Rogue One: A Star Wars Story (2016)

Rogue One merupakan film prekuel layar lebar Star Wars pertama sebelum Han Solo. Film ini dibuat untuk mengisi “kekosongan” cerita dari film A New Hope. Di film ini kita melihat Jyn Erso direkrut olh Rebellion untuk menghubungi mantan mentornya, Saw Gerrera, dan juga ayahnya yang merupakan desainer dari senjata paling mematikan Death Star, Galen Erso.

Jyn benar-benar memimpin pasukan pemberontak ini dengan sangat buruk, bahkan hampir menghancurkan aliansi ini. Dia begitu berambisi dan menggebu-gebu untuk mendapatkan desain rancangan Death Star. Ceritanya kemudian merujuk kepada Leia Organa yang kemudian berhasil kabur dengan kapal fenomenal Millenium Falcon. Di film ini, para pasukan pemberontak berhasil mengetahui titik lemah dari Death Star. Sayangnya, pasukan Empire berhasil menyapu bersih pasukan Rebellion.

Star Wars: A New Hope (1977)

Luke Skywalker merupakan seorang petani dan juga seorang peternak biasa sampai dia kemudian terlibat dalam sebuah petualangan yang selama ini dia impikan. Dia kemudian bertemu dengan Obi-Wan, Han Solo, dan seorang putri yang harus diselamatkan yaitu Leia Organa, dan juga musuh yang akan dihadapi yaitu Darth Vader alias Anakin Skywalker.

A New Hope merupakan “setengah” perjalan cerita panjang Star Wars, tapi cerita tentang Star Wars baru dimulai sejak film ini. Dalam film ini, kita diperlihatkan bagaimana Luke mencoba untuk mengendalikan kekuatan the Force. Obi-Wan kembali bertarung dengan Darth Vader, namun sayangnya kali ini Obi-Wan yang harus tewas. Senjata mematikan, Death Star, berhasil menghancurkan sebuah wilayah bernama Aldeeran dan pasukan pemberontah pun berhasil menghancurkan Death Star.

Star Wars: The Empire Strikes Back (1980)

Film sekuel ini memiliki tone yang lebih gelap dan cerita yang lebih serius dibandingkan sebelumnya. Kita diperlihatkan bagaimana Han Solo dan para karakter lainnya hampir tewas saat mencoba untuk melarikan diri dari Hoth, sebuah markas persembunyian dari Rebellion Alliance. Luke kemudian bertemu dengan Yoda, Leia dan Han Solo mencari perlindunan bersama dengan Lando di Cloud City.

The Empire Strikes Back merupakan salah satu film Star Wars yang populer, karena selain dari segi cerita dan juga tanggapan yang sangat positif, di film ini juga terdapat sebuah adegan yang paling ikonik dalam sejarah perfilman, dimana Luke akhirnya mengetahui siapa sebenarnya Darth Vader. Kita juga diperlihatkan bagaimana Han Solo yang “dibekukan” dengan bahan karbon.

Star Wars: Return of the Jedi (1983)

Bagian terakhir dari triloginya dimulai dari usaha untuk menyelamatkan Han Solo dari markas Jabba the Hut, yang ternyata tidak semuanya berjalan sesuai dengan rencana. Kemudian kita juga melihat bagaimana Rebellion Alliance mulai memasuki pertempuran akhir dengan the Empire untuk menghentikan mereka membuat senjata mengerikan Death Star lainnya.

Emperor Palpatine dan juga Darth Vader mencoba menghasut Luke, untuk bergabung ke dark side. Namun, justru kebalikannya yang terjadi, dimana Darth Vader alias Anakin yang kembali sadar dan akhirnya Anakin atau Darth Vader yang sadar pun berujung pada kematian Palpatine . Kematiannya mengakhiri dominansi Galactic Empire. Di film ini juga kita melihat bagaimana Darth Vader akhirnya tewas, juga bagaimana senjata Death Star kedua berhasil dihancurkan.

