GREENSCENE.CO.ID – Tahun 2019 menjadi tahun yang fantastis bagi DC Film dan Warner Bros. karena mereka berhasil merilis dua film yang mampu diterima dengan baik oleh banyak kalangan. Bukan hanya itu, kedua filmnya juga berhasil mendapatkan keuntungan besar khususnya film Joker, yang berhasil meraih banyak penghargaan. Melihat momentum ini, WB tentunya memiliki asa untuk tetap mempertahankannya.

Tapi, sepertinya tahun 2020 akan dibuka dengan sedikit kekecewaan bagi WB. Pasalnya, menurut laporan dari Box Office Pro, film Birds of Prey yang disebut-sebut merupakan spinoff dari Suicide Squad tersebut akan memiliki pemasukan di awal pemutaran yang tidak terlalu besar antara USD 40-60 juta di Amerika. Bisa jadi, film ini akan menerima pemasukan yang sangat sedikit dalam tiga hari pertamanya, selain Shazam! yang mendapatkan USD 53.5 juta.

Meskipun ada kesempatan Birds of Prey akan menerima pemasukan yang sedikit lebih besar, namun hal tersebut tidak akan lebih dari pemasukan Aquaman di awal penayangan perdana yang mendapatkan USD 67.9 juta. Ada beberapa faktor yang menjadi dasar prediksi tersebut. pertama adalah filmnya tidak mendapatkan perhatian yang besar di media sosial. Berbeda dengan film Joker atau Aquaman.

Birds of Prey sendiri berisi karakter yang kurang begitu populer untuk sebagian besar kalangan, yang semakin memperkecil hype dari proyek tersebut (terlepas dari berbagai marketing filmnya yang berfokus kepada Harley Quinn). Tidak adanya teaser trailer yang memberikan gambaran akan seperti apa filmnya nanti, juga menjadi salah satu faktor yang berpengaruh. Jadi, bisa dipahami bila Birds of Prey diprediksi tidak akan mendapatkan pemasukan yang besar di awal penayangannya.

Tapi, sisi baiknya adalah film ini memiliki ongkos produksi yang paling murah dibanding film DCEU lainnya yaitu sekitar USD 75-85 juta. Jadi, meskipun pemasukannya nanti tidak terlalu besar dibandingkan dengan Shazam atau Aquaman, WB masih tetap memiliki keuntungan. Mungkin bila trailer Birds of Prey dirilis dalam beberapa waktu kedepan, pembicaraan dan hype dari Birds of Prey bisa saja muncul.