Big Barda merupakan salah satu New Gods dalam cerita di komik DC. Selain itu, meskipun dia perempuan Barda merupakan sosok petarung yang sangat tangguh dan sangat mengerikan. Big Barda rencananya akan muncul dalam salah satu proyek film DC dan WB, yaitu New Gods, yang digarap oleh sutradara Ava DuVernay. Barda juga merupakan karakter dari DuVernay.

Tapi, siapa sebenarnya sosok Big Barda? Karakternya sendiri diciptakan oleh Jack Kirby pada 1971, setelah Kirby keluar dari Marvel Comics dan bergabung dengan DC.dalam komik Mister Miracle, Barda diperkenalkan sebagai rekan dari Scott Free alias Mister Miacle dari Apokolips. Ada alasan mengapa Barda menjadi sosok petarung dan pejuang yang tangguh, meskipun dia merupakan seorang perempuan.  Barda lahir dan besar di sebuah planet yang kejam dan mengerikan, Apokolips, lebih dari 250 tahun yang lalu.  Planet tersebut dipimpin oleh sosok kejam dan kuat bernama Darkseid. Ketika masih kecil, Barda diculik dari ibunya, Big Breeda, dan dibesarkan sebagai seorang pejuang oleh sosok Granny Goodness. Barda kemudian memimpin kelompok perempuan pemberani, yang merupakan pasukan adalan Darkseid yaitu Female Furies.

Dalam sebuah misi, Barda kemudian bertemu dengan salah satu tahanan Darkseid yaitu Scott Free. Dia adalah anak dari Highfather, pemimpin dari New Genesis, yang kemudian berakhir di Apokolips berkat pertukaran antar planet demi menjaga perdamaian diantara keduanya. Seiring berjalannya waktu, Big Barda pun jatuh cinta kepada sosok Scott dan cintanya kepada Scott membuat Barda melakukan hal yang tidak diduga.

Dia kemudian bergabung dengan pasukan pemberontak dan menjadi salah satu orang yang membantu membebaskan Scott Free. Setelah berhasil, Scott kemudian pergi dari planet Apokolips menuju planet bumi. Big Barda kemudian menyusul Scott pergi ke bumi. Keduanya kemudian menikah dan tinggal di bumi, jauh dari planet asal mereka yang mengerikan.

Dalam cerita Mister Miracle karya Tom King dan Mitch Gerads’, Scott dan Barda mencoba untuk hidup bahagia di bumi dan menikah. Namun, sayangnya hal itu tidak bisa dilakukan akibat Darkseid. Pasangan tersebut akhirnya terpaksa harus kembali beraksi untuk menghentikan Darkseid yang sayangnya hal tersebut gagal.

Bagaimana dengan kekuatan Big Barda? Untuk masalah kekuatan fisik, Barda tidak perlu lagi diragukan kemampuannya. Dia bisa dibilang bukan hanya kuat, tapi sangat kuat. Dia memiliki fisik yang tinggi serta otot yang kekar. Seperti yang disebutkan di atas, dia merupakan bagian dari New Gods, memiliki kemampuan yang hampir tidak bisa dilukai, membuat sosok Barda sulit dikalahkan.

Big Barda selalu mengenakan armor perang dari planet Apokolips, karena memang pada dasarnyadia merupakan pasukan dari Apokolips. Mega-Rod merupakan nama senjata yang digunakan oleh Barda, dan mampu mengeluarkan ledakan energi untuk bisa membunuh dewa sekalipun. Senjata tersebut juga mampu menciptakan boom tube untuk bepergian secara cepat.

Intinya, Barda merupakan karakter yang menarik dan unik. Meskipun dia sedikit mendapatkan popularitasnya dalam komik tulisan Tom King, tapi dengan semua keunikan dan sisi menariknya tentunya perlu ada banyak lagi cerita tentang Barda. Menarik juga bagaimana DuVernay akan menggambarkan sosok Barda dalam versi layar lebar.