GREENSCENE.CO.ID – Geeks masih ingat dengan pertempuran besar di Marineford? Buat Geeks yang pernah tahu atau mengikuti cerita One Piece, pasti rasanya ingat dengan arc tersebut. Arc Marineford sempat menjadi arc story yang fenomenal dengan menghadirkan sebuah pertarungan besar berbagai pihak mulai dari Whitebeard dengan pasukannya, Luffy, Crocodile, pasukan revolusi, dan angkatan laut.

Dalam arc tersebut sejarah baru dimulai, dengan ditandai oleh tewasnya Whitebeard juga Ace. Di akhir pertempuran, muncul sosok yang tidak diduga yang sengaja datang ke Marineford untuk mengentikan pertempuran yang sudah mengakibatkan banyak korban luka. Dia adalah Shanks si rambut merah. Tapi, kemunculan Shanks di Marineford menjadi sebuah pertanyaan besar bagi para fans.

Ketika Shanks datang, para pasukan angkatan laut benar-benar sangat kaget. Pasalnya, menurut penuturan mereka Shanks beberapa hari sebelumnya diketahui sedang bertarung melawan Yonko lainnya yaitu Kaido. Dan tidak butuh waktu lama untuk Shanks tiba di Marineford dan menghentikan pertempuran tersebut. Tapi, sebenarnya pertarungan seperti apa yang mereka lakukan? Apakah semacam pertarungan biasa, pertarungan secara besar-besaran, pertempuran yang melibatkan pihak lainnya atau bagaimana?

Jika harus berspekulasi dari apa yang diungkapkan oleh angkatan laut, sepertinya pertarungan yang terjadi antara Kaido dan Shanks hanya sebuah pertarungan biasa saja (seperti Shanks yang bertarung melawan Whitebeard atau Roger melawan Whitebeard). Tidak disebutkan bila Shanks berhasil mengalahkan Kaido, hanya disebutkan bila mereka memang bertarung satu sama lain.

Para Yonko tentunya bukanlah seorang yang lemah, mereka adalah sosok yang sangat luar biasa kuat dan pertarungan diantara mereka pastinya akan berlangsung dengan sangat lama. Lalu, apa sebenarnya tujuan Kaido melakukan hal tersebut? tujuannya adalah mengincar kepala Whitebeard. Seperti yang diungkapkan oleh Crocodile, Whitebeard mengincar pemerintah dunia. Menghabisi Whitebeard tentunya akan menjadi kesempatan untuk mendapatkan popularitas.

Shanks sendiri sepertinya sedang melakukan hal yang sama, dan tidak sengaja bertemu dengan Kaido. Pertempuran diantara mereka pun akhirnya tidak terhindarkan. Jika memang Kaido kemudian berhasil mengalahkan Shanks, pertempuran mereka pasti akan berlangsung lama. Ketika pertarungan mereka selesai, Kaido akan melemah akibat pertarungan tersebut dan perselisihan antara Whitebeard dan angkatan laut juga sudah selesai.

Dengan menghubungkan semua faktor yang disebutkan di atas, tidak ada gunanya untuk bertarung melawan Shanks dalam waktu yang lama karena dia tidak mendapatkan apa-apa setelah mengalahkan Shanks. Seperti yang disebutkan di atas, tujuan utamanya adalah kepala dari Whitebeard bahkan Buggy pun mengincar hal yang sama.

Ada sebagian fans yang berpendapat bahwa Kaido bisa saja diajak bicara dan kemudian mundur, karena dia adalah karakter yang tidak terlalu menyukai peperangan atau konflik. Kaido berbeda dengan Whitebeard yang bisa diajak berdiskusi, jadi perbincangan antara Shanks dan Kaido sepertinya hanya bisa diselesaikan dengan otot.