GREENSCENE.CO.ID – Enam tahun sejak debut film pertama, Frozen kini merilis film sekuelnya yang sudah tayang sejak minggu kemarin di Indonesia. Frozen 2 menghadirkan sebuah cerita yang lebih dalam lagi dan juga lebih memperlihatkan tentang masa lalu yang terjadi di Arendelle dan juga masa lalu dari Anna dan Elsa.

Selain cerita tentang keduanya, kita juga disuguhkan oleh berbagai mitologi yang dimasukan dalam cerita. Namun, meskipun banyak hal menarik dan baru disuguhkan di film ini ternyata film ini memunculkan banyak pertanyaan baru lainnya. Lalu, apa saja pertanyaan yang muncul setelah menonton film Frozen 2?

Mengapa Raja Agnarr dan Ratu Iduna Tidak Mengatakan Apapun Kepada Elsa?

Keputusan yang dibuat oleh raja Agnarr dan ratu Iduna ketika mereka hidup tentunya masih dipertanyakan. Karena ratu Iduna sendiri pada dasarnya merupakan bagian dari Nordthuldan dan memiliki pengetahuan yang banyak tentang berbagai arwah elemental, dia bisa saja menjelaskan kekuatan yang dimiliki oleh Elsa selain fakta bahwa kekuatan tersebut berasal dari sihir.

Kedua orang tua Anna dan Elsa sendiri tewas tiga tahun sebelum cerita yang ditampilkan di film Frozen. Mereka meninggal saat berada di laut. Yang cukup mengherankan adalah mereka tidak pernah mengatakan kemana mereka pergi kepada Elsa atau Anna, atau mengapa mereka harus pergi. Di Frozen 2, akhirnya Elsa memahami semuanya termasuk tentang Ahtohallan atausumber kekuatannya.

Agnarr dan Iduna tidak meninggalkan catatan atau dokumen apapun sebelum mereka pergi kepada Elsa, selaku pewaris takhta kerajaan di Arendelle, untuk berjaga-jaga bila mereka tidak kembali dari perjalanan. Mereka berbohong kepada semua orang, dengan mengatakan pergi ke selatan. Padahal, kenyataannya mereka pergi ke laut hitam alias Dark Sea. Akibatnya, putri mereka harus menanggung akibat dari rahasia yang mereka simpan.

Mengapa Tidak Ada Yang Mengetahui Rahasia Iduna Adalah Northuldan?

Menurut cerita Agnarr kepada Anna dan Elsa dulu, dia awalnya hanyalah seorang anak laki-laki biasa ketika Arendelle menghadiahkan dam kepada suku atau warga Northuldran. Ayahnya, raja Runeard, kemudian mengkhianati masyarakat tersebut. Konflik antara Arendelle dan Runeard pun kemudian pecah, Agnarr terluka parah, dan dia diselamatkan oleh gadis Northuldran, yang ternyata adalah Iduna.

Mereka berdua kemudian berhasil keluar dari Enchanted Forest ketika area tersebut “dijauhkan” oleh para arwah leluhur, dan Agnarr pun kembali ke Arendelle dengan selamat. Dia juga ternyata kembali dan langsung dianugerahi gelar raja. Agnarr kemudian menikahi Iduna, tapi apakah semua orang di Arendelle tahu jika Iduna adalah Northuldran? Jika tidak, bagaimana rahasia tersebut bisa terus disimpan? Arendelle sendiri pada dasarnya adalah sebuah kerajaan kecil dengan populasi yang juga tidak terlalu banyak. Jadi, rasanya pasti semua orang akan saling mengenal satu sama lainnya.

Raja Agnarr Tahu Jika Ayahnya Mengkhianati Northuldran?

Apapun yang menjadi keputusan raja Agnarr memang selalu menjadi sebuah pertanyaan dan juga patut untuk dipertanyakan, apakah dia menyimpan informasi atau berbohong kepada anak-anaknya. Sebagai seorang raja, Agnarr tentunya harus mengetahui setiap rahasia, informasi, rumor, atau apapun yang berkembang di kerajaannya. Jadi, rasanya wajar jika Agnarr mengetahui rahasia tentang ayahnya.

Hal ini termasuk rahasia tentang ayahnya, Runeard, yang mengkhianati suku Northuldran. Jika benar, rasanya wajar jika Agnarr tidak menceritakan apapun kisah atau dongeng kepada anak-anaknya sebelum tidur. Tapi, Agnarr sendiri masih belum mengetahui alasan mengapa Enchanted Forest harus disembunyikan dan mengapa istrinya tidak bisa kembali bertemu dengan keluarganya.

