GREENSCENE.CO.ID – Setelah lama dinanti, akhirnya series The Mandalorian resmi tayang perdana pada 11 November kemarin bersamaan dengan dirilisnya platform streaming Disney Plus. Tidak butuh waktu lama bagi series tersebut untuk mendapatkan tanggapan positif dari para fans. The Mandalorian sendiri bercerita tentang seorang pemburu bayaran Mandalorian bernama Dyn Jarren.

Berdasarkan informasi yang diketahui sebelumnya, setting waktu dari series The Mandalorian adalah lima tahun setelah apa yang terjadi di film Star Wars: Return of the Jedi. Kemudian Dyn Jarren juga menyebutkan bahwa setting waktu tersebut merupakan latar waktu dimana Empire sudah jatuh dan hancur. Meskipun baru episode perdana, seriesnya sudah menghadirkan kejutan dimana kita melihat di akhir cerita bahwa sosok yang diperkirakan orang berusia 50 tahun ternyata merupakan seroang bayi dari spesies yang mirip dengan salah satu master Jedi, Yoda.

Anggota Terakhir Dari Spesiesnya

Dengan memiliki setting waktu setelah film Return of the Jedi, satu detil penting yang harus diingat adalah artinya apa yang ada di series ini terjadi setelah kematian dari Yoda. Dalam filmnya, Yoda tewas di awal film di wilayah Dagobah. Dalam timeline Star Wars, film Return of the Jedi dan kematian Yoda terjadi 4 tahun setelah pertarungan Yavin.

The Mandalorian sendiri bersetting 9 tahun setelah pertarungan besar tersebut. Terkait dengan masalah baby Yoda atau bayi Yoda, sebenarnya selain Yoda ada satu orang lainnya yang berasal dari spesies yang sama dengan Yoda yaitu Yaddle. Yaddle sudah muncul di prekuel Star Wars, dan dalam ceritanya Yaddle tewas sebelum trilogi orisinal sedang Yoda setelahnya. Artinya, bayi Yoda kabarnya berusia 50 tahun tersebut bisa diartikan merupakan anggota terakhir dari spesies Yoda.

Lahir Sebelum Kejadian di Phantom Menace

Dengan usianya yang sudah mencapai 50 tahun (meskipun ternyata menurut spesiesnya  dia masih bayir), artinya bayi ini sudah melalui berbagai hal yang terjadi di cerita dan timeline Star Wars. Bisa jadi, bayi ini sudah lahir sejak prekuel Star Wars, sehingga menambahkan koneksi prekuel lainnya di series The Mandalorian. Bahkan, ada juga kemungkinan bila bayi tersebut lahir di masa yang sama dengan Anakin Skywalker.

Jadi, artinya meskipun anak tersebut bukanlah bayi dari Yoda atau Yoda dalam bentuk bayi, ada kemungkinan bila Yoda sudah mengetahui tentang sosok bayi tersebut. Ketika mengetahui tentang keberadaan bayi tersebut, Yoda kemudian memerintahkan seseorang untuk melindungi bayi tersebut sebelum dia tewas.

Kemungkinan lainnya adalah Yoda adalah ayah dari bayi tersebut. Kemungkinan tersebut dibuat demi membuat semuanya tetap dalam koridor tradisi Star Wars dan agar semuanya tetap saling berhubungan.  Tapi, jika memang bayi tersebut adalah anak dari Yoda, artinya dia sudah melanggar sumpah atau prinsip dari seorang Jedi yaitu dengan terlibat dalam sebuah hubungan asmara dengan lawan jenis.

Karena masih episode perdana, belum banyak yang bisa digali tentang informasi dari bayi tersebut. Mungkin di episode selanjutnya atau mungkin di pertengahan musim, kita akan tahu siapa atau apa koneksinya bayi tersebut dengan cerita Star Wars. So, stay tuned untuk pembahasan lainnya tentang Star Wars atau The Mandalorian ya Geeks!

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.