GREENSCENE.CO.ID – Siapa yang menyangka bila Todd Phillips akan membawa DC dan Warner Bros. kembali ke jalur kesuksesan dengan filmnya, Joker. Pada awalnya, banyak yang ragu dengan film ini. Namun, semua dugaan tersebut terbukti salah karena film Joker kemudian menjadi salah satu film tersukses dalam sejarah, bahkan mencetak rekor sebagai film rating dewasa paling sukses dengan mencatatkan pemasukan lebih dari USD 1 Milliar.

Sempat beredar kabar yang dilaporkan oleh The Hollywood Reporter jika Todd Phillips sudah bertemu dengan pihak WB pada awal Oktober kemarin. Tapi, kabar ini kemudian dibantah berdasarkan laporan dari Deadline. Meskipun nyatanya kabar tersebut salah, dengan asumsi Phillips masih bekerja sama dengan WB, tentunya dia bisa mengerjakan proyek film lainnya.

Haruskan Todd Phillips Mengerjakan Proyek Villain DC Lainnya?

Dengan properti Joker dan berbagai properti DC lainnya yang tidak harus terbatas pada sisi heroik atau jahat, pilihan Todd Phillips untuk menggarap film DC lainnya terbuka dengan sangat lebar. Todd Phillips memang berhasil membawa Joker menjadi salah satu film tersukses dalam sejarah perfilman dunia, dengan berbagai kontroversi dan kepopulerannya.

Pertanyaannya kemudian apakah Todd Phillips lebih baik tetap berada di DC, dan memproduksi berbagai film berdasarkan villain DC lainnya? Demi sebuah variasi cerita, akan lebih baik jika Todd Phillips tetap berada di DC Universe dan menggarap film DC lainnya, terlepas apakah villain atau pahlawan. Yang pastinya, para fans berharap kualitas yang sama bila memang Todd Phillips tetap berada di WB dan DC Film untuk menggarap film lainnya.

Karakter Apa Yang Bisa Ditangani Oleh Todd Phillips Selanjutnya?

Dalam Laporan THR kemarin, disebutkan bila Todd Phillips sudah mengajukan beberapa ide terbaiknya kepada Tobby Emmerich, selaku bos dari Warner Bros. diantaranya adalah Joker 2 dan film solo Darkseid. Untuk Darkseid sendiri, bila kabarnya benar, mungkin akan menyelesaikan apa yang “tertunda” dalam film garapan Zack Snyder yaitu Justice League.

Namun, ada nama villain lainnya yang juga masuk dalam proyek selanjutnya dari Todd Phillips yaitu Lex Luthor. Villain dalam cerita Superman ini memiliki potensi yang sama dengan film Joker, untuk digarap selanjutnya oleh Todd Phillips. Meskipun Phillips artinya masih akan tetap menggarap film bertema villain, namun Lex Luthor merupakan pilihan karakter yang menarik.

Dari sudut pandang cerita, Lex Luthor memiliki kesamaan dengan Arthur Fleck. Dia bukan manusia super, dia hanyalah manusia biasa. Namun, Lex memiliki kecerdasan yang mampu memainkan psikologis seorang Clark Kent alias Superman. Sama seperti Joker yang selalu mampu untuk bisa mempermainkan sisi psikologis seorang Batman.

Hal Yang Tidak Akan Diangkat Dalam Proyek Selanjutnya

Setelah tayangnya film Joker, banyak yang kemudian berharap Phillips akan membuat film sekuelnya. Sebagian lainnya berharap, jika Phillips tetap berpegang teguh pada janjinya untuk tidak membuat sekuel. Film Joker sendiri diliputi oleh berbagai misteri, yang jawabannya masih diperdebatkan. Namun, yang paling menarik juga adalah filmnya menghadirkan referensi tentang kemunculan Batman, dimana diperlihatkan bahwa Martha dan Thomas ditembak mati oleh penjahat.

Para penonton mungkin bisa saja melihat sosok Batman di film Joker selanjutnya; jika memang ada. Namun, dengan sedang berlangsungnya proyek film The Batman, rasanya kita masih belum akan melihat hal itu terjadi dalam waktu dekat. Dengan kesuksesan film Joker yang berada di “luar jalur” jagat sinematik mereka, mungkin Phillips masih akan tetap mengambil langkah seperti sekarang.

Apa Artinya Bagi Masa Depan Film Origin DC Film Yang Dibuat Oleh Todd Phillips?

Jika Geeks berharap bahwa Todd Phillips akan membuat film dengan rating remaja atau PG-13, rasanya hal itu tidak akan terjadi. Rating remaja bukanlah hal yang membuat Joker sukses, dan film dengan rating remaja bukanlah sesuatu yang biasa dilakukan oleh Phillips dalam berbagai filmnya. Siapapun karakter DC lainnya yang akan dibuatkan filmnya oleh Phillips, bisa dipastikan bahwa dia merupakan sosok yang memang diinginkan oleh Phillips sendiri.

Artinya, bisa jadi kita akan melihat film dari tokoh Plastic Man, yang dikenal akan unsur komedi dewasanya. Lagipula, Phillips pernah menggarap film komedi dewasa seperti Hangover dan Road Trip. Juga, seperti yang disebutkan sebelumnya, kita bisa melihat film solo Lex Luthor. Mungkin juga Phillips akan membuat film dari villain Batman lainnya seperti Calendar Man.

Intinya adalah apapun film origin yang akan diproduksi oleh Todd Phillips di masa depan, bisa dipastikan filmnya akan unik dan juga menarik. Mungkin untuk beberapa waktu kedepan, kita masih belum akan mendengar kabar apapun dari Phillips dan proyek kerja samanya bersama WB. Jadi, kita tunggu saja ya Geeks kabar kejutan selanjutnya dari sosok Todd Phillips.