GREENSCENE.CO.ID – Buat Geeks para penggemar Star Wars, pastinya sudah tidak sabar untuk segera menyaksikan Star Wars: The Rise of Skywalker. Film garapan dari J.J. Abrams ini akan menjadi cerita penutup dari sekuel trilogi Star Wars dan juga cerita Star Wars secara keseluruhan yang sudah dimulai dari tahun 70an. Karena filmnya akan sangat epik dan sangat kaya akan cerita, ada berbagai unsur yang coba dihadirkan kembali dalam filmnya.

Yang paling menyita perhatian banyak fans adalah kembalinya Emperor Palpatine, yang sebelumnya sudah diduga tewas. Meskipun tidak ditampilkan dalam bentuk fisik, seperti yang dimunculkan dalam trailer awalnya ada suara jahat khas Palpatine di akhir trailer tersebut. Para fans kemudian banyak yang melemparkan teori, salah satunya adalah bagaimana cara Palpatine kembali hidup di film The Rise of Skywalker.

Ritual Khusus Para Sith

Dalam sebuah buku khusus yang berisi tentang legenda dan berbagai cerita-cerita mitos dalam Star Wars, yaitu Star Wars: Myths & Fables, ada sebuah cerita yang cukup menarik yaitu “Gaze of Stone”. Dalam cerita yang berlatar di Morraband (atau bisa juga disebut Korriban), diungkapkan tentang rahasia sebuah patung batu misterius yang berada di atas perbukitan. Menurut buku tersebut, patung-patung tersebut ada hubungannya dengan pengguna Twi’lek Force yaitu Ry Nymbis.

Ry Nymbis merupakan sosok yang kuat dan oleh karena itulah dia kemudian ditunjuk untuk menjadi penerus oleh seorang Sith Lord Darth Caldoth. Seperti yang biasa terjadi kepada para Sith, Nymbis kemudian memiliki ambisi untuk menggantikan posisi masternya. Untuk mewujudkan hal tersebut, Ry Nymbis kemudian membuka kembali berbagai rahasia kuno Sith.

Selain itu, dia juga mempelajari berbagai ilmu sihir Sith yang sudah lama dilupakan. Salah satu ritual dari ilmu sihir kuno Sith adalah merubah benda hidup (berbentuk) menjadi sebuah benda lainnya. Darth Caldoth menyadari apa yang ada dalam pikiran juniornya tersebut, dan dia pun mencoba untuk menyabotase ritual yang dilakukan oleh Nymbis. Apa yang tadinya akan dilakukan oleh Nymbis kepada Darth Caldoth, justru berbalik menimpanya.

Nymbis berubah menjadi batu. Dia masih sadar dan masih hidup, hanya saja dia tidak bisa berbuat apa-apa karena sosoknya atau wujudnya terkurung dalam bentuk batu. Hal ini kemudian memunculkan sebuah kemungkinan, bagaimana Palpatine atau Darth Sidious berhasil kembali bangkit dengan menggunakan teknik atau metode yang sama.

Dalam film Return of the Jedi, kematian Palpatine disertai juga dengan ledakan energi. Banyak pastinya yang berfikir jika ledakan energi tersebut merupakan energi dari dark side. Tapi, bagaimana jika itu bukanlah energi dari dark side melainkan Palpatine yang merubah dirinya sendiri menjadi energi? Artinya, ada kemungkinan jika Palpatine belum benar-benar tewas dan berubah menjadi energi.

Bagaimana Cara Palpatine “Membentuk” Kembali Tubuhnya

Salah satu kelemahan dari ritual dan strategi (jika memang strategi) ini adalah mereka yang sudah berubah wujud tidak bisa kembali seperti semual. Ry Nimbus masih akan terus menjadi patung batu, dan begitu juga Palpatine yang akan terus berada dalam bentuk energi. Untuk bisa kembali menjadi “makhluk hidup” Palpatine membutuhkan seseorang, yang bisa dijadikan “wadah” bagi jiwanya.

Dalam novel Star Wars: Aftermath karya Chuck Wendig, ada seorang pemuja para Sith bernama Yupe Tashu yang dulunya pernah menjadi bawahan atau orang dekat dari sang Emperor. Meskipun banyak piha yang menganggapnya sebagai seorang yang penuh dengan fantasi dan khayalan, Tashu sendiri yakin jika Palpatine akan kembali muncul dari kematiannya.

Tashu kemudian menemukan sebuah Throne Room atau ruang pribadi sang Emperordi planet Jakku. Disana, Tashu mencoba untuk mengadakan sebuah ritual yang dia yakini bisa membangkitkan kembali Palpatine. Sayangnya, ritual yang dilakukan Tashu diganggu oleh Gallius Rax, yang sebelumnya berhasil menipu Tashu bahwa dia juag merupakan pemuja Sith dan mengatakan akan membantu Tashu dengan ritualnya.

Rax kemudian memanfaatkan momen tersebut untuk membunuh Tashu. Palpatine tetap akan tewas selama tidak ada orang yang mencoba untuk membangkitkannya, sehingga dia akan menghasut seseorang untuk mencoba membangkitkannya. Jasad Palpatine mungkin sudah tewas, namun dia masih hidup dalam bentuk energi dan energi tersebut masih ada di Throne Room yang ada di dalam Death Star.

Yang juga menjadi misteri dari film The Rise of Skywalker adalah mengapa filmnya menghadirkan bangkai dari Death Star kedua, yang kemungkinan bisa diartikan jika ada seseoang yang mencoba untuk kembali membangkitkan Palpatine. Mereka sudah menemukan caranya dan dimana mereka harus melakukan ritual tersebut. Hal tersebut menjelaskan mengapa Palpatine benar-benar tidak terlihat di trailernya.

Sedari awal, Palpatine memang sepertinya berencana untuk kembali bangkit hanya saja tidak ada pengikutnya yang melakukan ritual tersebut. Apakah akhirnya Palpatine akan berhasil kembali hidup, atau justru sebaliknya, Palpatine tewas di tangan Ben Solo dan juga Rey. Kita nantikan saja ya Geeks!