GREENNSCENE.CO.ID – Star Wars: The Force Awakens pertama kali memperkenalkan ke para penggemar tentang adanya villain Star Wars baru bernama Kylo Ren. Kylo Ren sendiri adalah putra dari Han Solo dan Leia. Dalam salah satu adegan kunci dalam film tersebut, Kylo Ren digambarkan sebagai “Master of the Knights of Ren.” Hal itu memang sangat aneh, mengingat bahwa Knights of Ren memang benar-benar baru di cerita utama Star Wars (versi film).

Bertahun-tahun para penggemar Star Wars berspekulasi tentang siapa Knights of Ren itu, dan mengapa mereka layak disebut terhormat? Lucasfilm tampaknya enggan menjawab pertanyaan-pertanyaan ini, dan kemungkinan besar karena mereka belum mengambil keputusan tersebut. Namun dengan rilisnya film Star Wars: The Rise of Skywalker, maka itu menandai akhir dari trilogi sekuelnya, dan itu juga berarti akan mengakhiri berbagai misteri yang ada. Tapi yang mengherankan, Knights of Ren malah tak dijelaskan secara gamblang dalam filmnya dan malah terungkap dalam komik tie-in Star Wars.

Asal Usul Knights of Ren dan Ben Solo

Kisah dari Knights of Ren dimulai berabad-abad yang lalu, di pinggiran sebuah tempat yang masih belum diketahui namanya. Knights of Ren terbentuk dari orang-orang Force-sensitives (pengguna kekuatan the Force) dan hanya orang-orang Force-sensitives yang dapat bergabung dengan Knights of Ren, dengan syarat, ia harus membuktikan terlebih dahulu kesetiaan mereka dengan membunuh seseorang yang berarti baginya. Setelah terbentuk dengan sempurna, Knights of Ren terus beroperasi di bawah bayang-bayang selama berabad-abad dan mereka jauh lebih menunjukan jati diri mereka setelah jatuhnya Empire yang menyebabkan kekacauan dan keresahan di seluruh galaksi ketika sistem politik baru lahir. Knights of Ren lantas menjadi sangat berbahaya dan jahat di daerah tempat asal mereka, dan mereka bekerja untuk master mereka dan rela melakukan pekerjaan berbahaya.

Menurut Visual Dictionary dari Star Wars: The Rise of Skywalker, Ben Solo (Kylo Ren) adalah murid dari Luke Skywalker, tetapi ia diam-diam menjadi tertarik dengan dark side dari the Force. Hal tersebut membuatnya menjadi kaki tangan Snoke, di mana Snoke pernah menjadi pemimpin tertinggi dari First Order. Suatu malam di masa lalu, Luke Skywalker menyadari bahwa ada sisi gelap dari Ben Solo yang tumbuh di hatinya. Tanpa berpikir matang, Luke pun berupaya untuk membunuh Ben Solo walau upaya tersebut harus gagal. Setelah peristiwa tersebut Ben lantas melarikan diri dan menemukan Snoke. Snoke terus mendorong agar Ben Solo jatuh ke dark side dan setelah ia memutuskan bergabung ke dark side, Ben pun memutuskan mulai bergabung dengan Knights of Ren.

Para Anggota Knights of Ren

Visual Dictionary dari Star Wars: The Rise of Skywalker mengungkapkan bahwa semua anggota Knights of Ren adalah seorang Force-sensitive tetapi mereka berada di level kemampuan yang tergolong rendah. Anggota Knights of Ren saat ini adalah:

Vicrul: Vicrul menganggap dirinya sebagai penuai dan pencuri jiwa. Dari awal hidupnya, dia tumbuh sebagai dark side dengan segala langkah kelam yang telah ia ambil. Walau ia lebih senang bertarung dari jarak dekat, tetapi ia juga membawa sebuah pistol blaster yang disarungkan di pinggunya jika keadaan darurat.

Cardo: Cardo adalah seorang prajurit yang destruktif yang menggunakan meriam lengan besar serta alat penyembur api. Diantara kesemua anggota Knights of Ren, Cardo adalah salah satu anggota dengan daya hancur yang tinggi. Selain itu, dia adalah pelindung bagi Knights of Ren dan terobsesi dengan modifikasi senjata.

Ushar: Ushar mungkin dianggap yang paling kejam. Jika korbannya memohon belas kasihan, maka korbannya akan menerima kematian yang lambat dan menyakitkan dan begitupun sebaliknya. Senjata khasnya adalah sebuah senjata yang dapat melepaskan energi kinetic yang kuat.

Trudgen: Ia adalah sosok yang selalu mengumpulkan trophy setelah Knights of Ren berhasil mengalahkan lawan-lawannya, seperti mengambil helm dari tubuh Trooper yang telah mati ataupun mengambil senjata musuhnya yang ia anggap unik. Ia juga memiliki senjata khasnya yaitu Vibrocleaver yang kuat.

Kuruk: Kuruk adalah seorang penyendiri dan biasanya beroperasi sebagai pilot dari Knights of Ren. Tugas lainnya dalam tim tersebut adalah sebagai penembak jitu.

Ap’lek: Ia adalah seorang manipulator sekaligus seorang ahli dalam bidang strategi. Ia senang menggunakan asap untuk menyembunyikan pergerakannya kala pertempuran terjadi, dan ia menggunakan kekuatan the Force untuk mengintip melalui asap tersebut. Yang menarik adalah bahwa dia selalu membawa kapak Mandalorian kuno.

Ben Solo: Ben Solo merupakan pemimpin dari Knight of Ren setelah membuktikan bahwa dirinya layak sebagai seorang pemimpin. Ia lantas mengambil nama Kylo Ren sebagai simbol dari statusnya saat ini. Menurut Ultimate Star Wars New Edition, ia mengenakan helmnya dengan gaya tradisional dari Knights of Ren dan memadukannya dengan topeng terkenal kakeknya yaitu Darth Vader. Namun berbeda dengan anggota Knights of Ren lainnya, Kylo Ren tak memiliki tugas atau fungsi khusus (selain sebagai pemimpin).

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2

1
2
Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/