GREENSCENE.CO.ID – Monkey D. Luffy memang memiliki kekuatan dari buah iblis yang dia makan yaitu Gomu Gomu no Mi. Berkat buah iblis tersebut tubuhnya bisa memanjang sesuai keinginannya. Tapi, bukan hanya lentur. Luffy juga diberkati oleh berbagai kekuatan lainnya seperti Gear dan Haki. Semua kekuatan Luffy memang bisa membantu Luffy dalam mengatasi musuhnya yang kuat.

Tapi, sebenarnya kekuatan dari seorang Luffy bukanlah yang sudah disebutkan di atas. Kekuatan Luffy yang sebenarnya adalah karisma dan pikiran positif juga semangat yang dia miliki. Dia bisa membuat orang yang tidak dikenal mau membantunya mengalahkan musuh. Contohnya adalah ketika peristiwa Marineford, dimana Whitebeard memerintahkan seluruh anak buahnya untuk melindungi Luffy.

Sudah sering kali Luffy berada dalam peristiwa yang hampir membuat Luffy tewas, tapi selalu ada orang yang berhasil menolongnya. Lalu, siapa saja orang yang pernah menolong Luffy?

Nico Robin

Robin merupakan salah satu kru dari topi jerami yang artinya dia merupakan kru bajak laut Luffy. Dia merupakan kru paling cerdas dengan berbagai pengetahuannya tentang masa lalu dan juga ilmu pengetahuan lain. Tapi, sebelum pada akhirnya dia bergabung menjadi kru bajak laut Luffy mereka berdua memangdang satu sama lain sebagai musuh.

Namun, Robin melihat ada sesuatu yang berbeda dalam diri Luffy yang akhirnya menggerakan hati Robin untuk menolongnya ketika berada di Alabasta. Perlahan kepercayaan Luffy terhadap Robin meningkat, bahkan Luffy pernah mengorbankan nyawanya demi menyelamatkan Robin yang diculik dan hampir dimasukan ke penjara.

Trafalgar Law

Law merupakan pemimpin bajak laut hati, yang sampai saat ini pun masih menjadi sekutu bagi kru topi jerami. Law dan Luffy pertama kali bertemu dalam sebuah lelang manusia ikan di kepulauan Shabaody. Pada saat itu, Luffy “berulah” karena menghajar seorang naga langit yang menembak Hacchin. Rayleigh menggunakan Haki miliknya untuk melumpuhkan orang-orang di pelelangan duyung tersebut.

Hanya beberapa bajak laut saja yang bertahan dari Haki Rayleigh, mereka adalah para bajak laut Worst Generations. Di peristiwa Marineford Law kembali membantu Luffy, ketika dia tidak sadarkan diri mengetahui Ace sudah tewas. Mungkin bila tidak ada Law, Luffy tidak akan bisa selamat meskipun dia dilindungi oleh Jinbe

Vinsmoke Reiju

Petualangan Luffy dalam arc Whole Cake Island memang salah satu yang menarik, salah satunya adalah kita akhirnya mengetahui tentang keluarga Vinsmoke yang merupakan keluarga Sanji. Sanji ternyata memiliki kakak dan adik, salah satunya adalah Reiju. Ketika pertama kali bertemu, Reiju menyadari bahwa Luffy hampir tewas akibat racun di kulit Armored Stonefish.

Chopper tidak bisa berbuat banyak karena racunnya sangat kuat, dan juga sudah menyebar ke seluruh tubuh. Luffy benar-benar dalam keadaan yang sekarat. Sebenarnya ada adik Sanji, yaitu Yonji yang melintas di pinggir Sunny Go namun hanya Reiju yang mau menolong Luffy. Akhirnya Reiju pun menghisap seluruh racun dalam diri Luffy, sebagai bentu terima kasih karena telah merawat Sanji. Reiju memang satu-satunya keluarga Vinsmoke yang mendukung dan menyayangi adiknya tersebut.

Roronoa Zoro

Cerita tentang Zoro dan Luffy memang selalu menarik. Mereka bagaikan Rayleigh dan Roger. Zoro merupakan orang yang pertama kali ditemui oleh Luffy, ketika dia memulai untuk menjadi bajak laut. Zoro bahkan sempat menolak ajakan Luffy untuk bergabung ke dalam krunya, namun setelah Luffy membantunya akhirnya Zoro pun setuju bergabung.

Perlahan kepercayaan Zoro terhadap Luffy semakin muncul. Yang paling ikonik dari pengorbanan Zoro adalah ketika Luffy yang hampir tewas akibat luka parah yang dia derita, kemudian Zoro pun rela menanggung semua rasa sakit yang dialami Luffy agar dia bisa kembali sadar. Zoro pun sudah menjadi tangan kanan alias orang kepercayaan Luffy.

