GREENSCENE.CO.ID – Setelah satu dekade berkarya, Marvel Studios resmi menutup perayaan 10 tahun mereka dengan dirilisnya film Avengers: Endgame yang menjadi puncak cerita dari 22 film Marvel. Film tersebut juga menjadi penutup dari Phase 3, dan sekarang para fans sedang bersiap untuk Phase 4 yang akan dimulai pada tahun 2020 mendatang.

Sudah ada dua film yang dipastikan rilis pada tahun depan, yaitu film solo Black Widow dan juga The Eternals yang dikabarkan akan menjadi prekuel bagi seluruh universe di Marvel Cinematic. Marvel sendiri sudah mengumumkan rencana Phase 4 mereka pada acara SDCC kemarin, dengan berbagai proyek film yang sudah dipersiapkan. Phase 4 ini bisa dibilang sangat pendek karena hanya berdurasi 2-3 tahun saja.

Meskipun sudah diketahui bila Phase 4 akan dimulai sejak 2020 mendatang, tapi kita masih belum mengetahui tanggal pasti perilisan film-filmnya untuk Phase mendatang. Berdasarkan laporan dari DiscussingFilm, Marvel baru saja secara resmi merilis jadwal untuk film-film mereka selanjutnya. Dimulai dari 7 Oktober 2022, 17 Februari 2023, 5 Mei 2023, 28 Juli 2023, dan 3 November 2023.

Berdasarkan pengumuman ini, artinya pada 2021 sampai 2023 Marvel Studios akan merilis empat film setiap tahunnya. Hal ini tentunya lebih banyak dua film dibandingkan dengan “jadwal rutin” Marvel Studios sebelumnya, yaitu dua film setiap tahunnya. Di tahun 2021 nanti, akan dibukan oleh film Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings, yang akan dirilis pada 12 Februari.

Kemudian pada 7 Mei 2021, film sekuel Doctor Strange yaitu Doctor Strange in the Multiverse of Madness akan dirilis. Film kerjasama Sony Pictures dan Marvel, Spider-Man 3, akan dirilis pada 7 Mei mendatang. Pada 5 November 2021, film keempat Thor yaitu Thor: Love and Thunder akan dirilis.

Selain film-film yang sebelumnya sudah resmi diumumkan, ada juga berbagai proyek film lainnya yang masih sekedar rumor dikabarkan akan hadir dalam rentang waktu tersebut. Contohnya adalah reboot dari Blade, yang akan diperankan oleh Mahershala Ali, kemudian Ant-Man 3, Captain Marvel 2, Guardians of the Galaxy 3, dan masih banyak spekulasi lainnya.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.