Berbeda Dari Yang Lain

Bila seluruh unit dari EVA dibuat dengan menggunakan material dan sumber yang sama, yaitu Adam, berbeda dengan EVA dengan kode Unit 01. Unit yang dikendalikan oleh Shinji Hikari ii merupakan satu-satunya EVA yang terlahir dari Lilith. Oleh karena itulah, EVA Unit 01 memiliki beberapa kemampuan yang unik dan berbeda dari EVA lainnya.

Ketika sebagian EVA membutuhkan kabel khusus untuk mengendalikannya (sampai akhirnya diproduksi massal), Unit 01 merupakan satu-satunya yang mampu untuk bergerak dan bermanuver tanpa hambatan kabel. Hal tersebut terjadi setelah Unit 01 menghancurkan malaikat ke 14, yaitu Zeruel dan menghancurkan mesin S2. Unit 01 sering kali bergerak diluar perintah demi melindungi Shinji dan yang lainnya.

EVA Mengandung Jiwa Manusia

Meskipun EVA memiliki ukuran yang sangat besar dan mampu menghasilkan kekuatan yang mirip dengan senjata pemusnah massal, mereka tidak memiliki cinta pada awalnya. Atau memiliki jiwa. Keduanya dibutuhkan untuk melakukan sinkronisasi antara pilot dan juga EVA. Melalui eksperimen kontak ini, Gendo Ikari memulai proses penyatuan jiwa manusia dan para EVA.

Yui Ikari, istri dari Gendo Ikari dan ibu dari Shinji, mendedikasikan dirinya untuk menyatu dengan inti dari EVA Unit 01. Meskipun sebagian orang menganggap hal itu hanyalah sebuah ketidak sengajaan, sebenarnya Yui sudah sedari awal memilih untuk menyatukan dirinya dengan Unit-01. Ketika tubuhnya berubah menjadi cairal LCL, jiwanya menemukan rumah baru yaitu di dalam diri EVA.

EVA Dibuat Untuk Sosok Tertentu

Dengan adanya jiwa manusia yang menyatu dengan para EVA, memilih siapa pilot yang tepat untuk EVA tersebut tidaklah terlalu sulit. Hanya tinggal memilih anak yang mereka tinggalkan. Hal tersebut artinya setiap anak-anak yang menjadi pilot EVA, mereka bukan kehilangan orang tuanya  melainkan lebih tepatnya adalah bertarung bersama meskipun sang anak tidak mengetahui hal tersebut.

Meskipun EVA Unit-00 milik Rei tidak memiliki jiwa dari ibunya (karena Rei adalah kloning), tapi EVA tersebut memiliki separuh dari jiwa Lilith. Sebagian lainnya digunakan untuk mengisi jiwa Rei, yang secara tidak sengaja tercipta berkat “serpihan” dari sosok Yui Ikari.

Desainnya Berasal Dari Oni Jepang

Meskipun banyak fans manga dan anime yang berpendapat bahwa perbandingan antara EVA dan mecha lainnya mudah untuk ditemukan, namun sebenarnya ada sesuatu yang lebih dalam dari desain awal para EVA. Mereka sebenarnya terinspirasi dari Oni atau iblis dari cerita rakyat Jepang. Seperti yang dituturkan oleh sang desainer, Ikuto Yamashita, tujuan dari penampilan EVA adalah mereka terlihat seperti raksasa yang dikendalikan oleh manusia.

Para Pilot Merasakan Semuanya

Karena sudah saling terhubung dan tersinkron antara pilot dan EVA, mereka pun merasakan sakit yang diderita atau yang dialami oleh EVA. Namun, meskipun para pilot merasakan luka tersebut, mereka tidak benar-benar terluka. Meskipun ada juga situasi dimana para pilot memang benar-benar terluka akibat aksi yang mereka lakukan.

Hal yang mungkin tidak diketahui oleh sebagian orang adalah para pilot bisa terbunuh dalam pertempuran, karena EVA yang mereka kendalikan terluka parah atau hancur. Hal itu dikarenakan bonding atau hubungan yang kuat antara EVA dan pilotnya.

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.