GREENSCENE.CO.ID – Franchise Fast & Furious kini sudah berkembang menjadi sebuah franchise besar sejak pertama kali dirlis pada 2001 silam. Hampir satu dekade kemudian, franchisenya menghadirkan sesuatu yang baru dengan cerita yang lebih besar dan lebih kompleks. Bahkan kesuksesan filmnya sampai-sampai membuat Universal Studio meluncurkan sebuah spinoffnya yaitu Hobbs and Shaw.

Tidak hanya melahirkan sebuah film spinoff, franchise Fast & Furious juga bahkan menelurkan sebuah series animasi yaitu Fast & Furious: Spy Racers yang tayang di platform Netflix. Ceritanya sendiri berfokus pada Tony Toretto, sepupu dari Dominic Toretto, dan teman-temannya dalam dunia spionase. Tapi, ternyata ada beberapa referensi yang digunakan oleh seri animasi yang berasal dari film-film layar lebar Fast & Furious. Apa saja?

Ms. Nowhere

Karakter penghubung yang menjembatani antara tim Tony dan juga pihak pemerintah dalam series Spy Racers merupakan referensi dari film Fast & Furious, yaitu Ms. Nowhere. Dia merekrut Tony dan timnya untuk menjalankan sebuah misi rahasia karena rekomendasi yang diberikan oleh Dom. Meskipun di filmnya kita tidak pernah tahu sosok Ms. Nowhere dan Dom saling berinteraksi, tapi di filmnya sendiri dikenal karakter Mr. Nobody yang karakternya diperankan oleh Kurt Russel.  Kesamaan karakter antara Ms. Nowhere dan Mr. Nobody  merupakan sebuah petunjuk bahwa kedua karakter ini berasal dari organisasi yang sama, dan sampai saat ini pun masih belum diketahui apa organisasi mereka. Karakter Ms. Nowhere bahkan mengenakan setelah terbang yang sama dengan Shaw bersaudara dari film The Fate of the Furious.

Pelontar Kursi

Salah satu hal menarik dari Spy Racers adalah adanya pembalap lain dari organisasi yang sedang mereka susupi, yaitu SH1FT3R, yang juga ikut dalam petualangan mereka. Seperti biasa, modifikasi mobil pun diperlihatkan dalam series Spy Racers. Tapi, salah satu modifikasi di mobil milik Mitch pastinya sangat familiar buat para Geeks penggemar franchise Fast & Furious.

Mitch memiliki pelontar kursi yang terpasang di mobilnya, yang mana hal tersebut pernah diperlihatkan dalam film 2 Fast 2 Furious. Dalam film tersebut Roman Pierce dan juga Brian O’Connor menggunakannya untuk melemparkan musuhnya. Sayang, pelontar kursi milik Brian tidak bisa bekerja dengan sempurna. Sayangnya, Spy Racers tidak memperlihatkan bagaimana pelontar kursi tersebut bekerja.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2