GREENSCENE.CO.ID – Setelah lama dinantikan, akhirnya Warner Bros. secara resmi merilis trailer perdana untuk film Wonder Woman 1984. Berdasarkan reaksi awal yang dimunculkan para fans di akun Youtube DC, banyak para fans yang senang dengan trailernya. Dengan sentuhan 80an mulai dari musik, tone, warna, ambience, dan juga penampilannya, wajar jika para fans menyukai trailer filmnya.

Memang tidak terlalu banyak petunjuk yang bisa ditampilkan dari filmnya, mengingat ini baru materi promosi pertama. Segala hal yang berhubungan dengan ceritanya masih menjadi sebuah misteri, termasuk bagaimana caranya Steve Trevor bisa kembali hidup, yang mana hal itu merupakan salah satu poin fundamental dalam cerita. Berikut adalah beberapa hal yang diketahui dari teaser Wonder Woman.

Persahabatan Diana dan Cheetah

Trailer Wonder Woman 1984 dibuka dengan sebuah adegan ketika Diana berbincang-bincang dengan sahabatnya, Barbara Minerva, wanita yang kelak akan menjadi seorang supervillain Cheetah. Gambaran adegan ini sebenarnya diambil dari salah satu adegan dalam komik terbaru karya Greg Rucka, dimana diungkapkan bahwa Barbara merupakan teman dekat Diana sebelum akhirnya dia menjadi villain.

Kedua wanita ini berbicara banyak hal, seperti percintaan dan bagaimana kehidupan yang telah mereka jalani. Tapi, bagaimana mereka menanggapi hal tersebut sangat kontras. Dalam adegannya, kita melihat bagaimana Diana tidak bisa melupakan sosok Steve yang pernah dia cintai. Bahkan, dia masih merasakan kehilangan yang sangat mendalam.

Rencana Jahat Maxwell Lord

Meskipun Cheetah disebut-sebut akan menjadi villain utama dalam filmnya, tapi seperti dalam laporan sebelumnya dan dalam trailernya, Cheetah bukanlah satu-satunya villain. Ada juga sosok pengusaha jahat, Maxwell Lord, yang karakternya diperankan oleh Pedro Pascal. Dalam komiknya, Lord merupakan anak seorang pengusaha kaya raya, yang kemudian terpengaruh oleh kematian ayahnya. Dia percaya bahwa kekuatan adalah hal paling penting di dunia ini.

Tapi, versi DCEU sepertinya ada sedikit penyesuaian. Dalam filmnya nanti, Lord mungkin tidak akan begitu terfokus pada segi kekuatan melainkan pada kapitalisme itu sendiri, dan buktinya adalah dia mengiklankan dirinya di TV seperti yang ditampilkan dalam adegan ketika berada di sebuah mall. Masih belum diketahui apa yang dia tawarkan di filmnya, tapi yang pasti trailernya memperlihatkan jika Lord memiliki rencana jahat.

Wonder Woman Merusak Kamera Pengawas

Salah satu adegan di trailernya yang cukup menarik adalah ketika Diana menggunakan  mahkota miliknya untuk merusak kamera pengawas di mall. Mungkin Geeks awalnya menyangka jika adegan ini sebenarnya biasa saja, tidak ada yang aneh. Tapi, ini merupakan salah satu adegan yang signifikan. Adegan ini kemungkinan diambil dari buku yang ditulis oleh George Orwell, 1984.

Dalam buku yang dirilis pada 1949 tersebut menggambarkan masa depan yang tepatnya berada di tahun 1984, menggambarkan dunia yang menjadi korban peperangan yang dibuat manusia, dan kemudian membuat pemerintah akhirnya mengawasi seluruh gerak-gerik warganya. Adegan ini menjadi petunjuk pertama bahwa Diana sedang diawasi oleh pemerintah, dan dia berusaha untuk keluar dari pengawasan tersebut. Fakta menarik dari adegan ini, pada tahun 1980an memang pemerintah Amerika memasang kamera pengawas terutama di area publik seperti mall.

“Coba Pikirkan Bagaimana Bila Kita Bisa Mendapatkan Apapun yang Kita Inginkan”

Dalam salah satu narasi yang diucapkan oleh Maxwell Lord, membuat banyak orang penasaran. Kalimatnya adalah “Coba Pikirkan Bagaimana Bila Kita Bisa Mendapatkan Apapun yang Kita Inginkan.” Adegan tersebut sambil juga diiringi oleh gambar Diana yang sedang memandangi langit dan pesawat terbang, sedangkan Barbara berada di sebuah laboratorium.

Geeks mungkin menyadari adegan ini dari komik karya Rucka, dimana Barbara cemburu dengan semua pencapaian dari Diana. Sebuah laporan pada Juni kemarin memberikan petunjuk bahwa filmnya akan mengadaptasi arc yang sama dalam komik tersebut. Disinilah kemudian awal mula Barbara berubah menjadi Cheetah.

