GREENSCENE.CO.ID – Franchise The Transformers merupakan salah satu franchise populer yang dimulai sejak era seri animasinya pada tahun 80an. Di era modern ini pun, franchise Transformer semakin besar dan populer dengan Michael Bay yang membuat beberapa film layar lebarnya. Bahkan, pada 2018 kemarin Paramount sempat merilis spinoff dari Transformer yaitu Bumblebee.

Selain The Transformers, franchise dari dekade 80an yang juga tidak kalah populer adalah The Terminator. Sejak pertama kali diperkenalkan oleh James Cameron, film The Terminator menjadi sebuah fenomena baru dalam industri Hollywood. Bahkan, Terminator menjadi bagian dari budaya pop yang masih bertahan sampai saat ini. Lalu, bagaimana bila kedua franchise besar tersebut bertemu?

Hal tersebut yang coba diwujudkan oleh IDW Publishing bekerja sama dengan Dark Horse Comics dalam proyek komik miniseries terbaru mereka, Transformers vs The Terminator. Miniseries tersebut terdiri dari empat buah komik yang akan ditulis oleh tim berisikan David Mariotte, John Barber, Alex Milne, dan Tom Waltz. IDW sendiri mendeskripsikan miniseri tersebut sebagai “sebuah crossover epik yang memperlihatkan kembali konsep invasi alien dan pasukan pemberontak penjelajah waktu…tapi mempertemukan mereka dalam sebuah cara yang diluar dugaan.

Dalam pernyataannya, John Barber yang merupakan kepala editor dari IDW Publishing menuturkan bahwa dia sangat senang dengan proyek crossover ini. “Aku masih ingat rasa takut dan juga teror yang aku rasakan ketika pertama kali menonton The Terminator, dan meskipun aku sudah menontonnya ratusan kali, filmnya tetap membuatku merasa ketakutan.

Barber juga menuturkan bahwa kesempatan untuk menggabungkan dua universe yang berbeda ini memberikannya kesempatan untuk mengetahui, siapa diantara kedua makhluk robotik tersebut yang akan menjadi juaranya. Menurutnya kesempatan ini sangat jarang terjadi. Volume pertama dari komik miniseri ini akan dirilis dengan gambar sampul yang bervariasi.

Selain berkolaborasi dengan The Terminator, sebelumnya juga sempat dikabarkan bahwa IDW Publishing membuat sebuah crossover yang sama antara Transformers dengan Ghostbusters. Menarik untuk dinantikan, bagaimana Decepticon dan juga Autobots harus bertarung melawan para robot jahat Terminator. Komik Transformers vs The Terminator akan mulai dirilis mulai Maret 2020 mendatang.