GREENSCENE.CO.ID – Pada tahun 2014 lalu, Marvel Studios berhasil menarik perhatian dunia ketika mereka mengumumkan berbagai judul film dari rencana lima tahun mereka. Namun saat ini, studio lebih tertutup akan berbagai rencana mereka di masa depan. Akibatnya banyak orang yang penasaran tentang rencana apa yang akan mereka hadirkan selama tiga tahun ke depan.

Mungkin petunjuk yang paling penting diberikan oleh CEO Disney yaitu Bob Iger ketika ia menyebut “Kita akan mencoba apa yang saya sebut franchise baru di luar Avengers.” Apa yang diungkapkan oleh Bob Iger memberikan kesan betapa ambisiusnya rencana Marvel sebenarnya. Mereka tak hanya menyiapkan Avengers 5 aja, tetapi mereka berencana untuk meluncurkan franchise baru yang mereka harapkan akan sama besarnya dengan Avengers.

Ada spekulasi yang menyebut bahwa Marvel akan membentuk tim superhero kosmik baru yang disebut Ultimate, sementara kemungkinan lain adalah bahwa Marvel akan menghadirkan sekelompok supervillain yang disebut Thunderbolt. Tetapi dengan informasi yang masih disembunyikan, kita sekarang bisa merasakan bahwa MCU bergerak ke arah supernatural. Dengan demikian, tidak sulit membayangkan bahwa Marvel Studios mengambil resiko dengan memperkenalkan sebuah kelompok yang kurang terkenal dari komik bernama Midnight Sons.

Marvel Mengikuti Formula Film Avengers

MCU telah terbukti mendulang kesuksesan luar biasa yang belum pernah terjadi sebelumnya. Kuncinya adalah bahwa Marvel mengambil pendekatan yang lambat untuk membangun universe mereka agar saling berhubungan. Mereka lebih dulu membangun  individu atau karakter secara sendiri-sendiri sebelum menyatukannya dalam crossover besar di film The Avengers. Di tahun 2011 lalu, sebenarnya MCU mulai memperkenalkan dunia sihir, di mana dalam film Thor memiliki salah satu adegan kunci di mana Thor Odinson mengutip pepatah Arthur C. Clarke bahwa teknologi yang cukup maju akan terlihat seperti sihir. Marvel lantas semakin gencar memperkenalkan sihir lewat film Thor: The Dark World dan Doctor Strange di mana dunia sihir benar-benar diperkenalkan secara gamblang.

Para Masters of the Mystic Arts telah terbukti menjadi kekuatan yang kuat, dan mustahil untuk membayangkan para Avengers original dapat menang di Avengers: Endgame tanpa bantuan kekuatan Sling Rings mereka yang dapat membawa seluruh pasukan di Bumi untuk melawan Thanos. Film Doctor Strange juga membuktikan kepada dunia bahwa para penonton siap untuk menerima dunia sihir di MCU, dan semua bukti menunjukan bahwa Marvel Studios sedang membangun gelombang baru dari berbagai karakter mistis. Tahun depan kita akan diperkenalkan oleh karakter yang diperankan oleh Kit Harington yaitu Black Knight yang merupakan pengguna dari senjata legendaris Ebony Blade.

Sementara itu Presiden Marvel Studios yaitu Kevin Feige telah mengumumkan bahwa Mahershala Ali akan memerankan karakter Blade di MCU, dan mereka juga akan membuat serial Moon Knight untuk layar televisi sebelum akhirnya membawa karakter tersebut muncul di layar lebar. Bahkan ada rumor jika Marvel sedang mengembangkan ide untuk memasukan Ghost Rider. Jika melihat pola tersebut, berbagai karakter tadi berhubungan dengan dunia supernatural. Karakter tersebut kemungkinan besar akan menjadi pengganti Avengers.

Siapa Itu Midnight Sons?

Kembali pada tahun 1992, Marvel Comics berusaha untuk mengubah citra dari buku-buku supranatural mereka di bawah nama Midnight sons. Itu adalah upaya mereka untuk menarik berbagai judul supranatural tersebut agar bisa berbaur dengan cerita X-Men dan Avengers. Marvel menyebutkan bahwa Midnight Sons akan memiliki kontinuitas yang lebih kuat dan menjadikannya sebagai sub bagian dari Marvel Universe. Tentu, tak butuh waktu lama agar berbagai superhero dapat bergabung dengan Midnight Sons dan tim itu kemudian menjadi tim informal.

Midnight Sons dianggap sebagai Avengers versi supernatural Marvel dan mereka secara spontan berkumpul bersama setiap kali ada ancaman mistis yang tak bisa dihentikan oleh Doctor Strange. Semuanya berawal ketika Danny Ketch dan Johnny Blaze mendapatkan sebuah penglihatan tentang suatu malapetaka yang akan datang. Mereka mengetahui bahwa Bumi akan mendapat serangan dari seorang malaikat jahat, Lilith. Mereka pun akhirnya bekerja sama beberapa kali sejak itu dan yang paling baru adalah saat event Damnation tahun 2018, ketika Doctor Strange tanpa sadar memberi kesempatan bagi Mephisto untuk mendatangi Bumi. Yang harus dicatat bahwa menjadi bagian dari tim Midnight Sons sangat berbahaya, karena mereka yang tergabung disana memiliki risiko kematian yang lebih tinggi ketimbang Avengers.

Dapatkah Mengalahkan Nama Besar Avengers?

Jika dihadapkan secara langsung, Midnight Sons memang kurang dikenal dan akan kalah pamor dengan Avengers. Tetapi Marvel Studios memiliki sejarah yang baik untuk mengubah pahlawan yang tidak populer sebelumnya menjadi sangat populer. Contohnya adalah saat Marvel Studios berhasil membawa Guardians of the Galaxy menjadi nama yang sangat beken. Bagaimana tidak? Grup ini sebenarnya tak memiliki kemampuan super yang “Wah” dan hanya berisikan karakter-karakter aneh seperti pohon yang dapat berjalan (Groot) dan rakun yang dapat berbicara (Racoon). Jadi Marvel tentunya bisa membesarkan nama Midnight Sons.

Tetapi jika terwujud, Midnight Sons akan menjadi franchise yang agak berbeda. Marvel Studios terkenal dengan film-film yang ramah dengan keluarga. Ini berarti pihak studio sepertinya tak akan mendekati tema-tema yang gelap seperti film Logan dan Joker. Tetapi Midnight Sons juga akan memberi Marvel kesempatan untuk beralih dari film-film yang biasanya berbudget besar ke film-film berbudget kecil atau bahkan Marvel Studios akan beralih memasukan film R-Rated ke jajaran film mereka.

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/