Sejak akhir 2018 sampai 2019 ini, kita sudah melihat bagaimana Marvel Comics menghadirkan berbagai tim Guardians of Galaxy. Bahkan, Marvel sendiri masih terus akan melakukan reboot dan merubah Guardians of Galaxy di tahun 2020. Perubahan ini sendiri terjadi setelah event Infinity Wars yang memaksa tim tersebut harus terpecah.

Anggota tim atau susunan tim yang baru merupakan hal yang lumrah bagi kelompok superhero seperti Avengers atau Guardians of the Galaxy. Memang roster atau susunan anggota yang berbeda-beda ini memiliki reaksi yang berbeda juga di kalangan para fans. Sebenarnya, Guardians of Galaxy sendiri sudah memiliki beberapa “versi” seiring perkembangannya. Berikut adalah guardians terkuat yang pernah ada.

OG’s Of The Galaxy

Penampilan pertama dari Guardians of the Galaxy muncul dalam halaman komik Marvel Super-Heroes #18, meskipun penampilan GOTG versi awal ini tidak seperti tim GOTG yang kita kenal seperti saat ini di Marvel Cinematic Universe (atau GOTG versi modern). Tim GOTG pertama ini juga sebenarnya dibentuk di sebuah masa depan alternatif universe, sekitar tahun 3000.

Tim Guardians of the Galaxy dibentuk pertama kali setelah seorang astronot, Bance Astro/Major Victory, menghabiskan 1000 tahunnya di kurung di sebuah tempat dan kemudian dia bangun di masa depan ketika ras alien, Badoon, mencoba untuk mengambil alih bumi. Victory kemudian bergabung dengan para karakter yang ada di sistem tata surya lainnya seperti Martinex yang berasal dari Pluto, Charlie-27 dari Jupiter, dan Yondu dari Centauri IV, untuk mengalahkan Badoon.

Galactic Guardians

Galactic Guardians bisa dibilang merupakan tim “spinoff” dari Guardians of the Galaxy versi pertama yang dibentuk oleh Martinex. Martinex merasa jika tim Guardians akan jauh lebih kuat dalam melindungi alam raya ini jika memiliki dua tim, karena Major Victory dan yang lainnya bekerja di bumi. Karena itulah mereka membentuk tim Guardians untuk bekerja di luar angkasa.

Tim Martinex versi luar angkasa ini berisikan para karakter klasik kosmik sepert mantan pembawa kabar dari Galactus, Firelord, dan Giraud/Phoenix IX, manusia yang dipilih untuk menjadi inang yang baru. Yang menarik dari tim ini adalah adanya sosok pahlawan bernama Hollywood, yang kemudian diketahui bernama Simon Williams alias Wonder Man. Kemampuan yang dimiliki oleh Simon membuatnya sanggup bertahan hidup selama 3000 tahun.

Asgardians of the Galaxy

Sebenarnya Asgardians of the Galaxy bukan merupakan bagian dari evolusi dari tim GOTG. Meskipun begitu, tim yang berisikan para petarung dan jawara dari wilayah Asgard ini tetap mampu mengisi kekosongan tim Guardians of the Galaxy setelah event Infinity Countdown dan Infinity Wars. Dalam kedua event tersebut, diceritakan jika tim GOTG harus tercerai berai sehingga GOTG menjadi tidak aktif.

Tim Asgardians of the Galaxy dipimpin oleh karakter baru yang diperkenalkan oleh Marvel yaitu Angela. Tim ini juga  menghadirkan nama-nama para Asgardians yang pastinya tidak asing seperti Brunnhilde, Thunderstrike, Throg the Frog of Thunder, Skurge the Executioner, dan juga Kid Loki.

Guardians 3000

Para fans lebih mengenal tim GOTG versi ini dengan sebutan Guardians 3000, yang menghadirkan berbagai pahlawan yang kemudian akan membentuk Guardians of the Galaxy di masa depan. Selain empat orang anggota dari OG’s Guardian, ada juga nama-nama pahlawan Marvel yang menjadi bagian dari tim GOTG versi ini.

Mereka diantaranya adalah Nikki, Starhawk, dan Aleta. Mereka juga sama-sama diceritakan bertarung melawan ras alien Badoon. Tim kemudian muncul dalam series Guardians of the Galaxy pertama yang ditulis oleh Jim Valentino. Seiring berjalannya waktu, cerita dan tim GOTG kemudians sering diperkenalkan ulang dengan berbagai anggota tim yang berbeda-beda.

Guardians Versi Star Lord

Tim GOTG yang paling baru adalah tim yang dibentuk langsung oleh Star Lord. Tim ini dibentuk setelah Black Order melakukan serangan kepada para pahlawan Marvel. Serangan tersebut membuat beberapa pahlawan kemudian terjebak di dalam lubang hitam dan kemudian ditangkap oleh Universal Church of Truth.

Star-Lord dan Groot kemudian berhasil menyelamatkan beberapa pahlawan di pesawat mereka dan kemudian mereka pun membentuk tim Guardians yang baru, demi menemukan Gamora dan mencegah Thanos hidup kembali. Berbagai karakter klasik seperti Beta Ray Bill, Moondragon, dan Phyla-Vell menjadi bagian dari tim ini. Tapi, yang paling menyita perhatian adalah bergabungnya Cosmic Ghost Rider.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2