GREENSCENE.CO.ID – Sutradara legendaris yaitu Terry Gilliam menjelaskan mengapa ia sangat membenci film superhero Marvel yang masuk nominasi Oscar yaitu Black Panther. Kembali di tahun 2018 lalu, Marvel merilis sebuah film berjudul Black Panther, di mana film tersebut berhasil meraup keuntungan 1,3 miliar dollar di seluruh dunia. Tetapi selain sukses dipasaran, film ini juga sukses mendapatkan review yang positif dan akhirnya film tersebut masuk ke nominasi Best Pictures di Academy Award.

Meskipun film Black Panther dapat disenangin oleh hampir semua kritikus film dan juga memainkan peran penting untuk memperkenalkan budaya yang lebih luas, tapi tidak semua orang terkesan dengan apa yang telah dicapai film tersebut. Saat Terry Gilliam melakukan sesi wawancara dengan Indiewire, mantan anggota Monty Python ini mengungkapkan bahwa film Black Panther curang dan benar-benar membawa pesan yang berbahaya.

“Aku benci Black Panther. Itu membuatku gila. Film ini memberi anak-anak berkulit hitam tentang suatu gambaran yang bisa dipercaya. Itu benar-benar omong kosong. Saya pikir orang-orang yang membuatnya belum pernah ke Afrika. Mereka pergi dan membeli stylist untuk beberapa kain dan barang-barang bermotif Afrika. Tapi saya hanya membenci film itu, sebagian karena media sedang membahas omong kosong itu.”

Pernyataan Gilliam tentang Black Panther datang di tengah kritik pedas dari berbagai sutradara terhadap film-film Marvel, yang dituduh mendominasi Hollywood dengan merugikan film-film kecil. Gilliam juga menyerang cerita dalam film-film Marvel, di mana ia menyebut bahwa film Marvel membuat “segalanya menjadi mungkin”. “Ini adalah keterbatasan yang membuat hidup lebih menarik. Oke, jadi setelanmu terbakar. Jadi Anda mendapatkan setelan lain karena Anda adalah Tony Stark. Itu tidak cukup. Mereka mendominasi begitu banyak.” Ungkap Gilliam

Tentu saja Gilliam tidak sendirian dalam membuat pernyataan tentang film-film Marvel. Sebelumnya sutradara legendaris Martin Scorsese beberapa waktu lalu mengatakan bahwa film Marvel bukan seperti film. Dan seperti Gilliam, Scorsese berpendapat bahwa film-film besar terlalu banyak menghisap udara di Hollywood dan memeras film-film kecil. Gilliam tentu saja memiliki kredibilitas di dunia film. Untuk seorang sutradara dengan ambisi besar seperti Gilliam, mungkin frustasi melihat begitu banyak uang yang digelontorkan untuk film-film di MCU, sementara dia harus mendapatkan anggaran yang jauh lebih kecil yang dapat membatasi apa yang ia ingin ia buat.