Mengapa Elsa dan Anna Tidak Tahu Apa Yang Terjadi Kepada Keluarganya?

Sejak film pertama, Anna dan Elsa selalu berusaha untuk mencari tahu keberadaan orang tuanya atau sekedar mengetahui apa yang sebenarnya terjadi kepada keluarga merea. Di Frozen 2, cerita itu kembali berlanjut. Ketika Anna dan Elsa sudah cukup dewasa, akhirnya Elsa pun berhasil mengetahui fakta tentang keluarganya meskipun hal tersebut cukup mengejutkan dan dianggap tidak adil bagi mereka.

Pertanyaannya kemudian mengapa Elsa dan Anna tidak mengetahui sejarah keluarganya, meskipun hanya sedikit, misalnya asal ibunya sebelum Frozen 2 muncul? Bisa jadi alasannya sama dengan cerita dam Northuldan yang muncul di awal film Frozen 2. Mungkin mereka juga merahasiakan beberapa bagian dalam ceritanya kepada Anna dan Elsa.

Elsa sendiri sudah berusia 18 tahun ketika raja dan ratu meninggal di laut hitam, dan masih belum ada petunjuk apapun dari mereka akan mengatakan hal yang sebenarnya kepada Elsa ataupun Anna. Pertanyaan ini mungkin yang masih membekas sampai saat ini, dan belum terjawab.

Apa Yang Dilakukan Tentara Arendelle di Enchanted Forest Selama 34 Tahun?

Setelah Elsa, Anna, Olaf, Kristoff, dan Sven dibawa menuju Enchanted Forest oleh Gale, sang arwah elemen angin, mereka kemudian bertemu dengan masyarakat Northuldran untuk pertama kalinya. Selain itu, mereka juga bertemu dengan hal yang tidak diduga; sekelompok pasukan Arendelle yang sudah terjebak di Enchanted Forest selama 34 tahun.

Pasukan tersebut dipimpin oleh Destin Mattias, yang dulunya merupakan pengawal dari raja Agnarr. Pertanyaannya, apa yang dilakukan para pasukan Arendelle tersebut ketika mereka terjebak selama lebih dari tiga dekade? Bagaimana mereka masih bisa hidup? Dimana mereka hidup selama ini? dan mengapa seragam mereka nampak baik-baik saja? Sebenarnya, Mattias sendiri menyadari bahwa mereka sudah tidak kembali ke Arendelle selama 34 tahun.

Bagaimana dan Mengapa Elsa Tewas di Ahtohallan?

Setelah Elsa mengirim Anna dan Olaf menyebrangi laut hitam dengan menjinakan Nokk, sang arwah elemen air, Elsa kemudian tiba di Ahtohallan, sungai mistis yang memberu di wilayah utara yang memiliki semua jawaban yang diinginkan oleh Elsa. Disini kita melihat sebuah fiolosofi tentang “air memiliki ingatan,” yang kemudian mulai menceritakan apa yang terjadi di masa lalu dengan membuat avatar dari es dan air.

Elsa kemudian tertelan akibat mendengar sebuah suara yang berasal dari ibunya. Dia pun mengikuti suara itu dan kemudian tewas kemudian ukiran es Elsa pun muncul. Mengapa Elsa harus pergi ke Ahtohallan jika dia tahu dia akan mati? Apakah hal itu diketahui oleh Iduna atau memang sengaja? Beberapa penonton atau mungkin para fans Frozen juga mungkin ada yang tidak paham bahwa Elsa tewas pada saat itu.

Bila dipikir lagi, es tentunya tidak akan membunuh Elsa karena itu adalah kekuatannya. Anna sendiri berhasil selamat di film pertama, lalu mengapa Elsa harus tewas? Mungkin hal ini ada kaitannya dengan nyanyian ibunya yang dalam liriknya disebutkan “Dive down deep into her sound/But not too far, or you’ll be drowned” (Menyelam jauh ke dalam suara tersebut/ tapi jangan terlalu dalam, atau kau akan tenggelam).

Apakah Masyarakat Arendelle Tidak Mempermasalahkan Anna Sebagai Ratu Mereka?