Star Wars Resistance (2018)

Cerita kelanjutan dari Star Wars Rebel ini memiliki setting waktu sekitar enam bulan sebelum apa yang terjadi di film The Force Awakens. Sebagai pendiri dari New Republic, pasukan Resistance yang dipimpin oleh Leia Organa mulai menyadari ancaman yang dilakukan oleh First Order terhadap keseimbangan galaksi ini.

Dalam TV series ini,  kita kembali diperkenalkan dengan sosok karakter baru yaitu seorang pilot muda berbakat, Kazuda Xiono. Dia merupakan pilot rekrutan baru dari Resistance. Dalam series ini juga menghadirkan sosok karakter yang sudah tidak asing lagi tentunya yaitu Poe Dameron dan Captain Phasma.

Star Wars: The Force Awakens (2015)

30 tahun kemudian, setelah apa yang terjadi kepada Darth Vader dan semuanya, keadaan berubah menjadi sangat kacau. Bukan lagi pertarungan antara Galactic dan Rebellion, melainkan pasukan Resistance dari New Republic melawan First Order. Darth Vader bukan lagi ancaman, melainkan sosok pemimpin First Order yaitu Snoke.

Untuk menyelesaikan semua kekacuan tersebut, Finn, yang merupakan mantan stormtrooper, bertemu dengan seorang penjelajah muda dengan masa lalu yang misterius yaitu Rey. Mereka kemudian bertemu dengan Han dan Chewbacca juga Leia. Mereka kemudian bekerja sama untuk menghancurkan Death Star. Pattern atau pola cerita ini hampir mirip dengan film A New Hope.

Di film ini pula kita diperkenalkan dengan “Darth Vader” baru yaitu Kylo Ren/Ben Solo, seorang Jedi yang kemudian berkhianat. Kylo Ren, yang dipengaruhi oleh kekuatan dark side, kemudian membunuh ayahnya yaitu Han Solo. Rey kemudian mencari keberadaan Luke Skywalker dengan menggunakan peta rahasia dan berhasil menemukannya di Ahch-To.

Star Wars: The Last Jedi (2017)

Melanjutkan cerita dari film The Force Awakens, diceritakan para pasukan Resistance berpencar untuk menghindari serangan yang dilakukan oleh First Order. Holdo, Finn, Poe, dan Rose Hatch kemudian melakukan berbagai cara untuk menyelamatkan teman-teman mereka, yang sayangnya tidak semua rencana tersebut berjalan sesuai yang diinginkan.

Sementara itu, Rey yang sudah menemukan keberadaan Luke Skywalker kemudian menyadari bahwa Luke bukanlah orang yang dia harapkan. Dia menolak untuk mengajari Rey dan beranggapan bahwa dewan Jedi (Jedi Order) sudah hancur dan dia tidak bisa membantu Resistance. Rey kemudian menyadari dirinya bisa terhubung dengan Kylo Ren dalam pikirannya. Rey pun kemudian mencari jalan sendiri untuk menyelamatkan Luke.

Kylo Ren kemudian bertarung dengan para masternya (termasuk Luke), namun Luke akhirnya tewas di tangan Kylo Ren. Rey penerus dari warisan para Jedi, dan kemudian memimpin para Jedi menuju sebuah era baru dan memimpin para pasukan Resistance yang tersisa. Yang juga menarik dari film ini adalah cerita dimana Kylo Ren membunuh Snoke dan mengambil alih kekuasaan First Order.

Star Wars: The Rise of Skywalker (2019)

Film ini akan menjadi cerita penutup dari seluruh cerita Star Wars. Setalah apa yang terjadi di film The Last Jedi, para pasukan Resistance yang terisa harus kembali menghadapi kekuatan dari First Order. Sementara itu, di film ini juga kita akan melihat bagaimana pertarungan abadi antara Jedi dan juga Sith akan berada dalam cerita puncaknya, bersama-sama dengan ditutupnya cerita tentang kisah Skywalker.

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.