GREENSCENE.CO.ID – Iron Man merupakan sosok penting yang sudah tidak diragukan lagi kehadirannya dalam cerita Infinity Saga. Ketika Tony Stark mengorbankan dirinya untuk mengambil Infinity Stones dan melakukan jentikan jari dan mengalahkan Thanos dalam film Avengers: Endgame, itu merupakan sebuah momen yang sangat memilukan bagi para fans. Stark sudah menebus kesalahannya dan aksi kepahlawanannya pun kini sudah selesai.

Meskipun momen tersebut adalah sebuah hal yang tragis bagi para pecinta film dan pecinta MCU, dalam cerita Marvel Comics, Iron Man sudah diceritakan tewas beberapa kali. Beberapa diantaranya sama tragisnya dengan apa yang ditampilkan dalam film Endgame. Tapi, bukan sekali dua kali juga dia berhasil mengelabui orang lain dengan memalsukan kematiannya. Berikut adalah beberapa kematian Tony Stark dalam komiknya

Tony Stark Pertama Kali Tewas di Komik

Arc The Crossing merupakan cerita yang menampilkan kematian pertama kali dari seorang Tony Stark dalam cerita komik. Dalam komik tersebut diperlihatkan Tony Stark yang sudah tua ternyata dirubah menjadi seorang agen mata-mata oleh Kang the Conqueror. Dia berhasil membunuh beberapa orang, diantaranya adalah Yellowjacket.

Ketika Avengers membawa Tony yang masih muda untuk menghentikan dirinya di masa depan, Tony yang sudah dewasa pun mengorbankan dirinya untuk menghentikan usaha yang dilakukan oleh Kang. Keadaan semakin gawat ketika Tony Stark muda terbunuh dalam sebuah pertarungan melawan Onslaught dan versi tuanya kemudian kembali dibangkitkan oleh Franklin Richards. Kemudian diketahui jika Immortus adalah orang yang memanipulasi Tony, bukan Kang.

Kematian Tony Stark Dalam Cerita Invicible No More

Dalam salah satu series Invicible No More karya Matt Frictions dan Salvador Laroca, Invicible Iron Man, Tony diceritakan mati meskipun sebenarnya dia tidak benar-benar mati. Stark memindahkan seluruh data Superhuman Registration Act dari komputer S.H.I.E.L.D. menuju otaknya, sebagai senjata dalam menghadapi Norman Osborn dan juga kekuatan barunya H.A.M.M.E.R..

Stark kemudian menghapus seluruh data tersebut, termasuk seluruh ingatannya, dan dinyatakan tewas. Dia kemudian kembali hidup dengan memasukan ingatan cadangan yang sudah dia simpan sebelumnya, dan hal ini benar-benar menghapus seluruh ingatannya termasuk luka yang dia derita akibat Civil War yang pertama.

Kematian Tony Stark Dalam Civil War II

Dalam cerita Civil War II karya Brian Michael Bendis dan David Marquez, tidak ada satupun Avengers yang bisa dipercaya. Mereka saling curiga satu sama lainnya. Hal ini benar-benar sangat buruk, bahkan Captain Marvel membuat Iron man jatuh koma setelah dia mengahajarnya dengan sangat telak. Padahal, keduanya dulu merupakan partner dan bahkan sempat ada hubungan spesial.

Tony Stark tidak langsung sadar saat dia koma, tingkat kesadaran atau alam bawah sadar Tony Stark kemudian digunakan sebagai kecerdasan buatan untuk membimbing penerusnya, yaitu Riri Williams. Tony Stark sendiri kemudian berhasil kembali dihidupkan setelah ingatannya kembali dan dia pun kembali menjadi Iron Man.

Kematian Iron Man Dalam Cerita Iron man 2020

Dalam komik Tony Stark: Iron Man #16 karya Dan Slott, Christos Gage, dan Francesco Manna, tubuh dari Tony Stark sudah menyatu dengan armor Iron Man miliknya ketika dia bertempur dengan dirinya sendiri untuk mencari tahu sosoknya yang sesungguhnya. Apakah Tony Stark sudah tewas? Masih belum jelas. Namun, yang pasti Marvel sudah memberikan petunjuk tentang kematiannya dalam komik Iron man 2020 mendatang. Adiknya, Arno Stark, kemungkinan akan mengambil alih perannya sebagai Iron Man.