Frozen 2 kemudian ditutup ceritanya dengan Arendelle memiliki seorang ratu baru, yaitu Anna. Di akhir filmnya, Anna diberikan mahkota dan diterima sebagai penguasa baru bagi masyarakat Arendelle. Pertanyaanya kemudian apakah mereka baik-baik saja atau menerima semua perubahan yang mendadak ini?

Anna mungkin memang lebih dicintai oleh masyarakat Arendelle dibandingkan Elsa, tapi masyarakat Arendelle merasa khawatir dengan masa depan kerajaan tersebut bila berada di bawah kekuasaan Anna. Dia memang sosok yang tangguh dan percaya diri juga tidak pantang menyerah. Namun, Elsa rasanya lebih memiliki wibawa dan juga perilaku seorang penguasa.

Siapa Yang Menciptakan Kamera Foto di Universe Frozen?

Di akhir film Frozen 2, para pasukan Arendelle akhirnya bisa kembali pulang setelah terjebak lebih dari tiga dekade lamanya. Setelah Anna diangkat menjadi ratu dan upcara penasbihan selesai, Mattias tertarik pada sesuatu yaitu gambar atau foto. Pertanyaan kemudian muncul, siapa yang pertama kali menciptakan fotografi di universe Frozen?

Sampai saat ini masih belum diketahui kapan setting waktu dari film tersebut, namun dengan kapal laut yang menjadi transportasi utamanya bisa jadi latar waktunya bisa jadi di abad 16 atau 17. Di dunia nyata sendiri, sebuah foto yang dibuat oleh kamera pertama kali dilakukan di Perancis pada tahun 1826 oleh Joseph Nicephore Niepce. Apakah teknologi fotografi tersebut diperkenalkan ke Arendelle? Atau ada alasan lain?

Mengapa Elsa Tidak Menghadiri Upacara Pengangkatan Anna Menjadi Ratu?

Momen yang cukup mengharukan dan mengherankan, termasuk dibangkitkan kembalinya Olaf, adalah ketika Elsa memutuskan untuk tidak lagi menjadi ratu di Arendelle, dan jabatan tersebut akan diteruskan oleh adiknya yaitu Anna. Ketika upcara pengangkatan Anna menjadi ratu ditampilkan, kita tidak diperlihatkan dimana keberadaan dari Elsa. Mengapa Elsa tidak muncul di momen seperti ini?  Kemana perginya Elsa?

Apakah Anna Menikahi Kristof? Apakah Artinya Dia Adalah Raja Baru Arendelle?

Di sepanjang film Frozen 2, Kristoff selalu khawatir akan rencananya untuk melamar Anna. Dia juga sempat patah hati ketika Anna dan Elsa pergi meninggalkannya di Enchanted Forest. Tapi, Kristoff kemudian muncul dan menyelamatkan nyawa Anna dari Earth Giants atau Rock Giants. Di akhir filmnya, Kristoff memberanikan diri untuk melamar Anna dan dia pun menerimanya.

Tapi, kita tidak mengetahui kelanjutan ceritanya. Apakah Anna dan Kristoff menikah? Jika memang Kristoff kemudian menikahi Anna, apakah artinya Kristoff menjadi raja baru Arendelle?

Apa Yang Elsa Lakukan Setelah Ini?

Di awal Frozen 2, Elsa merasa bahwa menjadi ratu dari masyarakat Arendelle bukanlah sesuau yang benar-benar dia inginkan. Dengan menemukan rahasia dari kekuatannya, Elsa pun kemudian mewujudkan takdirnya sejak lama yaitu menjadi elemen kelima. Dia merupakan jembatan antara dunia sihir dan juga dunia nyata, antara Enchanted Forest dan juga Arendelle.

Tapi, apa yang dilakukan oleh Elsa sebagai arwah elemen kelima atau fifth spirits? Sepertinya Elsa tidak akan kembali ke Arendell, dan akan tinggal di Enchanted Forest dengan para Northuldran. Bisa jadi, Elsa menjadi pelindung mereka dan juga pelindung Enchanted Forest. Pertanyaan lainnya adalah Elsa sebenarnya menjaga Enchanted Forest dari siapa? Mengingat semua elemen sihir sudah berhasil disatukan olehnya dan juga sudah tidak ada lagi perseteruan antara manusia dengan Northuldran dan dunia sihir.

Mungkin, jawabannya ada di film Frozen 3 yang kabarnya sedang dalam pembicaraan untuk dibuat. Jika memang Disney jadi membuat film ketiganya, apakah Elsa akhirnya akan menemukan belahan jiwanya seperti Anna?