GREENSCENE.CO.ID – Saitama adalah karakter yang tidak terbantahkan, tidak tergoyahkan, dan tidak terkalahkan dalam seri One-Punch Man. Sama seperti judulnya, Saitama bisa menghancurkan musuh atau monster hanya dengan satu kali pukulan. Bahkan, dengan kemampuannya tersebut membuat Saitama bosan dan hampir saja menyerah untuk menjadi seorang pahlawan yang sudah menjadi cita-citanya sejak lama. Untuk saat ini, motivasi Saitama adalah mencari lawan yang seimbang dengan kekuatannya.

Ada kemungkinan bila Saitama tidak akan pernah diceritakan kalah di sepanjang cerita One-Punch Man. Kekuatan Saitama yang sangat luar biasa dan di luar nalar tersebut bukan hanya menjadi inti cerita dari One-Punch Man, melainkan juga sudah menjadi inti lelucon dari seriesnya, yaitu memparodikan anime dan pahlawan lainnya ketika karakter protagonis utama harus kembali meningkatkan serangannya ketika musuh baru datang.

Lalu, kemudian pertanyaannya adalah bagaimana dengan kelanjutan cerita dari One-Punch Man bila kemudian Saitama berhasil dikalahkan (baik hanya dengan satu kali pukulan atau dalam sebuah pertarungan). Bisa jadi, seriesnya akan berubah secara total jika memang hal itu benar-benar terjadi. Kalahnya Saitama juga sepertinya akan menghilangkan esensi dari keunikan One-Punch Man, yang berada di luar kebiasaan anime dan manga pada umumnya.

Meskipun kemungkinan besar Saitama tidak akan diceritakan kalah dalam seriesnya, bukan berarti kesempatan Saitama untuk kalah sangat kecil. Bisa jadi di kemudian hari ONE dan Yusuke Murata akan memperlihatkan momen dimana Saitama kalah  dalam pertarungan. Skenario yang paling tepat dari kekalahan Saitama adalah dengan memperlihatkannya di akhir seriesnya.

Di akhir cerita, Saitama diperlihatkan akhirnya kalah oleh seorang musuh – baik monster atau manusia biasa – dan dia pun merasa senang karena akhirnya Saitama menemukan partner untuk berlatih seperti yang dia impikan dan tidak lagi menggebu-gebu terhadap kekuatannya. Skenario ini bukan hanya bisa memberikan sebuah akhir yang memuaskan, tapi juga bisa menjadi pendekatan unik lainnya dari series ini.

Keunikannya adalah jika di akhir cerita para pahlawan atau pihak baik selalu menang, tapi hal ini justru sebaliknya. Meskipun hal tersebut memang sedikit sulit untuk dilakukan, ada kemungkinan juga jika di akhir ceritanya nanti One-Punch Man masih akan tetap lanjut, hanya saja fokus ceritanya berubah. Contohnya adalah Saitama tidak lagi mencari partner seimbang, melainkan mencari arti tentang menjadi pahlawan.

Kekalahan Saitama juga bisa jadi ide cerita berikutnya, dimana Saitama merasa frustasi dan dihantui oleh rasa penyesalan akan kekalahan pertamanya. Mungkin Saitama bisa jadi mirip seperti Genos yang selalu mencoba untuk mencari jawaban, atau bisa jadi dia diceritakan mirip seperti Sonic dimana dia tidak akan “tenang” sebelum bisa balas dendam kepada Saitama.

Kekalahan Saitama juga bisa menjadi sebuah humor gelap yang dikembangkan dalam ceritanya, dimana dia berhasil dikalahkan di muka publik. Saitama selama ini dikenal selalu berhasil mengalahkan monster atau musuhnya dalam satu kali pukulan, tapi kali ini dia yang kalah. Identitas dari karakter pertama yang berhasil mengalahkan Saitama juga penting.

Akan lebih baik, jika Saitama kalah dalah sebuah pertarungan biasa bersama dengan karakter lainnya dibandingkan Saitama dikalahkan oleh villain. Contohnya adalah Saitama dikalahkan oleh Genos, King, atau mungkin bisa jadi Mumen Rider. Tapi, banyak juga yang melemparkan teori jika Saitama akan berhasil dikalahkan oleh Blast, yang sampai saat ini sosoknya masih misterius.

Banyak yang ingin Saitama tetap seperti sekarang, tidak terkalahkan, tidak tergoyahkan, dan benar-benar sangat kuat sampai akhir cerita One-Punch Man selesai. Tapi, jika momen kekalahan tersebut datang, bukan berarti OPM harus juga selesai dan kehilangan keunikan ceritanya. Ada cara lainnya yang tetap bisa dimunculkan tanpa kehilangan ciri khas dari ceritanya. Bagaimana menurut kalian Geeks?