GREENSCENE.CO.ID – Salah satu misteri terbesar yang meliputi sosok Dyn Jarren, karakter Mandalorian utama dalam TV series The Mandalorian yang tayang di platform streaming Disney Plus, adalah apakah dia (dan para Mandalorian lainnya) pernah melepaskan helmnya. Hal ini juga sempat disinggung di episode sebelumnya, dimana disebutkan jika para kaum mandalorian tidak pernah melepaskan helmnya.

Pertanyaannya kemudian apakah hal tersebut benar? Dalam episode 4 yang berjudul “Sanctuary” kita dijelaskan, bahwa pada dasarnya mereka melepaskan helm tersebut alias tidak digunakan setiap saat. Budaya Mandalorian sedikit berbeda dengan budaya lainnya dalam franchise Star Wars. Berasal dari planet Mandalore, mereka merupakan keturunan yang spesial yang sudah diberkahi oleh berbagai senjata kuno, kemampuan untuk membuat armor yang sangat kuat, serta kemampuan untuk mengalahkan berbagai musuh.

Kemudian sudah dikonfirmasi juga dalam seriesnya bahwa Dyn Jarren merupakan seorang anak yatim piatu, hal ini berdasarkan sebuah flashback yang pernah ditampilkan. Orang tuanya tewas dalam perang klon atau Clone Wars, dan dia pun kemudian dirawat oleh bangsa Mandalorian. Dalam adegan flashback tersebut, diperlihatkan bagaimana para droid menyerang dan berusaha menghancurkan rumah bagi para Mandalorian.

Namun, masih belum diketahui apakah tempat tersebut merupakan planet Mandalore atau sebuah wilayah lainnya. Yang pasti, sejak anak kecil tersebut berhasil diselamatkan oleh para Mandalorian, dia pun berusaha menyerap budaya Mandalorian. Sejak saat itu, dia tidak pernah melepaskan helmnya lagi. Dalam episode 4 ini, Dyn menjelaskan kepada seorang wanita bahwa dia melepaskan helmnya kemarin. Tapi, dia kemudian menjelaskan bahwa sudah beberapa dekade dia tidak pernah membuka helmnya dihadapan orang lain.

Dyn kemudian menjelaskan bahwa “This is the way” atau inilah ciri khas seorang Mandalorian yang sudah menjadi budaya. Setelah percakapan tersebut, Dyn kemudian melepaskan helmnya (secara off-screen) sehingga dia bisa makan, tapi tidak ada orang lain di sekitarnya untuk melihat wajahnya. Hal ini tentunya menjawab semua pertanyaan selama ini tentang Mandalorian.

Jadi, apakah Mandalorian pernah melepaskan helmnya? Ya dan tidak. Tidak bila mereka sedang berada dalam sebuah pertempuran, dalam sebuah situasi yang terdapat banyak orang disana. Mereka baru akan membuka helm ketika tidak ada orang lain di sekitarnya. Mungkin hal ini terdengar konyol, namun ini sudah menjadi sebuah budaya sejak lama. Mungkin kita masih belum akan melihat wajah dari Dyn Jarren (yang diperankan oleh Pedro Pascal) dalam waktu dekat. Mungkin di musim kedua nanti kita baru bisa melihat wajahnya. Kita nantikan saja ya Geeks!