Trailer film Black Widow telah dirilis, dan trailer ini menampilkan sosok superhero baru yang akan memulai debutnya di MCU, yaitu Red Guardian! Karakter yang diperankan oleh David Harbour ini cukup menyita perhatian, tentunya karena penampilan karakternya yang agak “nyentrik”. Tapi disamping itu, yuk berkenalan dulu lebih dalam dengan karakter satu ini.

Origin Story Versi Komik

Alexei Shostakov merupakan sosok dibalik kostum Red Guardian. Karakter ini pertama kali muncul dalam komik The Avengers #43 yang dirilis pada 1967 silam. Dia merupakan orang yang dulunya menikahi Natasha Romanoff muda. Keduanya kemudian memutuskan untuk bergabung dengan badan rahasia Rusia, KGB. Dengan reputasinya sebagai pilot nomor satu Soviet, mereka mencoba untuk melibatkan Alexei dalam sebuah program pemerintah yang penting dan rahasia.

Karena bersifat rahasia, dia tidak boleh memberi tahukan proyek ini kepada istrinya. Akhirnya Alexei memutuskan untuk memalsukan kematiannya dalam sebuah tes uji coba terbang. Yang Natasha ketahui adalah suaminya sudah meninggal dan terus melanjutkan hidup. Yang tidak dia ketahui, suaminya dilatih dan diproyeksikan menjadi Red Guardian, Captain America versi Uni Soviet.

Apa yang dilakukan oleh KGB benar-benar mengorbankan kehidupan dari Alexei. Dengan tujuan utamanya untuk membuat Red Guardian lebih kuat dari Captain America, yang dilakukan oleh Alexei hanyalah berlatih dan berlatih melakukan yang terbaik untuk KGB. Dibuktikan dengan dia melakukan serangan keapda Black Widow dan Avengers. Namun, ketika dia mengungkapkan identitas aslinya Natasha pun terkejut jika Alexei masih hidup.

Terlepas dari semua latihan yang sudah dia lakukan, ternyata Red Guardian tidak lebih baik dari Captain America. Ketika atasanya menyadari jika Steve akan memenangkan pertarungan, mereka pun menginterupsi pertarungannya. Namun, sebagai bentuk penghormatan, Red Guardian justru melindungi Steve dan Black Widow yaitu Natasha. Dia tewas sehingga Captain America bisa hidup.

Kemampuan Red Guardian

Sebagai karakter yang memang didesain untuk menjadi pesaing bagi Captain America, Red Guadian mampu menjadi seorang petarung yang handal dan memiliki pengalaman untuk memepelajari beberapa ilmu bela diri. Karena dia latihan setiap hari, strength dan juga kelincahan dari Red Guardian di atas rata-rata. Keberingasannya dalam bertarung ditunjukan dengan bagaimana dia mengalahkan Hawkeye dengan mudah.

Ketika bertarung, Alexei menggunakan senjata yang disediakan oleh KGB. Dia juga mampu menggunakan senjata tersebut dengan akurasi yang sangat tinggi, dengan adanya magnet di dalam senjatanya dan juga di armor Red Guardian sehingga senjata yang dia lemparkan bisa kembali.  Red Guardian juga memiliki tameng yang sama seperti Captain America. Perbedaan utamanya adalah daya tahan dari tameng tersebut, sebelum akhirnya bentuk tamengnya dirubah.

Cerita Red Guardian

Cerita tentang Alexei sebenarnya sangat singkat di Marvel Comics, yang mana dia hanya muncul di dua volume saja sebelum akhirnya dia tewas. Namun, Marvel kemudian membangkitkan kembali cerita Red Guardian dalam mini seri Widowmaker, pada 2010 silam. Dalam komik tersebut diceritakan bahwa Alexei sebenarnya tidak benar-benar mati, yang artinya dia memalsukan kematiannya dua kali.

Meskipun komik Avengers mengakhiri ceritanya dalam kisah yang heroik, dalam mini seri Widowmaker dia kembali menjadi seorang villain. Alexei kemudian menggunakan identitas yang pernah digunakan oleh Hawkeye, yaitu Ronin. Dengan tidak lagi menggunakan nama Red Guardian, Ronin yang baru ini menjadi seorang pembunuh dan berusaha untuk memulai perang antara Rusia dan Jepang. Namun, rencananya digagalkan oleh Blackwidow, Hawkeye, dan Mockingbird.

Dalam waktu 50 tahun terakhir, sebenarnya ada beberapa karakter yang sudah mengisi kostum dari Red Guardian. Beberapa diantaranya adalah villain, dan sisanya adalah karakter yang memang benar-benar mengabdikan dirinya untuk Rusia. Karakter selain Alexei yang pernah menjadi Red Guardian contohnya adalah Dr. Tania Belinsky, Josef Petkus, dan yang terbaru adalah Nicolai Krylenko.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2

FOLLOW US