GREENSCENE.CO.ID – Setelah minggu kemarin chapter 964 tidak terbit karena break, cerita One Piece untuk chapter 965 ini benar-benar memberikan sesuatu yang luar biasa kepada para fans. Di chapter yang lalu, kita melihat bagaimana  Oden pada akhirnya berusaha untuk mewujudkan mimpinya menjadi seorang bajak laut sekaligus keluar dari Wano. Berkat kedatangan Whitebeard, akhirnya mimpi tersebut menjadi kenyataan. Lalu, apa yang terjadi di chapter 965 ini?

Kelahiran Momonosuke dan Hiyori

Chapter 965 dibuka dengan cerita tentang Toki. Seperti yang kita ketahui, Toki sangat ingin pergi ke Wano. Ternyata Wano merupakan kampung halaman orang tuanya. Tapi, ketika ditanya tentang dimana dia lahir oleh Oden, Toki kemudian menjawab bahwa  tidak mengetahui dimana dia lahir. Yang menarik adalah Toki ternyata tidak keberatan bila tidak kembali ke Wano, asalkan dia tetap bersama Oden.

Seiring berjalannya waktu, hubungan Oden dan Toki semakin dekat. Akhirnya dua tahun setelah Oden berlayar, anak dari hubungannya bersama Toki pun muncul. Dia adalah Kozuki Momonosuke. Tapi, ternyata Momonosuke bukanlah satu-satunyaanak dari Oden. Dua tahun kemudian, Toki kembali melahirkan seorang anak. Kali ini anak perempuan, dan diberi nama Kozuki Hiyori.

Oden Tidak Tahu Mengenai Wano

Kemudian bergeser ke cerita dimana Whitebeard kabur dari kejaran angkatan laut. Oden merasa aneh karena White Beard tidak melawan mereka. Oden kemudian dijelaskan, bahwa bertarung melawan organisasi pemerintah seperti angkatan laut akan berakibat buruk. Bukannya berhenti, mereka justru akan bertambah banyak dan situasi akan semakin rumit.

Kita kemudian mengetahui untuk pertama kali bahwa Wano berada di luar sepengetahuan pemerintah dunia ketika Nekomamushi merasa bahwa koran yang selalu dia baca tidak pernah memuat kabar tentang Wano. Inuarashi kemudian menjelaskan jika negara yang memang berada di luar jangkauan pemerintah, seperti Zou, memang tidak akan pernah diketahui informasinya.

Izo sendiri khawatir dengan kondisi Oden dan keluarganya, karena sang tuan kini memiliki nilai buruan. Hal ini tentunya berbahaya bagi keluarga kecilnya. Tapi, Oden dan Toki sendiri tidak mempermasalahkan hal tersebut dan mereka bertekad untuk terus berlayar bersama White Beard. Bahkan, Oden pun dipercaya untuk memimpin divisi 2 dari kru bajak lautnya.

Bergabungnya Teach

Marshall D. Teach dulunya adalah bagian dari kru White Beard. Tapi, dia kemudian membunuh rekannya, Thatch, dan menjadi buronan bajak laut White Beard. Di chapter ini, kita akhirnya tahu bagaimana dia bergabung bersama mereka. Ternyata Teach merupakan seorang yatim piatu, yang tidak memiliki tujuan. Akhirnya dia meminta kepada White Beard untuk menerimanya menjadi anak buahnya. Kru bajak laut White Beard pun semakin besar dan kuat.

Konspirasi Klan Kurozumi

Cerita tentang bagaimana Kurozumi Orochi bisa menjadi Shogun atau pemimpin Wano memang masih menjadi misteri. Namun, akhirnya kita mengetahui sejarahnya. Di chapter ini diperlihatkan bahwa Orochi “diramalkan” akan menjadi Shogun, bila tidak ada Kozuki Sukiyaki. Hal ini diketahui berdasarkan seorang penyihir tua yang memiliki kemampuan buah iblis Mane Mane no Mi.

