GREENSCENE.CO.ID – Cosmic Ghost Rider sudah berhasil secara penuh membuat Frank Castle sebagai seorang spirit of Vengeance penjelajah waktu yang berbeda dengan versinya yang dulu. Jika dulu Frank Castle merupakan sosok yang kaku dan dingin, Cosmic Ghost Rider membuat Frank Castle menjadi sosok karakter kosmik yang cukup menarik. Meskipun dia pada awalnya adalah The Punisher, namun Ghost Rider tersebut tetap memiliki emosional, memori, dan kesedihan yang sama dengan Frank Castle.

Karakter Cosmic Ghost Rider sendiri pertama kali muncul dalam cerita komik karya Donny Cates, Geoff Shaw, dan Dylan Burnett, yaitu series Thanos. Sejak pertama kali diperkenalkan di komik tersebut, versi masa depan dari Frank Castle itu sudah menjadi berbagai peran. Contohnya menjadi pembawa kabar atau Herald dari Galactus, tangan kanan dari Thanos, anggota dari Guardian of the Galaxy, dan sekarang dia sedang merencanakan untuk balas dendam.

Dalam komik Revenge of the Cosmic Ghost Rider #1, sang kosmik Ghost Rider mencoba untuk balas dendam kepada sekelompok alien yang mencoba untuk menangkapnya dan memenjarakannya. Namun, selain mencoba untuk membalas dendam kepada sekelompok alien kita juga diperlihatkan ketika Frank Castle kembali ke makam istrunya, untuk berpamitan yang terakhir kalinya.

Ketika kosmik Ghost Rider sedang berada di samping makam istrinya, dia kemudian bertemu dengan Frank Castle dari era sekarang. Setelah dijelaskan tentang apa yang terjadi, the Punisher kemudian mengatakan kepada kosmik Ghost Rider bahwa dia mendengar kabar tentangnya yang kabur bersama The Avengers dan akhirnya pertarungan diantara mereka pun tidak terelakan.

Peluru yang ditembakan oleh Frank Castle dari era sekarang ternyata melukai sang kosmik Ghost Rider, karena Frank sudah mempersiapkan dirinya dengan peluru Hellfire. Tapi, kosmik Ghost Rider akhirnya berhasil mengalahkan Frank Castle dari masa sekarang dengan sebuah ledakan kosmik, tapi Frank sendiri berhasil menusuk dirinya versi masa depan dengan sebuah pisau yang dilapisi oleh vibranium dan adamantium.

Frank Castle dari masa depan kemudian bertanya kepada Frank Castle versi sekarang, tentang apa yang membuatnya melakukan serangan tersebut. Castle dari masa sekarang kemudian menjawab dengan bertanya bagaimana bisa Frank Castle dari masa depan yang mampu berpetualang dengan waktu dan sebagai seorang penjelajah waktu tidak kembali ke masa lalu dan menyelamatkan keluarganya?

Cosmic Ghost Rider kemudian menurunkan Frank Castle, yang sebelumnya mencekik dan mengangkat Frank dari era sekarang, dan kemudian beranjak pergi. Frank Castle dari era sekarang terus mempertanyakan alasan mengapa dia tidak kembali untuk sesuatu yang sudah jelas akan terjadi. Namun, Cosmic Ghost Rider kemudian menjawab bahwa “… karena kita juga patut untuk dihukum.”

Sebenarnya, Frank pernah mencoba hal tersebut dalam komik Cosmic Ghost Rider Destroys the Marvel Universe. Frank mencoba untuk kembali menulis ulang sejarah yang terjadi demi menyelamatkan keluarganya. Namun, sayangnya Uatu the Watcher tetap memastikan keluarga Frank tetap mati dan usaha Cosmic Ghost Rider tersebut pun gagal.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.