GREENSCENE.CO.ID – Babak ketiga arc Wano diwarnai oleh berbagai twist yang mengejutkan, contohnya adalah dimana terungkap fakta bahwa Oden sempat menjadi bagian dari kru bajak laut Whitebeard dan Gol D. Roger. Selain itu, kita juga disuguhkan oleh berbagai fakta mengenai cerita masa lalu Wano dan Oden yang benar-benar diluar dugaan.

Dalam beberapa chapter terakhir, kita disuguhkan oleh kisah sosok Kozuki Oden yang hebat dan mengapa dia bisa memiliki pengikut yaitu Red Scabbards atau Azakaya Nine. Berdasarkan apa yang sudah diceritakan, sedari kecil memang Kozuki Oden adalah yang nyentrik dan juga nyeleneh. Namun, dibalik sifatnya tersebut ada juga sifat kepahlawanan dan nilai yang patut untuk diapresiasi.

Disadari atau tidak semua perilaku dan sifat dari Kozuki Oden memiliki kemiripan dengan sosok Monkey D. Luffy. Sehingga bisa dibilang Oden adalah Luffy versi Samurai. Ada beberapa hal yang menjadi kesamaan antara Luffy dan Oden. Pertama adalah keduanya sama-sama terobsesi dengan kebebasan. Baik Luffy dan Oden tidak pernah mau jika harus mengikuti aturan yang ada.

Selain menganut paham kebebasan, keduanya juga sama-sama sedari kecil bercita-cita menjadi seorang bajak laut. Seperti yang diungkapkan dalam cerita, Oden berkali-kali mencoba keluar dari wilayah Wano dan mewujudkan mimpinya untuk menjadi seorang bajak laut. Ketika Whitebeard tiba di wilayah Kuri, kesempatan itu pun akhirnya tiba.

Oden dan Luffy juga memiliki beberapa kemampuan yang sama, seperti memiliki kemampuan Haki penguasa dan juga mampu mendengar suara dari seluruh makhluk. Dia juga memiliki karisma yang menarik, yang membuat orang-orang mau menjadi teman atau sekutunya. Hal ini jugalah yang dimiliki oleh Luffy. Bahkan, sebagian beranggapan kekuatan terbesar Luffy adalah karismanya yang mampu membuat siapapun mau membantunya.

Oden berhasil menguasai Udon dan mengalahkan Shutenmaru alias Ashura Doji di usianya yang ke 19 tahun, sama dengan usia Luffy saat ini yang mencoba untuk mengalahkan Kaido. Oden berusia 20 tahun ketika menjadi Daimyo wilayah Kuri, dan bisa jadi Luffy juga akan menjadi raja bajak laut di usianya yang ke 20 tahun.

Oden memiliki 9 pengikut yang kemudian diberi nama Azakaya Nine, sama dengan Luffy yang memiliki kru sembilan orang sampai sejauh ini. Yang paling nyeleneh adalah Oden selalu berbuat onar dan selalu ada kekacauan dimana Oden berada. Hal ini juga berlaku kepada Luffy, dimana setiap kali dia berada selalu diakhiri dengan keributan atau kekacauan.

Luffy dan Oden juga selalu berpegang pada keyakinannya, meskipun banyak orang menentang. Satu hal yang membedakan Luffy dan juga Oden, Luffy tidak terlalu tertarik kepada Wanita sedangkan Oden begitu tergila-gila kepada wanita. Bahkan setiap malam, dia pernah membuat pesta harem yang sempat membuat warga Flower Capital resah. Jadi, wajar jika Oden disebut sebagai Monkey D. Luffy versi samurai.