GREENSCENE.CO.ID – Dengan serial The Mandalorian yang tinggal menunggu beberapa hari lagi untuk dapat kita saksikan di Disney+, tentu banyak orang yang bertanya-tanya tentang apa hubungan serial tersebut dan salah satu karakter paling populer di Star Wars yaitu Boba Fett. Sebelumnya yang harus kita ketahui terlebih dahulu bahwa serial The Mandalorian akan mengambil latar waktu lima tahun setelah peristiwa Star Wars: Return of the Jedi.

Ketika serial ini diumumkan, para penggemar tentu berfikir bahwa Boba Fett akan menjadi karakter utama, mengingat Boba Fett sendiri adalah sosok yang kental dengan Mandalorian itu sendiri. Namun kenyataannya justru sebaliknya dimana The Mandalorian malah diperanan oleh karakter yang berbeda dan Boba Fett pun akhirnya tak ditampilkan dalam serial ini.

Sebenarnya The Mandalorian memiliki “koneksi” dengan Boba Fett. Mandalorian memiliki ceritanya sendiri di Star Wars Universe, dan itu semua adalah berkat popularitas Boba Fett.


Latar Belakang Mandalorian


Universe Star Wars terkadang memang membingungkan, tetapi dari yang kita diketahui tentang Mandalorian adalah bahwa mereka berasal dari planet Mandalore, dan mereka merupakan pejuang legendaris yang melawan para Jedi. Namun Mandalorian sempat mengalami perubahan ketika kubu politik New Mandalorian yang dipimpin oleh Satine Kryze mengendalikan pemerintah Mandalore, yang akhirnya mengarah ke konflik internal dengan terbentuknya kelompok-kelompok lain seperti Death Watch yang ingin mempertahankan Mandalorian lama. Setelah Empire bangkit, Mandalorian diperintah oleh Gar Saxon yang merupakan raja muda mereka.

Para Mandalorian terbagi menjadi menjadi beberapa tipe atau hirarki, seperti yang paling tinggi adalah seorang Mandalorian Protectors. Kebanyakan dari Mandalorian Protectors menolak cara pemerintahan Satine Kryze saat ia berkuasa, dan mereka tetap mempertahankan pasukan polisi dan dinas rahasia untuk ada pada masa pemerintahan Satine Kryze. Karena Mandalorian adalah pejuang, masing-masing dari mereka memiliki suatu kode kehormatan yang kuat dan pertempuran tunggal adalah bagian penting dari budaya mereka, sehingga suatu pertempuran digunakan untuk menyelesaikan sebuah sengketa antar mereka.

Tiap Mandalorian pun memiliki gaya bertarung yang khas (jarak dekat, jarak jauh, dan teknologi di armor mereka yang berbeda), dan mereka mengembangkan itu saat terjadi konflik dengan Jedi. Lightsaber hitam (atau Darksaber) bahkan muncul dalam banyak cerita Mandalorian karena alat tersebut konon diciptakan oleh Mandalorian pertama, yaitu Tarre Vizla. Satu-satunya cara untuk mendapatkan Darksaber itu adalah dengan mengalahkan pemilik sebelumnya dalam sebuah pertarungan.


Boba Fett dan Jango Fett


Mandalorian memiliki baju besi yang sangat khas, dimana armor terebut juga membantu membangun reputasi mereka yang ditakuti. Baik Boba Fett dan ayahnya, Jango Fett, mereka juga terlihat mengenakan armor yang mirip seperti apa yang Mandalorian gunakan. Tetapi meskipun mereka berdua terlihat seperti Mandalorian, Boba dan Jango bukanlah seorang Mandalorian yang sebenarnya. Dua karakter tersebut diasumsikan sebagai seorang Mandalorian karena mereka dinilai memiliki armor ikonik yang mirip dengan apa yang Mandalorian gunakan.

Jango Fett mengaku terlahir di planet Concord Dawn, yang juga merupakan dunia Mandalorian. Ia juga dianggap sebagai bounty hunter terbaik di galaksi, tetapi dimata pemerintah Mandalore, dia dianggap sebagai seorang pembangkang dan penipu. Clone Wars pun menceritakan masalah ini, dimana Perdana Menteri Mandalore, Almec mengatakan bahwa Jango Fett adalah seorang bounty hunter pada umumnya, dan bagaimana ia mendapatkan armor tersebut itu adalah diluar kendalinya. Jango pun kemudian direkrut oleh Darth Tyranus dan pindah ke planet terpencil Kamino.

Sementara itu anak Jago Fett, Boba Fett memang dilatih oleh ayahnya, tetapi dia juga bukan seorang Mandalorian. Meskipun ayahnya mengajarinya banyak hal, namun Boba Fett tak pernah benar-benar mempelajari cara untuk menjadi Mandalorian. Yang masih menjadi misteri adalah bagaimana ia bisa mendapatkan armor Mandalorian, meskipun mungkin ia bisa membuatnya sendiri. Intinya, Boba Fett sebenarnya adalah seorang bounty hunter yang melakukan beragam aksi kriminalnya dengan armor yang mirip dengan armor Mandalorian dan ia bukanlah seorang Mandalorian yang sebenarnya.


The Mandalorian Dibuat Dari Mitos Boba Fett


Boba Fett adalah karakter yang hanya tampil secara singkat dalam trilogi Star Wars original dan dari sana, ia menjadi sosok yang sangat populer. George Lucas bahkan menyatakan bahwa seandainya ia tahu bahwa Boba Fett akan sepopuler ini, dia akan membuat kematian dari karakter tersebut lebih menarik lagi (meskipun kemudian Lucas mengatakan bahwa Boba selamat). Tetapi, karena popularitas dari Boba Fett itulah yang mendorong perluasan sejarah Mandalorian.

Expanded Universe adalah rumah dari banyak literatur tentang Fetts, dimana ia dianggap sebagai seorang Mandalorians hanya karena armor yang ia kenakan. Mandalorian sendiri berarti diperkenalkan dalam Clone Wars, yang mengambil beberapa elemen dari Exanded Universe, dan akhirnya meluruskan status Mandalorian yang telah lama diasumsikan kepada Boba Fett dan Jango Fett. Jadi sederhananya, walau mereka bukan Mandalorian, tetapi kedua karakter tersebut sukses membuat cerita Mandalorian terus berkembang.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2