Banyak teori yang muncul di kalangan para fans tentang kekuatan asli dari Roger, contohnya adalah Roger merupakan seorang pemakan buah iblis. Dalam salah satu teori tersebut disebutkan jika Roger merupakan seorang pemakan buah iblis yang memiliki kekuatan dalam mengendalikan cuaca. Contoh kekuatannya ditunjukan dalam perang besar Edd War, dimana pasukan Roger menang melawan pasukan Shiki karena perubahan cuaca.

Tapi, tentunya para fans masih harus menunggu konfirmasi Oda sensei mengenai hal tersebut. Teori lainnya menyebutkan bahwa Roger tidak memiliki kekuatan buah iblis, melainkan kekuatan Haki yang dahsyat. Berbicara masalah Haki yang dimiliki Roger, hal ini sudah sering muncul dalam cerita manganya yang menyebutkan bahwa Roger memiliki Haki kepemimpinan yang sangat kuat.

Mungkin bisa jadi hal tersebut ada benarnya, dan hal tersebut dibuktikan di chapter 965 kemarin. Pada umumnya, kekuatan Haki kepemimpinan bisa membuat orang pingsan dan tidak sadarkan diri. Banyak contoh tentang bukti kekuatan Haki kepemimpinan ini, pertama adalah ketika Shanks yang membuat pingsan sebagian kru bajak laut Whitebeard. Kemudian ketika Rayleigh membuat pingsan seluruh pengunjung pelelangan manusia ikan.

Yang paling epik adalah ketika Luffy secara tidak sadar menggunakan Haki tersebut untuk mencegah algojo dari angkatan laut mengeksekusi Ace. Sebuah kesimpulan yang bisa ditarik dari apa yang sudah ditampilkan tentang Haki kepemimpinan adalah orang yang terkena efeknya akan tidak sadarkan diri. Selain itu, jangkauan areanya pun terbatas.

Namun, hal menarik diperlihatkan di akhir cerita chapter 965 kemarin dimana kita melihat bagaimana ikan-ikan di lautan nampak ketakutan dan tidak tenang, kemudian Hiyori dan Momonosuke pun menangis dan ketakutan, juga semua hewan yang ada di sebuah pulau tempat Roger dan krunya kabur mencoba untuk meninggalkan pulau.

Hal tersebut kemudian memunculkan sebuah spekulasi bahwa ada kekuatan yang sangat kuat sehingga semua hewan, bahkan manusia, merasa ketakutan yaitu Haki kepemimpinan atau Haki Kebunshoku. Tapi, yang mencuri perhatian adalah efek dari Haki tersebut. Dengan apa yang terjadi kepada hewan dan manusia bisa dipastikan level kekuatan Haki Roger tidaklah sembarangan.

Jangkauan Haki tersebut juga sangat jauh, bahkan efek dari Haki milik Roger sudah terasa dari jarak jauh sebelum Whitebeard tiba di pulau tersebut. Rayleigh yang merupakan tangan kanan Roger, rasanya tidak mungkin memiliki efek kekuatan Haki yang sebesar itu. Efek akumulasi Haki pun rasanya tidak mungkin akan seperti itu.

Sehingga kesimpulannya hanya satu, Haki kepemimpinan Gol D. Roger berada di atas rata-rata karakter lainnya. Luffy bisa jadi kandidat terkuat untuk menggantikan posisi Roger untuk memiliki kekuatan Haki kepemimpinan terkuat. Pasalnya, nasib atau takdir yang dialami oleh Luffy mirip dengan apa yang dialami oleh Roger. Contohnya adalah ketika Luffy belajar mengenai Ryou di Wano oleh Hyougoro.

Hyougoro seperti yang kita ketahui merupakan orang yang pernah melatih Roger kekuatan yang sama dengan milik Luffy. Mungkin, bisa jadi yang membedakan kekuatan Haki Luffy dan Roger adalah Roger tidak bisa melihat masa depan seperti yang dimiliki oleh Luffy. Bisa jadi karena lawan yang dihadapi oleh Roger tidak sekuat seperti saat ini.

Seperti dalam pembahasan di artikel sebelumnya, kekuatan Haki Luffy yang bisa melihat ke masa depan merupakan buah dari pertarungannya melawan katakuri. Di artikel tersebut juga disebutkan bahwa kekuatan Haki akan semakin bertambah kuat dan dahsyat seiring dengan musuh yang dilawan. Semakin kuat lawannya, semakin berkembang juga Hakinya.

Bisa jadi, musuh yang dihadapi oleh Roger berada di level kekuatan yang berbeda dengan Luffy. Di Era Roger, kekuatan fisik benar-benar menjadi tumpuan utama dalam sebuah pertarungan. Tapi, di era Luffy selain kekuatan fisik, kecepatan, kelincahan, dan juga kecerdasan dalam bertarung menjadi faktor lainnya. Tapi, bukan berarti Roger lemah dalam hal tersebut hanya saja mungkin levelnya berbeda. Jadi, untuk saat ini bisa disimpulkan bila Roger adalah pengguna Haki terkuat di One Piece.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.