Annihilation

Tim Guardians versi modern memang sudah memiliki tujuan yang sedikit bergeser dari tujuan awal. Bukan hanya sebagai pelindung bumi dari serangan Badoon, Guardians juga sudah menjadi sebuah kelompok pahlawan yang harus melindungi alam raya ini dari berbagai serangan, termasuk dari gelombang serangan mengerikan yang terjadi dalam event Annihilation.

Kelompok Guardians ini memperlihatkan Peter Quill yang berjuang bersama sang polisi luar angkasa, Nova, Richard Rider. Kedua karakter ini memimpin pasukan yang terdiri dari Drax the Destroyer yang sudah terlahir kembali, Gamora, Ronan the Accuser, Silver Surfer, Super-Skrull, dan beberapa karakter lainnya untuk menahan serangan Annihilus. Inilah yang kemudian menjadi titik awal formasi GOTG versi modern.

Conquest

Setelah Annihilus berhasil dikalahkan dan gelombang penghancuran berbagai planet berhasil dihentikan, ternyata ancaman kosmik tidak berhenti sampai disitu. Ras alien sibernetik yang dipimpin oleh Ultron, Phalanx, kemudian menyerbu kerajaan Kree dan mengambil alih planetnya. Mereka sengaja melakukan tersebut, karena mereka akan menjadikan kerajaan Kree sebagai basis untuk peluncuran teknologi canggih mereka yang akan digunakan untuk menaklukan galaksi.

Sebenarnya, ada sedikit peran dari Peter Quill dalam penyerangan Phalanx ke kerajaan Kree. Oleh karena itu, dia pun “direkrut” untuk memebentuk tim bersama para tahanan bangsa Kree lainnya yang selamat dari serangan pertama Phalanx. Di momen inilah Star-Lord kemudian bertarung bersama tim GOTG masa depan seperti Rocket Racoon, Groot, Bug, dan Mantis. Mereka juga bertarung besama karakter kosmik dari kerajaan lainnya seperti Deathcry dan Captain Universe. Groot versi ini berbicara normal, dan berbeda dengan Groot yang kita kenal.

Marvel Now

Era Marvel NOW merupakan sebuah era dimana Marvel Comics kembali meluncurkan semua judul mereka, namun dengan tim kreatif yang baru untuk menangani judul-judul tersebut. Era ini diluncurkan setelah sebuah event besar terjadi yaitu Avengers vs X-Men. Marvel NOW memperlihatkan seluruh pahlawan sudah kembali seperti semula, termasuk para Guardians yang bahkan menambahkan Avengers ke dalam tim mereka.

Tim GOTG di era ini menjadi tim “inti” dari Guardians. Mereka adalah Gamora, Drax, Rocket Racoon, dan Groot juga Star-Lord. Mereka juga sering kali bekerja sama dengan para Avengers seperti Iron Man, Captain Marvel, The Thing, Ant-Man, dan masih banyak lagi.

Annihilators

Sama seperti Asgardians of the Galaxy, meskipun tim Guardians dalam cerita Annihilators ini bukanlah bagian dari tim resminya, mereka semua disatukan oleh mantan anggota Guardians yaitu Cosmo the Spacedog untuk melanjutkan pertarungan yang dimulai oleh teman-temannya dan juga Star-Lord, yang sebelumnya mengorbankan dirinya ketika berada di Cancerverse dalam komik The Thanos Imperative.

Tim Guardians versi Cosmo ini kemudian diberinama Annihilators. Tim Annihilators berisi para pahlawan klasik dan hebat Marvel seperti Beta Ray Bill, Ronan the Accuser, Quasar (Wendell Vaughn), Gladiator, Ikon the SpaceKnight, dan Silver Surfer.

Modern Guardians

Tim Guardians versi modern ini merupakan roster yang paling banyak dikenal dan merupakan versi yang diadaptasi ke layar lebar dalam film Guardians of the Galaxy, film garapan James Gunn yang tayang pada 2014 silam. Tim ini dibentuk setelah apa yang terjadi dalam event Annhilation: Conquest. Star-Lord mengumpulkan mereka yang tersiksa dan membentuk sebuah tim yang akan mencegah serangan Annhilation lainnya muncul.

Modern Guardians ini beranggotakan Star-Lord, Gamora, Drax, Rocket Racoon, dan Groot, bersama dengan Adam Warlock, Mantis, Bug, dan Phyla-Vell. Tim ini kemudian pergi ke Knowhere, dimana mereka bertemu dengan Cosmo the Spacedog dan menerima berbagai anggota lainnya seperti Moondragon, Jack Flag, dan Major Victory.

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.