Pada tahun 2013 lalu, Marvel pernah menjalin sebuah kerja sama dengan saluran streaming Netflix untuk menayangkan berbagai TV series dari Marvel. Mereka adalah Jessica Jones, Daredevil, Iron Fist, Luke Cage,  dan masih ada beberapa lainnya. Namun, satu persatu acara tersebut dibatalkan oleh Netflix. Beberapa series dibatalkan dengan alasan rating yang tidak memenuhi ekspektasi, sebagian lainnya masih belum diketahui apa alasannya.

Marvel kemudian mengumumkan bahwa mereka akan merilis secara resmi saluran streaming milik mereka sendiri yaitu Disney Plus. Para fans sendiri kemudian banyak yang menduga, jika berbagai series yang dibatalkan akan ditayangkan di saluran streaming ini. Selain itu, pada acara D23 Expo kemarin Disney resmi mengumumkan bahwa ada beberapa series orisinal yang akan tayang di Disney Plus, seperti Ms. Marvel, She-Hulk, dan Moon Knight. Dengan adanya karakter Moon Knight dan She-Hulk, Marvel bisa membuat series Defenders terbaru.

Marvel Belum Bisa Menggunakan The Defenders Untuk Sementara

Buat Geeks yang menyaksikan series Marvel yang sempat tayang di Netflix, pastinya tahu bahwa keempat karakter dan series tersebut pernah bergabung dalam sebuah mini seri The Defenders. Mini seri tersebut tayang selama 8 episode. Meskipun Marvel saat ini sudah tidak lagi memiliki perjanjian apapun dengan Netflix,  bukan berarti mereka akan segera membuat kembali series bagi karakter tersebut.

Berdasarkan laporan sebelumnya disebutkan, bahwa pihak Marvel tidak bisa memproduksi series dari karakter tersebut setidaknya dua tahun setelah acaranya dibatalkan. Artinya baik Jessica Jones, Iron Fist, Punisher, Daredevil, atau bahkan Luke Cage tidak bisa “diproduksi ulang” oleh Disney Plus sampai tahun 2020-2021 mendatang.

Moon Knight Dan She-Hulk Bisa Menggantikan Pengganti

Daredevil dan Jessia Jones merupakan dua series yang memiliki rating memuaskan, bahkan Daredevil mulai dari musim awal seriesnya sudah sangat dinanti-nanti oleh para fans. Popularitas yang sama juga ingin dilakukan oleh Marvel Studios, bahkan mungkin melampaui popularitas yang dilakukan oleh Netflix. Moon Knight dan She-Hulk bisa menjadi jawaban dari kekosongan dua karakter populer tersebut.

Dalam komiknya sendiri, Jessica Jones dan She-Hulk sudah sering melawan stereotip tentang wanita yang tidak bisa berbuat banyak. Dengan kekuatan super yang mereka miliki, keduanya membuktikan bahwa perempuan juga bisa berkontribusi banyak. Karena memiliki cerita yang hampir mirip, Marvel bisa saja membangun cerita She-Hulk yang tidak jauh berbeda dengan Jessica Jones.

Selain dengan Jessica Jones, She-Hulk juga bisa saja masuk ke dunia dari Daredevil begitu juga sebaliknya. Selain She-Hulk, Moon Knight juga bisa masuk ke dunia Daredevil karena ada beberapa elemen yang mirip diantara keduanya mulai dari siapa mereka sampai mengapa mereka harus menyembunyikan identitas mereka. Moon Knight bisa menjadi pengganti dari series Daredevil.

Perbedaan The Defenders Marvel Studios dan Netflix

Setelah She-Hulk dan Moon Knight serta berbagai karakter lainnya yang akan ditampilkan dalam sebuah series solonya di Disney Plus, platform streaming baru Disney tersebut bisa kemudian menyatukan mereka dalam sebuah mini series atau series The Defenders terbaru. Sama seperti di komiknya, jika para Avengers bertarung dengan level dewa, robot, dan alien, maka The Defenders bisa menghadapi penjahat dengan level jalanan. Contohnya adalah bandar narkoba, perampok, dan masih banyak lainnya.

Selain anggota dari The Defenders, beberapa perbedaan lainnya antara versi Netflix dan Disney Plus adalah tone dan feel dari seriesnya. Jika versi Netflix The Defenders bisa melakukan yang mereka mau, karena memiliki Rating TV-MA, hal itu tentunya tidak bisa diaplikasikan dalam versi Disney Plus. Tapi, bukan berarti hal itu sesuatu yang buruk. Selama ini, Marvel Studios selalu berhasil menampilkan adegan yang memiliki rating PG-13.

Faktor lainnya yang juga mungkin akan membawa The Defenders versi baru ini sukses adalah adanya pengawasan dari Kevin Feige. Mini series The Defenders versi Netflix dianggap sebagai series buruk, bahkan dianggap sebagai “penghancur” dari berbagai series Marvel lainnya. Dibawah pengawasan Feige, tentunya akan ada sebuah perbedaan yang sangat jauh dari series tersebut.