GREENSCENE.CO.ID – Sudah sejak lama spekulasi tentang kemunculan organisasi Sentient  World Observation and Response Department (SWORD) akan muncul di MCU. Kemudian spekulasi tersebut semakin diperkuat dalam adegan post-credit scene Spider-Man: Far From Home, dimana Nick Fury beserta para Skrulls bekerja sama untuk membangun sebuah organisasi yang berbasis di luar angkasa. Dan dugaan yang paling mendekati adalah SWORD.

Spekulasi tersebut kemudian dikonfirmasi (meskipun secara tidak langsung) melalui foto bocoran dari set lokasi pengambilan gambar TV series WandaVision, dimana dalam foto bocoran tersebut kita bisa melihat logo dan gedung SWORD. Masih belum diketahui, apakah SWORD memang akan muncul dalam WandaVision, tapi yang pasti mereka akan muncul di MCU.

SWORD Berurusan Dengan Makhluk Luar Angkasa

Organisasi SWORD pertama kali dibuat oleh Joss Whedon dalam komik Astonishing X-Men. Pada dasarnya, sistem kerja SWORD hampir mirip dengan SHIELD. Yang membedakannya adalah jangkauan dan juga level ancaman yang mereka hadapi. Bila SHIELD hanya berurusan dengan ancaman dari makhluk bumi atau domestik, SWORD menangani berbagai ancaman level kosmik.

Level kerahasiaan dari SWORD juga jauh lebih tinggi dibandingkan SHIELD. Mereka beroperasi secara diam-diam, mengawasi seluruh dunia dan planet yang ada untuk berbagai ancaman yang muncul, dan menjadi perwakilan bumi dalam urusan diplomatik antar galaksi. Karena ada banyak sekali ras alien di luar sana yang bisa melukai dan menghancurkan bumi, SWORD berusaha untuk tidak terlalu perduli dengan masalah moral dan lebih kepada pendekatan pragmatis.

Dalam komiknya, SWORD dipimpin oleh Abigail Brand, seorang wanita yang memiliki campuran gen mutan dalam tubuhnya. Dia memimpin SWORD dari sebuah kapal luar angkasa, dan dia pun secara hati-hati menempatkan agen-agennya di kelompok superhero yang dicurigai memiliki hubungan dengan makhluk luar angkasa. Contohnya adalah Lockheed, yang mengawasi aktifitas X-Men dan melaporkannya kepada Brand.

Markas dari SWORD disebut sebagai the Peak, yaitu sebuah satelit yang mengorbit di luar jalur bumi dan menjadi pertahanan pertama ketika menghadapi serangan alien. The Peak digambarkan hancur dalam event Secret Invasion pada 2008, namun kemudian pemerintah di dunia berhasil mengumpulkan dana dan sumber daya untuk membangun kembali The Peak.

SWORD Digantikan Alpha Flight

Terakhir kali SWORD muncul di cerita komik adalah dalam event Secret Wars yang terjadi pada 2015 silam, dan sejak saat itu SWORD belum lagi muncul. Marvel Comics kemudian memperkenalkan program serupa yang bernama Alpha Flight Space Program, yang dijalankan oleh Captain Marvel. Markas mereka juga berada di luar angkasa, tepatnya di atas satelit milik SHIELD, Triskellion.

Captain Marvel sendiri sebenarnya merupakan salah satu orang yang sering melapor kpada Brand. Alpha Flight memiliki sisterm kerja yang berbeda dari SWORD, dimana Carol Danvers menunjuk beberapa superhero untuk ikut bergabung dalam peperangan di galaksi. Sedangkan SWORD, lebih berfungsi sebagai sebuah organisasi pengawasan dan pertahanan.

Anggota Penting SWORD

Karakter kunci dari organisasi SWORD dalam cerita komik adalah Abigail Brand. Dia dipilih sebagai pemimpin SWORD, karena pengetahuannya tentang berbagai hubungan antar galaksi, meskipun sebenarnya PBB sendiri tidak menyadari bahwa Brand sebenarnya adalah seorang mutan. Brand terkadang juga memberikan informasi secara diam-diam kepada Cyclops, ketika dia membutuhkannya. Begitu juga sebaliknya.

Informan terbaik Brand adalah Lockheed dan mantan kekasihnya, Beast. Untuk masalah strategi dan taktik, dia mendapatkan bantuan dan nasihat dari Sydren yang merupakan alien dari planet Drenx. Karakter kunci lainnya adalah K’eel R’kt, Skrull yang ahli dalam bidang ilmu pengetahuan dan berusaha untuk melindungi bumi sekuat tenaganya. Brand juga memiliki informan di tubuh Avengers, yaitu Jessica Drew.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2