi mereka yang memiliki nama D di tengahnya akan sekali lagi membawa “gelombang besar” yang akan mengguncang dunia.

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.