GREENCENE.CO.ID – Batman sepertinya memang tidak pernah beruntung ketika berbicara mengenai sidekick atau pendamping, ketika dia memberantas kejahatan yang ada di kota Gotham. Baru-baru ini, sidekick pertama Bruce Wayne yaitu Dick Grayson/Nightwing, ditembak dikepala dan kehilangan ingatannya. Sementara Tim Drake kembali harus merasakan bagaimana rasanya disiksa oleh para penjahat kota Gotham.

Kegagalan terbesar dari seorang Bruce Wayne saat melindungi partnernya adalah ketika Joker berhasil membunuh Jason Todd, dan membuah Barbara Gordon lumpuh seperti yang diperlihatkan dalam komik The Killing Joke. Di masa modern ini, sepertinya “kutukan” Batman tersebut masih belum hilang. Dalam komik Batman and the Outsider #7,  Batman harus kembali kehilangan partnernya dalam memberantas kejahatan.Pada awalnya mungkin banyak yang berpikir jika Bat-Family tidak akan seperti dulu, apalagi setelah bergabungnya Black Lightning/Jefferson Pierce. Sayangnya, dugaan tersebut ternyata salah. Damian Wayne sebelumnya terbunuh oleh Grant Morrison dan sekarang giliran Thomas Duke alias the Signal. Yang cukup mengenaskan tentang kehilangan Duke adalah dia sebelumnya mengatakan kepada Batman bahwa dia belum siap untuk terlibat penuh dalam berbagai pertempuran.

Duke sebenarnya sempat terlibat dalam peperangan melawan Joker, Bane dan para penjahat Gotham lainnya sebelumnya. Sebagai seorang murid SMA dan sebagai pribadi, mental Duke benar-benar goyah. Bukan salahnya memang, karena Duke sebelumnya belum pernah mendapatkan latihan yang layak dari Bruce untuk menghadapi berbagai situasi yang sulit.

Bruce berharap Jefferson bisa menahan tekanan yang dibebankan kepadanya, namun perselisihannya dengan Ra’s Al Ghul mengubah hal terebut. Jefferson sendiri sebenarnya masih berusaha keras untuk menyeimbangkan semuanya, karena selain menjadi partner Bruce Wayne dia juga merupakan partner dari Cassandra Cain.

Cass sendiri harus menghadapi beban yang berat karena ibunya, Lady Shiva, ternyata bekerja sama dengan Ra’s dan ketika Cass mencoba mencari keberadaan Duke, Ishmael (penerus dari Ra’s) terus menyiksanya. Ishmael sendiri merupakan sosok yang “dirusak” oleh Lazarus Pit, dan sepertinya dia mencoba untuk mempersenjatai Duke dan merubahnya menjadi seperti tubuhnya.

Pada akhirnya Cass berhasil menemukan Duke dalam keadaan yang sangat memprihatinkan. Kekuatannya sudah diambil oleh Ra’s dan Ishmael. Apa yang terjadi kepada Duke mungkin akan membuat Jefferson akhirnya menyerang Bruce dan menimbulkan perang saudara di tubuh Outsiders. Mereka sudah pernah dikhianati oleh Kaliber, jadi ini bisa jadi puncaknya.