Siapa yang tidak kenal dengan Jiraiya, salah satu dari tiga legenda Konoha selain Tsunade dan Orochimaru. Karakter Jiraiya pertama kali diperkenalkan di series Naruto, dan dia digambarkan sebagai ninja yang hanya peduli dengan wanita, uang, dan mabuk-mabukan saja. Tapi, dibalik sikapnya yang tidak dewasa tersebut Jiraiya adalah sosok yang kuat dan peduli.

Naruto kemudian berlatih bersama Jiraiya selama beberapa waktu, dan dalam petualangannya tersebut Naruto membangun sebuah hubungan yang sangat dekat dengan Jiraiya. Secara tidak langsung, Naruto adalah penerus dari sang shinobi legendaris. Selain Rasengan, Naruto juga diajari berbagai macam hal lainnya seperti membuat kerja sama dengan hewan.

Sayangnya, Jiraiya merupakan salah satu karakter yang tewas dalam cerita Naruto dan sampai saat ini belum pernah dihidupkan kembali. Jiraiya tewas dalam pertarungannya melawan Pain, dan Naruto pun kemudian membalas dendam atas kematian Jiraiya. Saat ini, Naruto menjadi karakter kunci dalam series manga Boruto dimana Naruto sekarang menjadi Hokage ketujuh.

Tapi, kepemimpinan Naruto tidak semulus yang kita kira. Konoha diserang oleh sebuah grup teroris yang memiliki persenjataan dan teknologi canggih bernama Kara. Kelompok tersebut ternyata terhubung dengan klan Otsutsuki, dan mereka adalah ancaman terbesar yang dihadapi oleh Naruto. Salah satu anggota terkuat mereka adalah Kashin Koji. Karakter bertopeng ini sempat menyerang Boruto dan kawan-kawannya.

Tapi, fakta kemudian terungkap bahwa Koji sebenarnya adalah seorang agen ganda, dimana tujuannya masuk ke grup tersebut adalah untuk menghancurkannya dari dalam. Seperti yang dilakukan oleh Itachi kepada Akatsuki dalam cerita Naruto. Meskipun sangat sedikit informasi tentang Koji, banyak fans yang memprediksi bahwa dia adalah anak dari Jiraiya.

Petunjuk pertama adalah penampilannya. Koji memiliki rambut putih panjang yang mirip dengan rambut dari Jiraiya. Usia dari Koji juga dianggap tepat, karena diperkirakan usianya 5-10 tahun lebih tua dibandingkan Sasuke dan Naruto. Jiraiya sendiri dikenal sebagai ninja yang gemar mencari wanita, sehingga ada kemungkinan bila salah satu wanita tersebut mengandung anak Jiraiya.

Yang lebih meyakinkannya lagi adalah jurus serta berbagai gerakan dari Koji, terutama teknik untuk memanggil katak dan penggunaan Rasengan. Kedua tektik tersebut merupakan teknik andalan dari Jiraiya, yang diajarkan kepada Naruto. Koji juga dengan mudah menyusup ke dalam desa Konoha, yang bisa diartikan bahwa dia sepertinya sudah mengenal seluk beluk desa tersebut.

Tapi, teori tersebut kemudian dibantahkan dengan beberapa pertanyaan. Contohnya adalah Jika Koji adalah anak Jiraiya, mengapa Naruto ataupun Tsunade tidak mengetahui hal tersebut? dan mengapa Jiraiya bertindak seolah-olah Naruto adalah murid sekaligus penerus satu-satunya? Dengan adanya pertanyaan tersebut dan juga fakta bahwa Kara memiliki teknologi canggih, muncul teori lainnya.

Dalam teori tersebut, Koji bukanlah anak dari Jiraiya melainkan dialah Jiraiya yang kembali muda atau dibawa dari masa lalu atau dibangkitkan dari kematiannya. Kemungkinan lainnya adalah Koji merupakan adik dari Jiraiya, yang kemudian menjelaskan mengapa Jiraiya tidak pernah berbicara apapun tentang dirinya yang memiliki anak.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.