Marco the Phoenix

Sebenarnya tidak banyak cerita tentang bagaimana Marco dan Luffy saling berinteraksi. Satu-satunya interaksi yang dilakukan oleh mereka adalah ketika peristiwa Marineford. Whitebeard memerintahkan Marco untuk melindungi Luffy. Dia pun berhasil menahan serangan Akainu yang sebelumnya berhasil menghabisi nyawa Ace. Dia juga meminta bajak laut Whitebeard lainnya untuk membantu Luffy.

Jinbe

Sama seperti beberapa karakter lainnya, Jinbe pada awalnya tidak terlalu dekat dengan Luffy. Namun, setelah dia berada di satu sel bersama Ace dia pun mulai mengenal siapa Luffy dari cerita Ace. Ketika Luffy berhasil menerobos Impel Down dan bertemu dengan Jinbe, akhirnya mereka berdua pun bekerja sama. Jinbe memang teringat akan pesan dari Ace untuk menjaga adiknya.

Jinbe kemudian terus berada di samping Luffy untuk melindunginya, demi memenuhi janji kepada Ace. Tapi, perlahan Jinbe mulai memperayai Luffy sebagai seorang yang kuat. Dia sempat bertarung melawan Akainu demi melindungi Luffy, bahkan dia mengorbankan nyawanya untuk membawa kabur Luffy yang tidak sadarkan diri. Sekarang, Jinbe sudah menjadi bagian dari kru topi jerami.

Monkey D. Dragon

Dragon merupakan sosok ayah dari Luffy. Dia adalah karakter yang misterius, bahkan sampai sekarang pun kita masih belum banyak tahu tentang siapa Monkey D. Dragon selain dia merupakan pemimpin pasukan revolusi. Satu-satunya pertemuan mereka adalah ketika berada di Logue Town. Luffy yang masih lemah berhasil dikalahkan Smoker. Beruntung ada Dragon disana yang menyelamatkan nyawanya.

Mr. 2 Bon Kurei

Mr. 2 merupakan salah satu anak buah dari Chichibukai Crocodile, yang menginvasi wilayah Alabasta. Mereka juga bahkan sempat saling bertarung satu sama lainnya. Namun, Bon kemudian menyadari kesalahannya dan meminta maaf kepada Luffy. Sempat menghilang, Bon dan Luffy kembali bertemu ketika Luffy menyusup ke Impel Down.

Sebenarnya, Bon dan Mr. 3 juga Crocodile dan Iva beserta seluruh pasukan revolusi yang ditahan di level 5.5 hampir saja bisa kabur dari penjara tersebut. Namun, Bon akhirnya mengorbankan diri dengan menyamar menjadi Magellan dan memerintahkan untuk membuka gerbang penjara. Mereka pun kabur dan nasib Bon tidak diketahui.

Ace

Ace sudah diburu oleh pemerintah dunia karena dia merupakan keturunan dari Roger yang dianggap berbahaya. Ace merupakan saudara angkat dari Luffy dan juga Sabo. Ace sudah menjadi kakak bagi Luffy dan Sabo. Di usia remajanya, Ace kemudian bergabung dengan kru bajak laut Whitebeard. Salah satu kru, yaitu Teach alias Blackbeard membunuh rekannya yaitu Thatch.

Ace kemudian memburu Blackbeard yang ternyata merupakan mimpi buruk. Ace kalah dari Blackbeard tapi, dia tidak menghabisinya. Justru dia memberikannya kepada angakatan laut untuk dieksekusi. Luffy sempat berhasil membebaskan Ace berkat kunci buatan Mr. 3, tapi dia kemudian mengorbankan dirinya untuk melindungi Luffy yang akan diserang oleh Akainu. Tubuhnya terbakar karena magma Akainu.

Shanks

Jika tidak ada Shanks yang menolong Luffy, mungkin cerita One Piece sudah tamat sejak dahulu. Shanks bertemu dengan Luffy di kampung halaman Luffy, yang ketika itu Shanks sedang berlabuh untuk beristirahat. Luffy yang masih kecil sempat membuat keributan dengan bajak laut Shanks. Dia ingin membuktikan diri bahwa dia bisa menjadi bajak laut.

Sayangnya, di tengah-tengah laut dia diserang oleh monster ikan raksasa. Kapalnya hancur dan dia hampir dimakan oleh monster tersebut. Shanks kemudian merelakan tangan kirinya untuk dimakan monster tersebut, dan kemudian dia mengusirnya dengan Haki. Shanks menjadi sosok penting dalam hidup Luffy, karena dia ingin menjadi bajak laut agar bisa sama seperti Shanks.