Kembalinya Sosok Steve Trevor Yang Misterius

Yang paling menyita perhatian banyak fans adalah kembalinya Steve Trevor di film Wonder Woman 1984, padahal dia sudah tewas di film pertamanya. Ada kemungkinan jika kekuatan yang dimiliki oleh Maxwell Lord yang kemudian telah mengembalikan Steve kembali hidup. Kemunculan kembali sosok Steve benar-benar membuat Diana sangat terkejut.

Sebuah catatan menarik dari adegan ini adalah pertemuan kembali antara Steve dan Diana terjadi di sebuah acara yang formal yang sedang didatangi oleh Diana dan kemungkinan Diana sedang dalam misi penyamaran. Pertanyaannya kemudian bukan hanya bagaimana Steve bisa kembali hidup, tapi juga mengapa dia bisa muncul di lokasi tertentu.

Brother Eye

Adegan selanjutnya dalam trailer ini merupakan yang paling krusial, karena adegannya mengkonfirmasi bahwa filmnya diadaptasi dari cerita yang populer dari Maxwell Lord. Ketika Lord menghadap ke langit dan ada cahaya biru yang menyinari tubuhnya, kemungkinan sinar tersebut berasal dari sebuah satelit raksasa bernama Brother Eye.

Dalam komiknya, satelit raksasa tersebut dibangun oleh Batman sendiri demi mengawasi seluruh planet yang ada di alam semesta ini. Satelit ini juga mampu mengendalikan berbagai pahlawan siberkinetik (robot), dan mengendalikan keinginan mereka. Dengan bantuan Lord, Brother Eye kemudian dikembangkan menjadi sebuah alat yang disebut OMACs- One Man Army Corps. nanobots yang akan masuk ke dalam tubuh laki-laki ataupun perempuan dan kemudian merubahnya menjadi OMACs, pasukan kuat yang bahkan mampu bertarung melawan Superman dan Green Lantern.

Steve dan Diana Mengendarai Invisible Jet

Sudah ada rumor yang berkembang sejak lama tentang film ini, bahwa kita akan diperkenalkan dengan invisible jet atau jet yang tidak kasat mata milik Diana. Dan sepertinya teori tersebut terbukti benar seperti yang diperlihatkan dalam trailernya, ketika Steve dan Diana berada dalam sebuah pesawat jet menikmati ledakan kembang api yang sangat indah.

Dalam komik Wonder Woman, jet ini merupakan transportasi penduduk Themyscira untuk pergi ke dunia manusia tanpa diketahui. Pesawat ini memiliki kecepatan 40 mil per detik dalam komiknya, namun masih belum diketahui seberapa cepat jet tidak kasat mata versi DCEU. Kita juga masih belum tahu bagaimana origin story dan kemampuan kapalnya.

Para Penduduk Amazon Yang Sedang Berlatih

Trailer Wonder Woman 1984 juga memperlihatkan adegan ketika para masyarakat Amazon berlatih di sebuah arena. Berdasarkan kostum yang dipakainya dan juga set lokasinya, adegan tersebut bukan berasal dari Themyscira dari film pertamanya. Kemungkinan mereka adalah berada di Bana-Mighdall, yang merupakan tempat suku Themyscira yang pergi dari rumahnya dan berada di sebuah wilayah terpencil.

Para penduduk tersebut keluar dari Themyscira kemungkinan sekitar 3000 tahun yang lalu. Di film pertamanya, kita melihat bagaimana suku Amazon tidak bergitu tertarik dengan peperangan yang terjadi di dunia manusia.  Menarik untuk dinantikan bagaimana Diana kemudian merubah pandangan sebagian suku Amazon perihal peperangan.

Wonder Woman Menunggangi Petir

Wonder Woman menggunakan kekuatannya untuk terbang, mungkin biasa. Tapi, bagaimana jika Diana kemudian menggunakan lassonya dan bergelantungan di petir yang menyambar? Hal ini sebenarnya merupakan sebuah kemampuan Diana yang tidak pernah diperlihatkan dalam cerita komiknya, meskipun sebenarnya hal ini masuk akal, mengingat Diana adalah putri dari Zeus.

Hal ini juga kemudian menimbulkan pertanyaan, mengapa kemampuan ini tidak diperlihatkan di film Justice League atau Dawn of Justice. Bisa jadi karena WB pada saat itu tidak terlalu memikirkan masalah ini. Mereka hanya tertarik tentang bagaimana cerita di sinematiknya bekerja.

Golden Armor

Trailernya kemudian diakhiri dengan sebuah shot yang luar biasa dimana kita akhirnya diperkenalkan untuk pertama kalinya dengan armor Golden Eagle. Armor ini pertama kali diperkenalkan pada 1996 dalam cerita Kingdom Come, ketika Diana pergi ke medan pertempuran. Diana menggunakan armor ini setiap kali dia akan bertempur di medan perang.

Dalam komiknya Golden Armor benar-benar sangat kuat dan tangguh. Armor tersebut dibuat oleh ibunya, Hippolyta. Tapi, di DCEU sepertinya akan terjadi beberapa perubahan yang cukup signifikan seperti armor ini baru akan diberikan kepada Diana ketika dia mengunjungi Bana-Mighdall.