GREENSCENE.CO.ID – Cerita tentang masa lalu Kozuki Oden dan Wano masih terus berlanjut. Dalam chapter sebelumnya, kita melihat bagaimana Oden akhirnya memutuskan keluar dari Hakumai dan pergi menuju Kuri untuk menaklukan Ashura Doji, dan mengubah wilayah Kuri menjadi sebuah wilayah yang indah dan damai. Oden pun kemudian menjadi Daimyo wilayah Kuri dan memiliki pengikut. Lalu, apa yang terjadi di chapter selanjutnya?

Bergabungnya Nekomamushi, Inuarashi, dan Kawamatsu

Di akhir chapter sebelumnya, kita diperlihatkan bahwa Kawamatsu berada di pantai Wano dan mereka menemukan dua orang suku Minks yaitu Inuarashi dan Nekomamushi yang terdampar. Ternyata mereka pergi berpetualang untuk bertemu dengan keluarga Kozuki dan pergi ke wilayah Wano, sekaligus melihat seperti apa dunia berada di luar Zou.

Di awal chapter 963 dijelaskan, bahwa keluarga dari klan Kozuki dan suku Minks sudah membuat sebuah perjanjian. Perjanjiannya adalah ketika ada salah satu pihak yang berada dalam situasi yang sulit, maka pihak lainnya harus menolong. Karena penasaran, baik dengan dunia luar, Wano, dan keluarga Oden, Nekomamushi dan Inuarashi kemudian memutuskan pergi dari Zou. Sayangnya, di tengah perjalan mereka berdua harus mengalami nasib sial dan akhirnya terdampar di pantai Wano. Namun, beruntung mereka ditemukan oleh Kawamatsu.  Kawamatsu, Inuarashi, dan Nekomamushi, dianggap sebagai monster oleh masyarakat Wano pada saat itu. Mereka diikat dan disakiti bahkan hampir dibakar oleh warga disana, sampai akhirnya Kozuki Oden datang dan menolong mereka. Setelah ditolong Oden kemudian mereka pun mengikuti Oden ke wilayah Kuri, dan mulai bercerita tentang masa lalu mereka.

Kawamatsu sendiri bisa berada di Wano karena kapalnya karam, dan akhirnya dia pun terdampar di pantai Wano. Kawamatsu tidak sendirian disana, dia ternyata berlayar dengan ibunya. Di chapter 963 ini terungkap bahwa Kawamatsu sebenarnya bukan kappa, melainkan manusia ikan. Hal itu dia lakukan karena dia teringat akan ucapan ibunya yang sudah meninggal, bahwa manusia ikan dan manusia sudah bermusuhan sejak lama. Oleh karena itu, dia terpaksa harus mengaku sebagai kappa agar menghindari ejekan atau perlakuan buruk dari manusia.

Red Scabbards Terbentuk

Kozuki Oden kemudian menyadari bahwa tempat yang dia tinggali di Kuri, semakin sesak dengan kedatangan Kawamatsu, Inuarashi, dan Nekomamushi. Oden pun mengatakan bahwa dana yang dia miliki sudah semakin menipis. Bahkan, dia sempat meminjamkan uang kepada Orochi sebelum dia pindah untuk bekerja di istana Wano.

Para pengikut Oden pun berusaha mencuri uang milik Yasuie, sayangnya mereka tertangkap. Setelah dijelaskan, kemudian Yasuie malah memberikan uangnya lebih banyak lagi kepada mereka. Yasuie beralasan bahwa para pengikut Oden harus berubah, baik dari segi penampilan maupun perilaku dan pengetahuan. Oleh karena itu, Yasuie memberikan uang lebih untuk dibelikan pakaian yang pantas, buku, dan berbagai hal lainnya.

Yasuie sendiri menjelaskan bahwa Oden suatu saat akan menjadi pemimpin Wano, menggantikan ayahnya. Oleh karena itu, para pelayannya tidak boleh menjadi orang yang sembarangan. Untuk itulah para pengikut Oden pun perlahan merubah perilaku mereka, penampilan mereka, dan juga semakin meningkatkan kemampuan mereka.

Rencana Keluar Dari Wano

Tiga tahun setelahnya, Oden beserta para pelayannya kemudian kembali ke Flower Capital. Dia kembali karena ayahnya, Kozuki Sukiyaki jatuh sakit. Ketika tiba di wilayah Capital Flower, para penduduk disana begitu kaget melihat perubahan yang terjadi pada diri Oden dan juga para pelayannya, yang mereka anggap merupakan berandalan dan juga penjahat.

Ketika tiba di istana Wano, ayahnya kaget melihat bagaimana Oden sudah tumbuh besar dan menjadi sosok yang dewasa. Sayangnya, Oden tidak menyadari bahwa percakapan tersebut merupakan percakapan terakhirnya dengan sang ayah. Di sisi lain, bajak laut Whitebeard akhirnya tiba di Wano, tepatnya di wilayah Kuri di pelabuhan Itachi.

Mereka berada di Wano karena kapal mereka, Moby Dick, rusak dan butuh waktu sekitar seminggu untuk memperbaikinya. Mendengar kedatangan bajak laut di wilayah Wano, Oden pun langsung mendatangi tempat dimana Whitebeard berada. Oden sudah tertarik dengan bajak laut Whitebeard dan dia pun tertarik untuk bergabung dan menjadi kru bajak laut Whitebeard.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.