Menurut cerita sang nenek tua peramal tersebut, dahulu di Wano terdapat lima keluarga terpandang yaitu Shimotsuki, Kurozumi, Kozuki, Uzuki, Amatsuki, dan Fuugetsu. Pada saat itu, sempat muncul perdebatan siapa yang akan melanjutkan tahta Shogun Wano setelah keluarga Kozuki. Kakek dari Orochi sudah mempersiapkan semuanya, agar keluarganya jadi penerus tahta Wano.

Yang mengejutkan adalah dia membunuh satu persatu klan lainnya dengan racun. Tapi, sebelum rencana tersebut selesai dengan sempurna ternyata klan Kozuki kedatangan anggota keluarga baru yaitu Sukiyaki. Rencana yang disusun oleh klan Kurozumi pun diketahui oleh klan Kozuki, dan kakeknya dipaksa untuk seppuku. Oleh karena itu, sang penyihir tua tersebut mengatakan bahwa kakek Orochi “dibunuh” oleh klan Kozuki.

Rencana Balas Dendam Orochi

Akhirnya Orochi pun berencana untuk balas dendam kepada keluarga Kozuki. Sesuai intruksi dari sang penyihir tua, Orochi mengumpulkan sebanyak mungkin emas untuk membuat senjata. Dia juga menggunakan emas tersebut untuk mencari kekuatan lainnya. Oleh karena itulah dia mulai mencari emas dengan bekerja di kastil Hakumai dan mencuri emas disana. Dia juga kerja di kastil Kuri milik Oden, dan terus menerus meminjam emasnya.

Tanpa disadari oleh orang-orang yang ada di kastil Flower City, penyihir tua tersebut menyamar menjadi Oden dan mengatakan untuk memberikan pekerjaan kepada Orochi. Bahkan Oden palsu tersebut menyebut bahwa Orochi sudah dianggap sebagai adiknya sendiri. Hal itu ternyata merupakan bagian dari rencana balas dendam yang dilakukan oleh Orochi.

Sukiyaki sendiri mengumpulkan para Daimyo untuk menunjuk orang selanjutnya yang akan memerintah Wano. Sukiyaki menuturkan bahwa dia ingin Oden yang menjadi penerusnya, namun karena Oden sedang tidak ada di Wano dia pun butuh orang yang mewakili jabatan tersebut sampai Oden kembali. Akhirnya Sukiyaki memutuskan untuk menunjuk Orochi, yang dengan senang hati menerima hal tersebut. Bahkan, dia menuturkan bahwa dia ingin membalas budi atas kemurahan hati klan Kozuki dan ingin membersihkan nama keluarga Kurozumi.

Yang tidak diketahui adalah Sukiyaki yang menunjukan Orochi sebagai perwakian Oden kemungkinan adalah penyihir tua yang menyamar menjadi Sukiyaki. Hal ini diketahui dari bagaimana dia tertawa. Akhirnya kabar meninggalnya Sukiyaki pun tersebar ke seluruh Wano, juga kabar mengenai Orochi menjadi penerus Sukiyaki untuk sementara.

Roger vs White Beard

Empat tahun setelah Oden pergi dari Wano, kita diperlihatkan Roger yang menghabisi pasukan angkatan laut yang mencoba untuk mengejar mereka. Namun, Roger merasa kekuatan pasukan angkatan laut yang dikirim sangat lemah dan dia minta untuk bertemu dengan Sengoku atau Garp. Setelah pertarungan “mudah” tersebut selesai, Buggy mengabarkan bahwa ada kapal White Beard yang bersandar di pulau yang sama dimana Roger berada.

Sebenarnya Roger, Rayleigh, dan yang lainnya merasa kelelahan dengan setelah bertarung melawan angkatan laut. Tapi, Roger yang sudah pasrah dengan keadannya yang juga sedang sakit parah akhirnya mau tidak mau harus bersiap menghadapi kekuatan White Beard. Apakah pertarungan keduanya akhirnya akan terjadi?