Memang tidak bisa dipungkiri jika kesuksesan film Iron Man pada 2008 lalu merubah pandangan kita, tentang sebuah film (khususnya yang bergenre adaptasi komik). Rasanya sulit dibayangkan bahwa ketika filmnya pertama kali dirilis, meskipun sudah ada film adaptasi komik sebelumnya, masa depan dari genre tersebut akan menghadirkan karakter yang bukan hanya superhero tapi juga karakter lainnya.

Kesuksesan dari film Iron Man, membuat Marvel Universe terus mengembangkan cerita untuk versi digital (film dan tv). Mulai dari spinoff, spin-ins, sampai sekuel dan juga TV series serta berbagai medium lainnya. Disadari atau tidak, Marvel Cinematic Universe memberikan perubahan pandangan bagi para fans terhadap komiknya. Contohnya adalah kepopuleran Rocket Racoon dan Erick Killmonger.


MCU Memberikan Warna Baru Bagi Pahlawan Marvel


Sebelum Robert Downey Jr. setuju untuk berperan sebagai Tony Stark, rasanya tidak semua orang tahu siapa itu Iron man. Wajar saja, Iron Man dulu dianggap sebagai karakter yang masuk daftar B-List alias karakter yang tidak terlalu populer. Karakter Iron Man kalah populer dengan pahlawan lainnya, contohnya Spider-Man, Wolverine, atau X-Men.

Tapi, semuanya berubah sejak 2008, yang mana hal tersebut memberikan sebuah perubahan yang sangat luar biasa. Perlahan karakter Iron Man dan Tony Stark mulai dikenal oleh masyarakat luas, khususnya penggemar MCU dan pecinta film. Bisa dibilang saat ini, Iron Man sudah menjadi wajah dari Marvel (dan MCU) bersama dengan Steve Rogers alias Captain America.

Bukti lainnya adalah tim Guardians of the Galaxy. Hanya penggemar komik Marvel, yang memang mengikuti perkembangan komiknya, yang tahu tentang tim pahlawan kosmik ini. Bahkan, Marvel Comics sendiri jarang membuat kembali atau menghadirkan tim ini. Tapi, sejak James Gunn menggarap filmnya kepopuleran tim pahlawan tersebut kini mulai meningkat. Hal yang sama juga terjadi terhadap karakter Marvel lainnya seperti Doctor Strange, Black Panther, Black Widow, dan bahkan Hawkeye.


Para Villain Mulai Mendapatkan Tempat


Setelah sekian lama namanya hanya menjadi sebuah nama saja, Thanos kini mulai dikenal sebagai villlain utama dibalik semua kekacauan yang terjadi di bumi. Puncaknya, nama Thanos kian dikenal setelah dia berhasil melakukan Decimation, dimana separuh penduduk alam raya ini hilang akibat Infinity Stones dalam film Avengers: Infinity War.

Yang paling baru adalah raja dari Dark Elf, Malekith. Siapa sangka villain yang dulunya dianggap sebagai sebuah ancaman kecil, kini berubah menjadi sosok dibalik perang paling epik di Marvel Comics yaitu War of the Realms. Makhluk alien, Chitauri, dulu sempat muncul dalam Ultimate Universe dan tampil hanya sedikit. Namun, sejak mereka muncul di film The Avengers sebagai pasukan Loki, mereka kemudian melakukan serangan besar-besaran dalam event Secret Empire.

Bukan hanya karakter superhero atau villain, bahkan kini karakter pendukung pun mulai mendapatkan popularitas yang sangat tinggi di kalangan fans. Contoh nyatanya adalah Peggy Carter dan Sharon Carter. Bahkan karakter seperti JARVIS atau FRIDAY, bahkan Pepper Potts, kini mulai dikenal sebagai salah satu bintang di MCU.


Makeover Para Pahlawan Marvel


Demi melanjutkan popularitas dari karakter-karakter tersebut, banyak karakter Marvel yang kemudian dirubah atau mendapatkan origin story yang baru. Semuanya demi kontinuitas atau kesinambungan yang baik antara versi layar lebar dan versi komiknya. Contohnya adalah karakter Tony Stark yang baru, kini lebih mengikuti gaya dari sosok Robert Downey Jr. dalam versi layar lebarnya.

Contoh lainnya adalah Guardians of the Galaxy. Karena karakter di tim tersebut kebanyakan adalah karakter yang minor atau kurang populer, hal itu memberikan sebuah keuntungan bagi James Gunn untuk membuat origin story versinya sendiri. Origin story tersebut kemudian diadaptasi oleh tim kreatif Marvel Comics, untuk diadaptasi dalam versi cetaknya.

BACA JUGA: Memprediksi Kembalinya Baron Mordo di Doctor Strange 2

Yang paling terasa berbeda dari tim GOTG adalah Star-Lord alias Peter Quill. Sebelum diperankan oleh Chris Pratt, Peter merupakan karakter yang sangat serius dengan segala kelebihannya. Namun, setelah Chris Pratt “menghancurkan” citra dari Peter Quill, kini Peter dikenal sebagai karakter yang humoris dengan segala detail yang menyerupai versi dari Chris Pratt.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2